hamilplus.com

Efek Samping Buah Pepaya Apabila Dikonsumsi Berlebihan

Efek samping buah pepaya dapat terjadi apabila mengonsumsinya secara berlebihan. Buah pepaya memang merupakan jenis buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi. Tak heran jika buah ini dijadikan salah satu pilihan buah yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat. Rasa buah pepaya juga manis dan sangat mudah memperolehnya.

Apa efek samping buah pepaya?

Tidak hanya mengonsumsi pepaya yang sudah masak, masyarakat Indonesia juga mengonsumsi pepaya mentah. Saat ini telah banyak jenis olahan pepaya mentah yang banyak diminati. Mengonsumsi baik pepaya mentah atau yang sudah matang tidak boleh berlebihan.

Akibat konsumsi pepaya berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping buruk berikut ini:

  • Memicu batu ginjal

Masih banyak orang yang mengkonsumsi pepaya dengan jumlah banyak. Penyebab makan pepaya terlalu banyak salah satunya adalah ingin mengobati atau terhindar dari sembelit. Sebagai buah, pepaya mengandung vitamin C yang sangat melimpah. Sayangnya, konsumsi vitamin V yang berlebihan justru dapat memicu terjadinya pembekuan batu ginjal di dalam tubuh.

baca:  Deretan Efek Samping Green Coffee, Nomor 3 Mencengangkan!

efek samping buah pepaya v

  • Meningkatkan kemungkinan masalah gastrointestinal

Kandungan enzim papain yang melimpah di dalam buah pepaya memang sangat baik untuk dapat menenangkan perut setelah mengonsumsinya. Namun, siapa sangka terlalu banyak asupan enzim ini justru dapat menimbulkan gejala gastrointestinal.

Indikasi dari gejala ini adalah terjadinya sakit perut yang berlebihan. Untuk itu, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi pepaya baik yang masih mentah atau sudah masak secara berlebihan.

  • Penurunan kadar gula dalam darah

Saat ini telah banyak olahan pepaya mentah yang mengalami proses fermentasi. Mengonsumsi jenis olahan ini mampu menurunkan kadar gula dalam darah secara drastis. Hal ini mungkin memberi dampak baik bagi para penderita diabetes parah.

Bagi yang memiliki kadar gula normal dan rendah, konsumsi olahan fermentasi pepaya sangat dilarang. Kadar gula dalam darah yang terlalu rendah dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

  • Terjadinya masalah kulit

Saat kulit mengalami perubahan warna terutama pada telapak tangan menjadi kekuningan, kondisi ini sangat erat dengan kemungkinan terkena karotenemia. Karotenemia merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh konsumsi pepaya secara berlebihan. Hal ini terjadi karena kandungan betakaroten di dalam pepaya sangatlah tinggi. Senyawa betakaroten yang dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan penyakit kulit di atas.

  • Meningkatkan resiko keguguran

Mengonsumsi pepaya mentah baik yang sudah dikemas menjadi olahan fermentasi atau yang lainnya tidak boleh berlebihan khususnya bagi wanita hamil. Kandungan lateks yang sangat banyak pada pepaya dapat memicu kontraksi uterus. Kondisi ini dapat menyebabkan keguguran. Inilah efek samping pepaya muda bagi ibu hamil yang harus sangat diperhatikan.

  • Memicu penyakit pernapasan

Di dalam buah pepaya, terkandung enzim papain yang tergolong dalam allergen. Senyawa ini memberikan dampak yang sangat buruk bagi pernapasan. Untuk itu, bagi masyarakat yang telah memiliki riwayat asma atau penyakit pernapasan lainnya sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah pepaya.

  • Menurunkan kadar kesuburan pria

Bagi para pria dewasa, mengonsumsi buah pepaya secara berlebihan sangatlah dilarang. Kandungan senyawa di dalam buah pepaya dapat berpengaruh terhadap kesuburan seorang pria jika terlalu banyak dikonsumsi. Hal ini terjadi karena kinerja senyawa tersebut mampu mengurangi volume sperma yang dihasilkan pria.

baca:  Efek Samping Donor Darah Secara Umum dan Saat Haid

Efek Samping Ciplukan

Pepaya memang merupakan buah yang sangat kaya akan serat. Namun terdapat beberapa kandungan senyawa di dalamnya yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping buah pepaya seperti yang dijelaskan di atas dapat terjadi jika tak ada kontrol dalam mengonsumsinya.

Efek Samping Buah Pepaya Apabila Dikonsumsi Berlebihan

durasi baca: 4 min
⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆