hamilplus.com

Efek Samping Omeprazole Obat untuk Asam Lambung Tinggi

Ketahui dulu efek samping Omeprazole sebelum mengonsumsinya. Omeprazole merupakan salah satu jenis obat yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah pada perut serta kerongkongan yang terjadi karena kadar asam lambung yang tinggi.

Kadar asam lambung di dalam tubuh khususnya sistem pencernaan dapat naik dan turun secara drastis. Terlalu tingginya asam lambung tak hanya menyebabkan sakit pada organ pencernaan saja namun juga dapat merambat ke organ lainnya.

Manfaat obat Omeprazole

Bagi yang sedang mengalami masalah dengan kadar asam lambung berlebih, Omeprazole adalah pilihan obat yang tepat. Omeprazole mengandung banyak sekali zat yang sangat berguna untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

10 Mg

efek samping omeprazole dampak

20 mg

Walaupun sangat bermanfaat, namun harga Omeprazole cukup terjangkau dan tersedia di berbagai tempat/ untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar manfaat Omeprazole.

  • Menurunkan kadar asam lambung

Sudah jelas dan telah beberapa kali dijelaskan di atas, bahwa omeprazole mampu secara efektif menurunkan serta meminimalisir kadar asam pada perut atau lambung. Terlalu tingginya kadar asam pada perut atau lambung justru akan memicu korosi yang terjadi di berbagai organ tubuh lain. Jadi, harus segera mendapatkan pengobatan.

  • Menurunkan panas

Jangan salah, keberadaan omeprazole juga mampu menurunkan panas yang menyerang seseorang. Suhu tubuh akan kembali normal dan netral setelah mengonsumsi Omeprazole.

  • Mengobati kesulitan menelan

Ketika panas dalam menyerang ditambah kadar asam lambung naik, maka yang terjadi adalah tenggorokan terasa sakit saat menelan. Masalah kesehatan yang satu ini dapat diatasi dengan mengonsumsi Omeprazole secara teratur dan sesuai aturan pakai.

  • Mengobati batuk

Omeprazole juga dapat meringankan batuk yang menyerang seseorang hingga berhari-hari tak kunjung sembuh.

  • Mencegah dan mengobati kerusakan asam di perut

Kadar asam pada perut termasuk lambung dapat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Apabila hal ini terjadi dan bibiarkan terlalu lama, kadar asam tersebut akan mengikis dan memicu kerusakan pada asam di perut.

  • Mencegah dan mengobati luka pada lambung

Asam lambung yang terlalu tinggi atau mengonsumsi makanan yang sangat berminyak juga dapat memicu terjadinya luka pada lambung. Luka lambung ini dapat dicegah dengan mengonsumsi Omeprazole.

baca juga :  5 Efek Samping Natur-E Suplemen Bagi Kulit dan Kecantikan

Daftar efek samping omeprazole

Omeprazole dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa asalkan dengan dosis sesuai anjuran. Omeprazole memiliki dua jenis kemasan yakni Omeprazole tablet dengan dosis 10mg, 20mg dan 40mg serta omeprazole cair dengan dosis 2,5 mg dan 10 gram.

efek samping omeprazole dampak

40 mg

Setelah membahas detail tentang manfaat omeprazole, kini saatnya membahas efek sampingnya. Berikut ini adalah daftar efek samping Omeprazole.

  • Sakit kepala disertai mual dan muntah

Efek samping yang pertama masih tergolong efek samping ringan yakni mengalami sakit kepala yang disertai mual serta muntah. Efek ini hanya akan terjadi beberapa waktu saja dan akan segera pulih.

  • Flu dan hidung tersumbat

Mengonsumsi omeprazole juga dapat memicu penyakit flu. Efek samping seperti hidung tersumbat, bersin-bersin hingga sakit tenggorokan adalah hal yang wajar.

  • Sering buang angin

Efek samping ringan omeprazole yang selanjutnya adalah menjadi sering buang angin. Meningkatnya intensitas buang angin ini justru menandakan bahwa omeprazole bekerja efektif.

  • Diare parah

Mengonsumsi omeprazole secara berlebihan dan tidak mengikuti anjuran dapat menyebabkan diare parah. Diare yang terjadi bahkan dapat disertai dengan darah. Jika kondisi ini terjadi, harus segera mendapatkan penanganan medis.

  • Membuat kadar magnesium dalam tubuh menjadi rendah

Yang lebih bahaya, apabila mengkonsumsi omeprazole berlebihan akan membuat kadar magnesium dalam tubuh menurun drastis. Apabila kondisi ini terjadi, beberapa kelainan dapat terjadi antara lain kram otot, jantung berdebar, sesak nafas hingga kejang-kejang.

baca juga :  Efek Samping Salep Walet & Berbagai Fakta Menarik Tentangnya

Efek Samping Prolacta DHA Baby pada Balita & Anak Usia <7 Thn

Demikianlah beberapa informasi mengenai manfaat dan efek samping Omeprazole yang dapat terjadi. Efek samping di atas tidak akan muncul apabila Omeprazole dikonsumsi secara tepat dan sesuai dengan anjuran atau petunjuk.

⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆