Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Fungsi Concealer, Cara Pakai & Perbedaan dengan Foundation

Fungsi concealer semakin banyak diketahui oleh masyarakat khususnya kaum hawa. Kemunculan concealer dalam dunia make up atau kecantikan sebenarnya sudah sejak lama. Namun popularitas concealer semakin meningkat beberapa tahun terakhir.


perbedaan dan fungsi concealer

Bagi para wanita yang ingin tampilan make up wajah terlihat halus dengan warna merata, concealer menjadi produk yang wajib diaplikasikan. Banyak yang menyama artikan antara concealer dengan foundation. Padahal sebenarnya kedua produk kecantikan tersebut memiliki komposisi yang berbeda dengan fungsi yang juga berbeda.

Pengertian dan fungsi concealer

Bagi yang masih awam dengan concealer, pengertian concealer adalah suatu produk kecantikan yang diaplikasikan untuk menutup noda hitam sehingga wajah terlihat mulus dengan warna merata.

fungsi concealer

Seperti yang kita ketahui, masalah sering muncul saat wanita hendak mengaplikasikan make up seperti adanya noda hitam, flek/ bekas jerawat, lingkar hitam pada mata, dan sebagainya. Karena beberapa hal tersebutlah aplikasi concealer membantu kulit lebih nampak sempurna.

Terdapat berbagai macam-macam concealer dan fungsinya yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit. Yang membedakan antara masing-masing jenis concealer tersebut adalah kandungan nutrisi di dalamnya.

Concealer disediakan untuk berbagai jenis kulit. Sebagai contoh, untuk kulit yang berminyak dan cenderung berjerawat, concealer yang paling tepat diaplikasikan adalah yang mengandung benzoyl peroxide. Kandungan ini mampu meminimalisir pertumbuhan jerawat dan juga dapat meredakan peradangan serta kemerahan pada wajah.

Jenis-jenis concealer

Selain terdapat beberapa jenis concealer yang dilihat dari komposisinya, terdapat pula beberapa macam concealer yang dilihat dari bentuknya. Berikut ulasan tentang macam-macam concealer beserta kelebihannya:

  • Concealer berbentuk krim

Jenis concealer yang pertama adalah concealer berbentuk krim. Concealer ini biasanya dikemas dalam wadah kecil. Tekstur dari concealer ini sangat lembut dan creamy sehingga mudah diaplikasikan dengan bantuan kuas, spons atau bahkan hanya dengan jari.

πŸ“‹ Recommended  Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Garam/Jeruk Nipis

Concealer ini sangat pas diaplikasikan pada kulit kering. Krim yang sangat creamy mampu memberikan dan mejaga kelembaban kulit. Selain itu, concealer jenis ini juga sangat mudah blending pada wajah.

fungsi concealer - jenis jenis concealer - harga concealer

  • Concealer berbentuk cairan

Selanjutnya ada concealer dengan bentuk liquid atau cairan. Kemasan concealer jenis ini umumnya adalah botol kecil dengan tongkat kecil sebagai aplikator. Cara menggunakan concealer jenis ini dapat dilakukan dengan aplikator langsung atau dengan jari yang kemudian diratakan. Teksturnya yang sangat ringan serta tidak mengandung minyak berlebih. Dengan begitu, khusus jenis ini aplikasinya dapat dilakukan menjadi beberapa lapis.

  • Concealer stick

Jenis concealer yang satu ini sudah sangat banyak tersedia di pasaran yakni berbentuk stick. Untuk produk kecantikan ini, biasanya sering diaplikasikan pada bagian bawah mata. Cara mengaplikasikannya sangat mudah karena hampir mirip dengan lipstick.

Penggunaan concealer jenis ini dapat dilakukan sebelum atau sesudah pengaplikasian alas bedak. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya sebelum mengaplikasikan concealer khususnya di bagian kulit yang berkeriput, gunakan pelembab terlebih dahulu. Pilih pelembab yang tidak mengandung banyak minyak.

Cara mengaplikasikan concealer

Meskipun terdapat beberapa jenis atau bentuk concealer, namun cara aplikasinya hampir sama mudahnya. Pada dasarnya, concealer digunakan untuk meratakan warna serta menutup noda hitam pada wajah. Jadi, jika tidak ada noda hitam atau lingkaran mata panda sebaiknya tidak mengaplikasikan concealer.

Aplikasikan concealer tipis-tipis dan jangan terlalu tebal. Cukup satu hingga dua lapis saja kemudian blending atau perataan dapat dilakukan dengan spons atau hanya dengan jari saja. Blending perlu dilakukan dengan tepat supaya warnanya dapat menyatu sempurna dengan alas bedak.

πŸ“‹ Recommended  Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Dan Mudah Ditata

Perbedaan concealer dan foundation

Jika dilihat dari rupa serta teksturnya, concealer memang sangat mirip dengan foundation. Bahkan ada yang berpendapat bahwa keduanya merupakan produk kecantikan yang sama. Anggapan ini tidaklah benar. Concealer dan foundation merupakan dua jenis produk kecantikan yang berbeda satu sama lain. Perbedaan concealer dan foundation dapat dilihat dari pengertian masing-masing:

  • Fungsinya berbeda

Fungsi penggunaan foundation ialah untuk meratakan warna kulit sehingga kekurangan dapat tersamarkan. Foundation juga lebih dikenal sebagai alas bedak. Berbeda dengan concealer yang merupakan produk kosmetik yang diaplikasikan dengan tujuan menutupi bintik atau noda hitam pada wajah. Sebagai tips, pilihlah concealer dengan warna 1 sampai 2 shade lebih terang dari warna kulit Anda.

  • Area aplikasinya

Perbedaan juga terdapat pada area wajah yang diaplikasi concealer maupun foundation. Concealer hanya diaplikasikan pada noda-noda hitam saja. sedangkan foundation diaplikasikan ke seluruh permukaan wajah.

  • Komposisi warna

Komposisi warna antara concealer dan foundation juga berbeda. Jika foundation, komposisi warnanya hanya seputar warna kulit secara umum. Sedangkan concealer tersedia dalam berbagai pilihan warna dari warna kulit, hijau, kuning, ungu hingga biru.

  • Tekstur

Untuk segi teksturnya, concealer memiliki tekstur yang lebih kental dan pekat jika dibandingkan alas bedak.

Tips EyeShadow

Setelah mengulas penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa jenis dan fungsi concealer sangat beragam. Bahkan dapat diketahui dengan jelas bahwa concealer dan foundation merupakan dua produk kecantikan yang berbeda. Baik dari komposisi maupun fungsinya.

✰ advertisement ✰