Cara Agar Maskara Tidak Menggumpal & Kering, Ladies Wajib Tahu

Riasan mata adalah kunci utama pada saat Anda menggunakan makeup karena riasan mata akan membuat makeup Anda menjadi lebih hidup. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara merias mata yang baik dan benar. Salah satunya adalah pada saat Anda akan mengaplikasikan maskara pada bulu mata.

Masalah yang sering terjadi pada saat mengaplikasikan maskara pada bulu mata adalah maskara yang menggumpal. Maskara yang menggumpal pada saat digunakan disebabkan oleh beberapa hal.

Misalnya karena Anda menggunakan maskara secara berulang-ulang dengan cepat, brush aplikator sudah terlalu banyak ditempeli cairan maskara,formula maskara yang tidak tepat dan juga bisa jadi karena mata Anda masih belum siap dipakaikan maskara.

Teknik dan Cara Agar Maskara Tidak Menggumpal dan Natural

Maskara yang menggumpal tentu akan merusak riasan mata Anda karena akan membuat kesan riasan mata kurang sempurna dan tidak natural. Nah, oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara agar maskara tidak menggumpal yang akan kami jelaskan pada artikel berikut ini.

Teknik dan Cara Agar Maskara Tidak Menggumpal

Berikut ini rahasia cara agar maskara tidak menggumpal dan terkesan natural pada saat digunakan.

Aplikasikan Maskara Secara Perlahan-lahan

Jangan terburu-buru pada saat akan memakai maskara karena maskara bisa saja menggumpal pada saat diaplikasikan. Pastikan anda mengaplikasikan maskara secara perlahan-lahan agar hasilnya memuaskan.

Hindari Menggunakan Masker Berlayer-layer

Untuk mendapatkan bulu mata yang tebal dan tidak menggumpal, Anda tidak perlu menggunakan maskara berulang kali karena hal ini akan membuatnya menggumpal. Idealnya Anda bisa mengaplikasikan dua hingga 3 kali layer maskara saja.

Gunakan Brush Maskara dari Dekat Akar ke Ujung Bulu Mata

Gunakan Brush Maskara dari Dekat Akar ke Ujung Bulu Mata

Pastikan Anda mengaplikasikan maskara dengan brush dari akar hingga bulu mata dengan gerakan zig-zag untuk menghindari maskara menggumpal.

Gunakan Sikat Bulu Mata

Pada umumnya produk makeup akan selalu melengkapi satu dengan yang lainnya. Misalnya seperti pejepit bulu mata yang akan lebih mudah melentikkan bulu mata dan sisir bulu mata yang dapat berfungsi untuk mengatasi masalah maskara yang menggumpal di bulu mata.

Jadi, pastikan Anda menggunakan sikat atau sisir bulu mata ini sebelum dan sesudah mengaplikasikan maskara agar tidak menggumpal.

Jangan Mengaduk Maskara

Satu hal yang harus Anda ingat untuk mencegah maskara agar tidak menggumpal dan cepat kering adalah jangan terlalu sering mengaduk maskara. Karena udara yang masuk ke dalam maskara akan membuat maskara Anda cepat menggumpal dan kering.

Semakin sedikit udara yang masuk maka maskara tidak akan cepat kering. Pastikan juga Anda mengganti maskara setiap tiga bulan sekali untuk menghindari pemakaian maskara menggumpal.

Bersihkan Aplikator Maskara

Pada saat Anda sudah mengetahui bahwa brush aplikator maskara mulai mengering dan menyebabkan adanya gumpalan di aplikatornya maka segeralah bersihkan aplikator maskara tersebut dengan menggunakan makeup remover atau micellar water untuk membersihkan make up setelah itu usapkan aplikator maskara tersebut pada kain yang lembut atau tisu.

Itu dia cara agar maskara tidak menggumpal pada saat diaplikasikan. Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai cara mengencerkan maskara yang kental.

Cara Mengencerkan Maskara Yang Kental Menggumpal Kering

Cara Mengencerkan Maskara Yang Kental

Berikut ini beberapa cara mengencerkan maskara yang kental yang dapat Anda coba lakukan.

Rendam Maskara dengan Air Hangat

Maskara yang menggumpal juga disebabkan oleh formula maskara yang sudah mulai mengering sehingga akan menggumpal. Jika sudah begini pastikan Anda merendam maskara menggunakan air hangat agar formula maskara mencair dan mudah digunakan.

Menggunakan Lidah Buaya

Anda juga bisa memanfaatkan gel lidah buaya sebagai salah satu cara mengencerkan maskara yang kental. Teteskan gel lidah buaya ke dalam tabung maskara kemudian kocok sedikit dan maskara bisa digunakan kembali.

Obat Tetes Mata atau Cairan Lensa Kontak

Cara lainnya yang dapat Anda coba lakukan adalah dengan menggunakan obat tetes mata atau caira lensa kontak secukupnya yang dapat Anda teteskan ke dalam tabung maskara. Itu dia cara agar maskara tidak menggumpal pada saat digunakan dan cara mengencerkan maskara yang kental. Selamat mencoba. Baca juga: Cara Memakai Maskara yang Baik dan Benar