Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan 1 – 2 Minggu yang Aman

Cara mengatasi terlambat datang bulan merupakan salah satu informasi yang sedang banyak dicari khususnya oleh para wanita. Menstruasi, haid atau datang bulan merupakan fase yang dialami oleh perempuan yang telah memasuki fase akil balik.


Haid atau menstruasi akan berhenti secara genetik setelah wanita menopause, yakni menginjak usia 40 hingga 50 tahunan. Menstruasi umumnya muncul sekali dalam siklus 28 hingga 35 hari yang ditandai dengan keluarnya darah dari vagina selama 2 sampai 7 hari.

Penyebab Terlambat Datang Bulan

Meskipun sudah terdapat penjelasan tentang siklus normal datang bulan, namun ternyata banyak perempuan yang mengalami kendala yakni keterlambatan datang bulan. Selain sebagai tanda kehamilan, beberapa penyebab terlambat datang bulan ialah sebagai berikut.

cara mengatasi terlambat datang bulan - obat telat haid di apotik telat datang bulan 2 minggu tidak haid 1 bulan tapi keputihan cara cepat haid dalam 1 jam obat mediol penyebab telat datang bulan selama 3 bulan obat telat haid di apotik cara cepat haid dalam 1 jam melancarkan haid dengan soda obat mediol em kapsul cara mengatasi telat datang bulan 10 hari obat telat datang bulan di apotik obat telat datang bulan terbaik jamu telat datang bulan di indomaret obat sakit datang bulan obat mediol tanda menopause alodokter tidak haid 1 bulan tapi keputihan telat datang bulan 2 minggu berapa lama telat haid dinyatakan hamil telat haid 4 bulan perut membesar telat haid 2 bulan tapi keputihan penyebab telat datang bulan selama 3 bulan obat telat haid di apotik telat datang bulan 2 minggu cara cepat haid dalam 1 jam obat telat haid di apotik cara cara cepat haid telat datang bulan 2 minggu cara mencegah datang bulan haid cepat datang cara mempercepat haid dalam 1 hari telat datang bulan 2 minggu obat telat haid di apotik telat haid 3 hari tidak haid 1 bulan tapi keputihan telat haid 5 hari penyebab telat datang bulan selama 3 bulan obat telat haid di apotik makanan agar cepat haid cara memperlambat haid cara menormalkan haid yang tidak teratur cara mengatasi telat datang bulan 10 hari penyebab telat datang bulan selama 2 bulan

  • Gangguan kelenjar tiroid

Sebelum mengetahui informasi tentang cara mengatasi telat datang bulan 1 minggu atau lebih lama lagi, ketahui dahulu penyebab keterlambatan datang bulan. Penyebab pertama adalah adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Selain berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh, gangguan kelenjar tiroid yang terdapat pada leher juga dapat mempengaruhi siklus haid yang seringnya menjadi terlambat.

  • Stress dan Depresi

Terlalu banyak pikiran atau aktivitas dapat memicu stress yang mampu mempengaruhi siklus haid menjadi tidak lancar. Kondisi stress akan berpengaruh negative pada hormone hypothalamus yang berfungsi untuk mengatur periode menstruasi.

  • Ketidakseimbangan hormon

Penyebab keterlembatan tadi selanjutnya adalah terjadi ketidakseimbangan hormon. Tubuh memiliki beberapa jenis hormon yang akan berhubungan langsung dengan beberapa organ mulai dari kandung telur, kelenjar dalam otak dan otak itu sendiri. Jika terjadi sedikit saja masalah, maka salah satu dampaknya adakah keterlambatan haid.

  • Adanya pertumbuhan penyakit

Keterlembatan haid juga dapat disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang dapat berkembang menjadi penyakit seperti kista atau tumor. Untuk masalah ini, segera konsultasikan dengan pihak medis.

πŸ“‹ Recommended  Makanan Penyubur Kandungan agar Program Hamil 100% Sukses

Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan

Bagi para perempuan yang mengalami masalah dengan periode haid yang tidak menentu atau bahkan sering mengalami keterlambatan, berikut ini terdapat beberapa cara untuk dapat mengatasi datang bulan yang terlambat.

  • Meminum rebusan daun pepaya

Daun pepaya memiliki bentuk menjari dan rasa yang pahit. Namun ternyata mengkonsumsi rebusan daun pepaya merupakan salah satu cara mengatasi telat datang bulan selama 2 bulan yang sangat efektif. Hal ini karena daun pepaya mengandung kalisum, vitamin A, B, C, D dan E yang mampu melancarkan menstruasi. Rebus beberapa helai daun pepaya yang dicampur dengan sedikit garam serta asam jawa sisakan 1 gelas lalu diminum secara rutin.

  • Meminum air perasan kunyit

Kunyit merupakan tanaman rimpang yang tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur. Kunyit memiliki kandungan kurkumin, zat anti-inflamasi serta anti-oksidan yang mampu melancarkan haid dan mengatasi keterlambatan haid. Kupas dan cucilah kunyit secukupnya lalu parut dan peras. Minumlah air perasan kunyit tersebut secara teratur.

  • Mengkonsumsi seduhan jahe dan madu

Selain kunyit, tanaman rimpang jahe juga mampu mengatasi keterlambatan dan masalah haid lainnya dengan efektif. Jahe sangat mudah diperoleh dan tidak menimbulkan efek samping negative karena merupakan tanaman alami. caranya sangat mudah yakni dengan mengupas dan mencuci bersih jahe kemudian digeprek dan diseduh dengan air panas. Minumlah selagi hangat dengan menambahkan madu murni.

  • Mengkonsumsi jus wortel

Rutin mengkonsumsi jus wortel juga merupakan salah satu cara melancarkan haid yang telat 10 hari. Kandungan vitamin A, C, Kalsium serta Iron di dalam wortel mampu membantu tubuh menjaga fungsi dan kondisi hormone supaya tidak mengalami masalah. Konsumsilah jus wortel tanpa gula secara rutin untuk mendapatkan sikluas haid yang teratur.

πŸ“‹ Recommended  Ciri-Ciri Wanita PCOS, Semakin Dini Terdeteksi Semakin Baik

Ternyata selain faktor penyebabnya, cara mengatasi terlambat datang bulan juga sangatlah banyak. Terlebih beberapa cara di atas menggunakan bahan alami sehingga tidak perlu mencemaskan efek sampingnya.

✰ advertisement ✰