Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Efek Samping Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Efek samping daun pepaya memang kurang dimengerti oleh masyarakat secara umum. Kebanyakan dari mereka justru menggunakan daun pepaya sebagai salah satu bahan makanan dan dipercaya dapat dijadikan sebagai obat untuk beberapa penyakit.


EFEK DAUN PEPAYA, setiap hari minum air daun pepaya apakah ada efek sampingnya, Bahaya daung pepaya, bahaya js daun pepaya, bahaya kah mengkonsumsi kembang pepaya, bahaya makan bunga pepaya

Pohon pepaya dapat tumbuh dengan mudah di berbagai area dengan menghasilkan buah berwarna kemerahan dengan rasa yang manis. Di balik rasa pahit yang dimiliki daun pepaya, apakah daun pepaya aman dikonsumsi selamanya?

Efek samping daun pepaya bagi kesehatan

Daun pepaya dapat dijadikan obat herbal atas berbagai penyakit, bahkan dapat dijadikan sebagai jamu pelancar ASI. Tahukah Anda bahwa ternyata daun pepaya memiliki efek samping negatif bagi kesehatan?

efek samping daun pepaya efek samping daun pepaya efek samping daun pepaya

Berikut ini adalah daftar efek negatif daun pepaya yang dikonsumsi dalam jangka waktu lama:

  1. Menyebabkan sakit perut

Kandungan serat dan lateks pada daun pepaya dapat membuat perut menjadi sakit jika dikonsumsi secara berlebihan. Kedua zat tersebut jika terlalu banyak dikonsumsi dapat memicu iritasi pada perut yang membuat mual hingga muntah.

  1. Memicu sembelit

Walau daun pepaya mengandung serat yang cukup tinggi, namun konsumsinya tetap harus diimbangi dengan konsumsi air putih. Penumpukan serat yang tidak dinetralisir dengan air justru membuat feses menjadi semakin keras dan terjadi sembelit.

  1. Terjadinya gangguan pernafasan

Daun pepaya mengandung enzim papain yang menyebabkan reaksi alergi yang berdampak pada gangguan saluran pernapasan. Gangguan pernapasan yang sering muncul akibat konsumsi daun pepaya berlebihan antara lain asma, mengi, dan hidung tersumbat.

  1. Mengalami keguguran

Bahaya daun pepaya akan sangat terasa bagi ibu yang sedang hamil. Enzim papain yang terkandung dalam daun pepaya dan dikonsumsi oleh ibu hamil jsutru dapat berfungsi layaknya oksitosin dan prostaglandin yang dapat memicu proses induksi persalinan dan kontraksi. Hal ini tentu dapat berdampak pada terjadinya keguguran.

  1. Menyebabkan batu ginjal

Konsumsi 100 gram daun pepaya sama saja mengonsumsi vitamin C sejumlah 140mg. dosis tersebut sangat melebihi batas konsumsi vitamin C yang normal sehingga dapat memicu pembentukan batu ginjal.

  1. Memperlambat denyut jantung

Kandungan enzim papain pada daun pepaya juga dapat memperlambat detak jantung secara drastic. Hal ini tentu dapat menyebabkan kardivaskular yang akibatnya sangat fatal bagi kesehatan hingga menyebabkan kematian.

  1. Memicu asam urat berlebih

Bagi yang sudah memiliki riwayat asam urat yang tinggi, sebaiknya jangan mengonsumsi daun pepaya secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan purin dalam daun pepaya yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam tubuh, terlalu tingginya kadar asam urat dapat menciptakan rasa sakit pada tulang dan persendian.

  1. Memicu pengenceran darah

Enzim papain dalam daun pepaya juga dapat bertindak sebagai pemicu pengenceran darah atau bisa juga disebut memiliki efek Antikoagulan.

πŸ“‹ Recommended  Efek Samping Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat dan Efek Samping dan Binahong

Ternyata daun pepaya yang banyak diolah menjadi sayur atau jamu memiliki efek samping yang berpengaruh buruk bagi kesehatan. Selalu pertimbangkan efek samping daun pepaya di atas agar tidak terjadi masalah kesehatan yang tak diinginkan.

✰ advertisement ✰