Buah yang Dihindari saat Haid, Adakah Buah yang Bikin Perut Kram?

Buah yang dihindari saat haidsebenarnya apakah ada atau hanyalah mitos belaka? Haid atau datang bulan yang dialami oleh wanita rata-rata setiap bulannya bisa menimbulkan gejala tidak enak seperti sakit perut, pusing, badan lemah dan letih serta mudah lelah.

Keluhan yang dialami tersebut terjadi salah satunya karena perubahan hormon. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa ada beberapa pantangan makanan seperti buah yang sebaiknya dihindari agar gejala haid tak bertambah buruk.

Mitos atau fakta? Buah yang dihindari saat haid

Masih banyak mereka yang percaya jika mengonsumsi buah nanas atau buah sayur seperti mentimun saat haid akan memicu sakit perut hingga darah mengental. Benarkah hal tersebut? Padahal belum ada penelitian yang bisa membuktikan hal tersebut sehingga kepercayaan seperti itu bisa dikatakan sebagai mitos.

buah yang dihindari saat haid (makanan yang dianjurkan saat haid, larangan keramas saat haid) buah yang dihindari saat haid, makanan yang dianjurkan saat haid, larangan keramas saat haid.

Tidak hanya soal buah, ada lagi larangan keramas saat haid ternyata juga mitos karena sebenarnya haid tidak ada hubungannya dengan keramas atau tidak. Apabila wanita haid mengalami sakit kepala maka itu disebabkan oleh hormon bukan karena keramas. Malahan ada beberapa pantangan yang memang benar sebaiknya dihindari seperti berikut ini.

8 Pantangan makanan dan buah yang dihindari saat haid

  1. Kafein

Ketika ingin mengonsumsi makanan dan minuman kafein, ada baiknya tidak melakukannya saat sedang haid karena kandungan kafein bisa menyebabkan tubuh dehidrasi akibat terjadinya penyempitan pada pembuluh darah.

Dehidrasi yang tidak segera diatasi akan membuat tubuh mudah lelah, pusing dan lemas, padahal saat haid, tubuh mengeluarkan banyak sekali cairan (darah).

  1. Minuman bersoda

Selain menghindari kafein, minuman bersoda pun wajib dihindari ketika sedang haid karena kandungan glukosanya yang berlebihan akan membuat tubuh mudah lelah. Tubuh yang lelah biasanya mempengaruhi mood seseorang sehingga menjadi lebih mudah marah dan tersinggung.

  1. Minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman ini hanya akan menimbulkan banyak kerusakan bagi tubuh. Bahkan bila dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan organ dalam tubuh rusak. Minuman beralkohol juga menyebabkan darah haid yang keluar tidak lancar serta penderita haid akan mulai mengeluhkan rasa nyeri terutama di pinggang.

kapan sel telur keluar kapan sel telur keluar dari ovarium kapan sel telur keluar setelah mens kapan sel telur keluar setelah haid waktu sel telur keluar kapan sel telur wanita keluar kapan waktu sel telur keluar kapan sel telur itu keluar kapan sel telur akan keluar pada saat kapan sel telur keluar

  1. Saat Menstruasi Hindari Makanan tinggi lemak

Makan makanan seperti gorengan bisa meningkatkan hormon wanita (estrogen) yang kemudian akan menyebabkan kram perut pada wanita yang sedang haid. Untuk itu tidak dianjurkan banyak menggoreng makanan selama sedang datang bulan. Akan lebih baik lagi jika makanan direbus atau dikukus.

  1. Makanan kaleng

Makanan olahan atau makanan kaleng biasanya mengandung Natrium atau sodium yang tinggi yang bisa menyebabkan retensi mineral sehingga tubuh membengkak. Makanan kaleng juga bisa menghambat aliran darah sehingga darah haid menjadi tidak lancar akibatnya haid akan berjalan lebih lama dari biasanya.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  1. Mie instan

Mie instan memiliki kandungan garam dan MSG yang tinggi dimana bisa mempengaruhi proses haid wanita. Saat wanita haid banyak makan mie instan, tubuhnya akan merasa nyeri terutama di perut bagian bawah, sakit kepala, mual bahkan gangguan lambung.

  1. Di Periode Haid Sedikit Konsumsi Garam

Apabila dikonsumsi secara berlebihan, garam bisa memberikan efek negatif bagi tubuh. Saat wanita sedang haid, konsumsi garam berlebih akan menyebabkan perut terasa tidak nyaman bahkan sakit kepala dan tubuh mudah lelah karena kehilangan banyak cairan.

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang sangat praktis karena tidak perlu dimasak. Sayangnya makanan ini menggunakan banyak minyak, garam dan pengawet sehingga kurang bagus untuk kesehatan apalagi bagi wanita yang sedang haid karena bisa menimbulkan rasa nyeri dan membuat tubuh jadi mudah lapar.

Baca juga:
Pantangan Makanan Hepatitis B

Daripada mengonsumsi makanan di atas, Anda bisa beralih ke jenis makanan yang dianjurkan saat haid seperti makanan yang tinggi zat besi, kaya protein dan serat. Sementara itu tidak ada buah yang dihindari saat haiddan ternyata hanyalah mitos. Sebaliknya, perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin sehat bagi tubuh.