Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Efek Samping Daun Kersen Yang Membahayakan Kesehatan

Efek samping daun kersen dapat muncul pada seseorang yang mengonsumsinya secara berlebihan. Di Indonesia, pohon kersen dapat dengan mudah ditemukan. Pertumbuhannya terjadi di pinggir jalan hingga di pekarangan rumah.


efek samping daun kersen, efek samping buah kersen, efek samping minum rebusan daun kersen, dampak negatif buah kersen, minum tipa haridaun cerry, efek buruk lonsumsi daun kersem tiap hari

Selain buahnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, ternyata daun kersen juga berkhasiat untuk penyembuhan berbagai penyakit. Konsumsi daun kersen untuk menyembuhkan penyakit biasanya dilakukan dengan merebusnya lalu meminum air hasil rebusan tersebut.

Efek samping daun kersen jika dikonsumsi berlebihan

Daun kersen memiliki segudang manfaat dan sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya seperti antioksidan, vitamin C, alkaloid, kalsium, dan masih banyak lagi.

efek samping daun kersen efek samping daun kersen

Di balik segudang manfaat tersebut, masyarakat sering bertanya apakah ada efek samping daun kersen. Jawabannya adalah ada. Berikut ini adalah berbagai efek samping daun kersen:

  1. Mual dan muntah

Bagi masyarakat yang memiliki lambung sensitif, sangat wajib untuk menghindari konsumsi daun kersen. Kandungan senyawa yang terdapat pada daun kersen dapat memperburuk kondisi kesehatan lambung. Gejala yang sering muncul di awal sebagai efek samping konsumsi daun kersen pada penderita maag, asam lambung atau penyakit lambung lainnya adalah mual dan muntah.

  1. Memicu alergi

Mengonsumsi air rebusan daun kersen justru dapat menimbulkan alergi seperti gatal-gatal, kulit kemerahan hingga meruam. Hal ini terjadi pada seseorang yang memang sensitif terhadap zat yang terkandung dalam daun kersen.

  1. Gangguan hati

Salah satu manfaat daun kersen adalah dapat menghilangkan rasa nyeri pada persendian yang disebabkan oleh asam urat. Tapi terlalu banyak mengonsumsinya justru dapat memperburuk proses penyembuhan seseorang yang menderita penyakit liver atau gangguan hati lainnya.

  1. Membahayakan janin

Ibu hamil sangat dilarang mengonsumsi daun kersen yang diolah dengan cara apapun. Zat antiseptik dan inflamasi di dalamnya dapat mengganggu tumbuh kembang janin menjadi tak normal. Bahkan efek terburuknya, konsumsi daun kersen bagi ibu hamil dapat menyebabkan keguguran.

  1. Menyebabkan sakit perut

Sakit perut merupakan efek samping konsumsi daun kersen yang selanjutnya. Efek buruk ini dapat terjadi pada anak-anak yang mengonsumsi daun kersen sehingga terjadi masalah pada lambungnya. Kondisi lambung anak-anak umumnya jauh lebih sensitif dibandingkan pada orang dewasa. Permasalahan lambung ini akan berdampak pada sakit perut hingga diare yang berkepanjangan.

  1. Memicu penyakit ginjal

Konsumsi daun kersen secara berlebihan dan tidak sesuai dengan takaran yang semestinya dapat memicu peradangan pada ginjal. Efek samping ini dapat muncul dan cukup berbahaya karena membuat ginjal kesulitan dalam menyaring atau membersihkan toksin dalam tubuh.

πŸ“‹ Recommended  Efek Samping Minyak Bulus Papua/Mustika Ratu, Apakah Ada?

Efek Samping Antibiotik Jika Pemakaian Salah dan Terlalu Lama

Tekstur sedikit berbulu dan bentuk daun yang bergelombang membuat daun kersen mudah untuk dikenali. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, daun ini juga memiliki efek samping yang dijelaskan di atas. Tetap masyarakat harus bijaksana dalam mengonsumsinya supaya efek samping daun kersen tidak terjadi.

✰ advertisement ✰