★ efek samping daun ciplukan ★
hamilplus.com

Efek Samping Ciplukan & Manfaat yang Belum Banyak Diketahui

Mungkin ada yang belum tahu akan manfaat dan efek samping ciplukan. Ciplukan merupakan salah satu jenis tanaman semak yang banyak hidup secara liar di Indonesia. Dahulu ciplukan adalah tanaman liar yang tidak dihiraukan.

Tapi saat ini, ciplukan menjadi salah satu tanaman yang naik kasta karena manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan. Apalagi ciplukan juga sudah mulai sulit ditemukan. Kelangkaannya membuat tanaman ciplukan menjadi salah satu tanaman obat cukup banyak dicari oleh masyarakat.

Kandungan dan manfaat ciplukan

Ciplukan memiliki nama latin Physalis angulate L. yang berasal dari daerah tropis di Amerika Latin. Setelah beberapa saat, barulah tanaman ini menyebar ke berbagai wilayah di dunia termasuk Indonesia.

Tanaman ciplukan biasa hidup di area persawahan, tepi hutan dan pinggir kebun. Kelangkaan akan ciplukan membuatnya dibandrol dengan harga yang mahal oleh penjual. 1 kg buah ciplukan bisa dibandrol hingga 500 ribu rupiah.

efek samping ciplukan efek samping ciplukan dampak khasiat manfaat

Di dalam buah ciplukan yang sudah mulai sulit ditemukan terkandung beberapa zat bermanfaat seperti flavonoid, asam malat, fisalin, alkaloid, saponin, vitamin C dan masih banyak lagi. Terdapat banyak sekali manfaat daun ciplukan untuk stroke dan penyakit lainnya antara lain:

  • Sumber antioksidan yang melimpah

Ciplukan sangat berkhasiat bagi kesehatan. Salah satu alasannya adalah kandungan antioksidan di dalamnya yang sangat banyak. Dengan kandungan antioksidan tersebut akan membuat tubuh dapat terhindar dari berbagai pemicu penyakit kronis. Asupan antioksidan bagi tubuh dapat menghalau berbagai penyakit khususnya kanker. Antioksidan juga mampu menjaga kecantikan kulit wajah.

  • Menurunkan dan menetralisir kadar kolesterol

Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh dapat menyebabkan hipertensi dan gangguan pada jantung. Supaya tidak terjadi penyakit tersebut, maka para penderita kolesterol tinggi sangat disarankan untuk mengonsumsi ciplukan.

baca:  Manfaat dan Efek Samping Daun Binahong bagi Tubuh Manusia

Di dalam buah ciplukan terkandung asam oleat dan lioleat yang sangat efektif menurunkan dan menetralisir kadar kolesterol jahat atau LDL. Bahkan kedua zat tersebut dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh.

  • Meningkatkan proses regenerasi sel tubuh

Di dalam buah ciplukan juga terkandung senyawa withanolides berupa bioaktif steroid yang tergolong dalam zat antioksidan. Senyawa ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu memicu kematian sel yang tak diinginkan seperti sel kanker.

  • Mengobati diabetes

Kandungan kalori dalam ciplukan sangat rendah. Di dalam 100 gr ciplukan, kalori yang terkandung hanyalah 53 kalori. Ciplukan juga mampu melambatkan proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat. Maka dari itu, ciplukan sangat pas dijadikan obat diabetes.

  • Sebagai anti inflamasi

Buah ciplukan memiliki sifat anti inflamasi serta analgesik. Kondisi ini mampu membuat proses penyembuhan menjadi semakin cepat. Ciplukan juga mampu mencegah peradangan sehingga sangat baik digunakan untuk pengobatan wasir, radang sendi, dan nyeri sendi.

  • Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam ciplukan juga mampu membuatnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, berbagai virus dan penyakit tidak akan dengan mudah menyerang.

baca:  Efek Samping Gluta Panacea dan Pantangan Pemakaiannya

efek samping ciplukan dampak

Efek samping ciplukan

Ciplukan memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan telah banyak dilakukan  jurnal penelitian ciplukan yang menunjukkan bahwa ciplukan aman untuk dikonsumsi. Sebagai tanaman herbal alami, ciplukan tidak memiliki efek samping negatif bagi yang mengonsumsinya.

Justru kandungan zat dan senyawa yang terdapat di dalam ciplukan sangat baik untuk menjaga kesehatan. Ciplukan dapat dijadikan salah satu tanaman obat herbal pilihan karena tidak memiliki efek samping negatif sama sekali.

Efek Samping Daun Ungu

Setelah mendalami uraian di atas, dapat diketahui bahwa ciplukan merupakan jenis tanaman semak yang benar-benar memiliki banyak sekali manfaat. Lebih menggembirakan lagi tidak ada efek samping ciplukan yang berdampak negatif bagi tubuh. Karena semakin langkanya ciplukan, tak ada salahnya untuk membudidayakannya di kebun atau pekarangan rumah.

Efek Samping Ciplukan & Manfaat yang Belum Banyak Diketahui

durasi baca: 4 min
⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆