Pantangan Makanan Hepatitis B agar Bisa Hidup dengan Normal

Untuk membantu mempercepat pengobatan hepatitis B, penderita biasanya menghindari konsumsi pantangan makanan hepatitis B.

Hepatitis B merupakan infeksi yang menyerang hati sehingga hati mengalami peradangan. Infeksi ini dilakukan oleh virus hepatitis B dan bila tidak segera mendapatkan pengobatan yang tepat, penderita bisa mengalami kanker hati, sirosis atau gagal hati.

Aturan pantangan makanan hepatitis B

  1. Lada dan cabai

Semua jenis makanan yang ditambahkan lada, bawang bombai dan cabai sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Hal ini karena ketiga bahan makanan tersebut sifatnya panas dan berdampak negatif bagi kondisi hati.

pantangan makanan hepatitis b, komplikasi hepatitis b, apakah hepatitis b bisa sembuh. pantangan makanan hepatitis b (komplikasi hepatitis b, apakah hepatitis b bisa sembuh)

  1. Gorengan

Kandungan minyak yang begitu banyak pada gorengan bisa sangat membahayakan kesehatan hati. Jadi ketika ingin makan siang atau makan malam, pastikan semua makanan itu tidak digoreng karena jenis makanan ini tidak bisa diterima dalam porsi yang besar bagi penderita penyakit hepatitis B.

  1. Penderita Hepatitis B Hindari Kafein

Mau itu cokelat, kopi atau teh semua makanan yang kaya akan kandungan kafein perlu dihindari karena dapat memperburuk kondisi tubuh dari penderita penyakit hepatitis B.

  1. Karbohidrat olahan

Sadar atau tidak, ternyata ada banyak makanan yang bisa memicu komplikasi hepatitis B tidak terkecuali dengan karbohidrat olahan. Batasi konsumsi es krim, produk roti dan permen untuk menjaga tubuh tetap prima dan sehat.

  1. Alkohol

Alkohol bukan hanya berdampak negatif bagi penderita penyakit hepatitis B, namun juga berefek buruk bagi semua orang. Jika ingin sembuh dari penyakit ini, lebih baik tidak minum minuman beralkohol, mengonsumsi makanan dengan kadar alkohol tinggi.

  1. Pasien Hepatitis B Pantang Konsumsi Kacang

Meskipun makanan ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, namun bila dikonsumsi berlebihan setiap hari bisa meningkatkan suhu pada pembuluh darah. Bukan hanya menghindari kacang utuh, penderita hepatitis B juga wajib menghindari olahan kacang.

  1. Daging Olahan

Baik itu daging putih atau merah, bila diolah hendaknya jenis makanan ini tidak dikonsumsi oleh mereka yang menderita hepatitis B.

  1. Keju

Kandungan susu pada keju sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan namun bukan berarti bisa dikonsumsi setiap hari. Jika terbiasa menambahkan keju sebagai topping di makananmu hendaknya kurangi atau hilangkan mulai sekarang.

  1. Zat besi

Penderita hepatitis B akan semakin sulit sembuh bila makan banyak makanan yang kaya zat besi seperti bayam, daging merah, kacang merah, tomat dan telur. Sodium yang dikeluarkan oleh zat besi bisa mengganggu hormon tubuh sehingga menjadi tidak seimbang.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  1. Teh

Jenis minuman lainnya yang memiliki efek sama buruknya seperti minuman beralkohol karena teh dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Daripada minum teh, lebih dianjurkan untuk minum air mineral atau jus buah-buahan tanpa gula tentu buah yang dipilih juga harus yang bagus untuk penderita hepatitis. Jenis buah yang baik untuk hepatitis adalah stroberi, raspberi dan buah ceri.

Masa pengobatan hepatitis B

Banyak orang yang bertanya, apakah hepatitis B bisa sembuh? Infeksi hepatitis B akut bisa cepat disembuhkan dalam jangka waktu 6 bulan namun bila sudah terlalu lama, maka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Jika mengalami gejala penyakit hepatitis B sebaiknya jangan tunggu gejala makin parah, segera bawa penderita penyakit ini untuk berobat ke dokter.

Baca juga:
Pantangan Makanan Hepatitis A

Itulah beberapa pantangan makanan hepatitis Byang hendaknya tidak dilanggar karena khawatir memberikan komplikasi yang buruk bagi infeksi hati yang tengah dialami saat ini, jika ingin sehat maka pilih makanan yang tepat.