Perbedaan Concealer dan Foundation dari Fungsi dan Cara Pakai

Makeup adalah suatu hal yang tidak pernah lepas dari kaum hawa. Banyak wanita yang menggunakan makeup untuk tampil cantik sehari-hari. Bahkan tidak sedikit wanita yang kurang PD pada saat tidak menggunakan makeup di wajahnya karena dengan makeup Anda bisa tampil cantik sempurna.

Make up digunakan untuk menutupi kekurangan di wajah misalnya seperti kantung mata, mata panda dan juga flek hitam yang di wajah. Salah satu produk makeup yang memiliki peranan sangat penting dalam hal ini adalah foundation dan concealer.

Keduanya memiliki fungsi yang sama yakni untuk menutupi kekurangan di wajah seperti mata panda, kantung mata, flek hitam dan warna kulit wajah yang tidak rata. Semuanya dapat diatasi dengan  menggunakan kedua produk ini.

Ini Perbedaan Concealer dan Foundation, Pemula Makeup Wajib Tahu

Foundation dan concealer sama-sama berfungsi sebagai base atau dasar pada saat akan mulai menggunakan makeup. Namun, walaupun terlihat mirip dan memiliki kegunaan yang hampri sama kedua produk kosmetik ini berbeda.

Berikut akan kami jelaskan perbedaan concealer dan foundation yang perlu Anda ketahui agar tidak salah pakai.

✔️  Maskara Maybelline yang Paling Bagus & Tahan Lama (Best Seller)

Perbedaan Concealer dan Foundation

Berikut penjelasan dari perbedaan concealer dan foundation sebagai produk kosmetik atau produk makeup yang perlu diketahui.

Fungsi, dan Cara Pakai Concealer

Concealer merupakan color corrector yang memiliki fungsi utama yakni untuk menutupi kekurangan yang ada di wajah. Misalnya seperti bintik hitam, lingkar mata panda, pori-pori yang besar, jerawat dan bekas jerawat serta warna kulit yang tidak merata.

Pada umumnya concealer ini memiiki berbagai macam warna dengan fungsi masing-masing. Seperti concealer warna hiau atau biru yang berfungsi untuk menyamarkan bintik-bintik merah akibat jerawat, concealer ungu yang dapat membantu membuat wajah lebih cerah.

Sementara itu concealer kuning untuk menyembunyikan lingkar gelap di bawah mata dan juga bintik hitam di wajah, concealer coklat yang dapat memberikan efek shading atau untuk menggelapkan area wajah yang terlalu terang.

Pada saat Anda akan memilih concealer dengan warna kulit, pastikan Anda memilih concealer dengan warna 1-2 tingkat lebih terang dibandingkan kulit Anda. Fungsinya agar dapat menyamarkan kekurangan di wajah lebih maksimal.

✔️  Perbedaan Concealer dan BB Cream, Jangan Sampai Salah Pilih Ya!

Dibandingkan dengan foundation, maskara memiliki tekstur yang lebih padat dan concealer juga hanya digunakan untuk area wajah yang memiliki kekurangan saja.

Foundation

Berbeda dengan concealer, foundartion berfungsi sebagai alas bedak dan membuat warna kulit menjadi rata. Tekstur foundation lebih cair dibandingkan dengan concealer dan juga lebih ringan.

Foundation perlu Anda aplikasikan ke seluruh bagian wajah. Tujuannya agar membuat warna wajah rata sempurna dan tidak timpang dengan riasan yang Anda gunakan lainnya.

Ada berbagai jenis foundation yang dapat Anda pilih yakni foundation berbentuk cair, bubuk dan juga krim. Tak hanya itu, foundation juga tersedia berbagai macam warna yang dapat Anda sesuaikan dengan tone kulit Anda agar lebih terlihat natural.

Pastikan Anda memilih warna foundation yang paling mendekati dengan warna kulit Anda. Berbeda denga concealer, hindari pemilihan warna foundation yang terlalu terang ataupun yang terlalu gelap dari tone kulit Anda karena tidak akan bagus dan tidak akan terlihat natural. Pastikan warna foundation senada dengan warna leher Anda.

✔️  Maskara Wardah Anti Air WaterProof Bagus yg Tahan Hingga 24 Jam

Perbedaan Concealer dan Foundation

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan concealer dan foundation secara umum adalah sebagai berikut.

Concealer berfungsi untuk menutupi kekurangan, sedangkan foundation berfungsi sebagai base makeup atau alas bedak untuk meratakan warna kulit;

Concealer hanya digunakan di area tertentu untuk menutupi bagian yang memiliki kekurangan, foundation diaplikasikan ke seluruh wajah;

Concealer mengandung pigmen yang lebih banyak dibandingkan dengan foundation;

Concealer memiliki tekstur yang lebih kental, foundation teksturnya lebih cair;

Concealer tersedia dalam berbagai macam warna seperti warna kulit, hijau, kuning, biru, ungu dan coklat sedangkan foundation hanya tersedia warna kulit saja.

Sekarang Anda sudah tahukan perbedaan concealer dan foundation? Semoga bermanfaat, terimakasih. Baca juga: Cara Agar Maskara Tidak Menggumpal & Kering