Perbedaan Concealer dan Highlighter dari Fungsi dan Teksturnya

Bagi Anda para pemula dalam hal makeup sangat penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam produk makeup yang ada misalnya seperti foundation, concealer, contour, bronzer, highlighter, maskara, eyeliner, blush on.

Produk makeup lainnya yang mana semuanya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, agar tidak salah pilih Anda harus tahu perbedaan dari semua produk makeup tersebut.

Jika sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai perbedaan eyeliner dan maskara, perbedaan concealer dan foundation, contour, BB cream. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan concealer dan juga highlighter khusus bagi Anda para pemula makeup.

Perbedaan Concealer dan Highlighter

Langsung saja simak baik-baik ulasannya agar Anda tidak salah pilih dan tidak salah pada saat menggunakannya.

Perbedaan Concealer dan Highlighter

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan concealer dan highlighter yang perlu Anda ketahui dilihat dari beberapa hal.

Fungsi Utama

Concealer merupakan produk makeup yang memiliki fungsi utama yakni untuk menutupi kekurangan di wajah Anda misalnya seperti flek hitam, lingkaran hitam di bawah mata, wajah kemerahan karena jerawat dan kekurangan lainnya yang ada di wajah agar riasan makeup lebih sempurna.

Sedangkan highlighter merupakan produk makeup yang memiliki fungsi untuk membuat tampilan makeup lebih bersinar dan lebih fresh karena akan memberikan efek blink-blink glowing pada makeup di wajah. Hal ini karena tekstur shimerring yang ada pada highlighter.

Tekstur dan Jenisnya

Concealer memiliki tektur yang kental dan padat karena memang memiliki fungsi utama untuk menutupi kekurangan yang ada pada wajah. Tekstur dari concealer juga lebih matte jika dibandingkan dengan highlighter. Untuk jenisnya concealer dibagi menjadi beberapa jenis yakni ada concealer dalam bentuk cair, cream, dan creamy stick.

Berbeda dengan highlighter yang memiliki tekstur lebih ringan karena berfungsi untuk memberikan definisi bentuk wajah yang lebih tajam, highlighter secara khusus digunakan untuk memberikan kesan pada bagian wajah yang cukup terang.

Pada umumnya tekstur highlighter tidak berbentuk matte namun berbentuk shimmering untuk membuat wajah lebih glowing, cerah bersinar. Bentuk highlighter ada yang liquid agak kental dan ada juga yang berbentuk compact. Yang paling umum digunakan adalah highlighter dalam bentuk compact.

Perbedaan Concealer dan Highlighter 2

Penggunaan dan Pengaplikasiannya

Perbedaan concealer dan highlighter juga dapat dilihat dari penggunaan dan juga pengaplikasiannya. Concealer biasanya akan digunakan di area wajah yang memerlukan koreksi misalnya seperti flek hitam, dibawah mata yang hitam, dan dipinggir hidung yang biasanya kemerahan. Sedangkan highlighter pada umumnya digunakan di bagian tulang pipi tulang dahi, ujung hidung dan ujung tengah bibir.

Untuk mengaplikasikannya Anda bisa mengaplikasikan concealer dengan menggunakan jari tangan, beauty blender atau kuas. Sedangkan untuk highlighter Anda bisa menggunakan kuas untuk yang compact powder dan menggunakan beauty blender atau jari untuk yang liquid creamy atau cair agak kental.

Varian Warna

Concealer memiliki varian warna yang cukup banyak dengan fungsi corrector yang berbeda-beda. Misalnya untuk warna hijau berfungsi untuk menutupi warna kemerahan pada wajah, ungu untuk mencerahkan wajah, coklat untuk memberikan shading, warna kulit dengan 2 tingkat lebih cerah untuk highlighting,warna orange atau kuning untuk menutupi lingkaran hitam pada mata.

Untuk highlighter varian warnanya pada umumnya berupa warna cerah seperti warna putih, warna gold, dan warna putih sedikit warm lengkap dengan formula shimmering yang akan membuat wajah tampak glowing pada saat menggunakannya. Sekarang Anda sudah tahu kan perbedaan concealer dan highlighter? Jangan salah pilih dan salah pakai ya. Baca juga: Perbedaan Concealer dan Foundation