Perbedaan Concealer dan Contour dari Fungsi, Jenis dan Penggunaan

Concealer dan contour adalah dua jenis produk makeup yang tidak pernah ketinggalan dan selalu digunakan oleh makeup artis professional.

Kedua produk kosmetik tersebut memiliki fungsi yang sama yakni untuk menyempurnakan riasan makeup di wajah agar lebih maksamal.

Keduanya adalah produk makeup yang wajib ada di tas makeup artis yang sudah berpengalaman dan professional.

Ya, bagi Anda yang ingin tampil dengan riasan wajah lebih sempurna Anda bisa memanfaatkan dan menggunakan kedua produk makeup ini.

Walaupun memiliki fungsi yang hampir sama yakni untuk menyempurnakan riasan makeup kedua jenis produk makeup ini sangat berbeda.

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui perbedaan concealer dan contour secara lebih jelas dan lengkap.

Perbedaan Concealer dan Contour

Perbedaan Concealer dan Contour

Berikut ini perbedaan concealer dan contour yang perlu Anda ketahui dilihat dari beberapa hal, pemula dalam hal makeup wajib tahu dan jangan sampai salah pilih dan salah pada saat menggunakannya.

Fungsi Concealer dan Contour

Concealer memiliki fungsi utama yakni sebagai correcting makeup untuk mengurangi dan menutupi kekurangan yang ada di wajah.

Misalnya untuk membiaskan bintik atau flek hitam, kemerahan di wajah, mata panda, jerawat dan lain sebagainya yang harus ditutupi agar tampilan makeup lebih sempurna.

Sedangkan contour memiliki fungsi utama untuk mempertegas bentuk wajah Anda dan membuatnya lebih nyata.

Misalnya seperti bagi Anda yang ingin membuat kesan pipi yang tirus, maka Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan contour untuk membuat bentuk wajah lebih tirus.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Jenis Concealer dan Contour

Secara umum, concealer dibagi menjadi beberapa jenis. Antara lain yakni concealer dengan bentuk cair yang sangat ringan diwajah, stick dan juga compact untuk area wajah dan juga concealer khusus untuk daerah mata.

Concealer khusus mata pada umumnya memiliki tektur yang tidak terlalu terlalu padat dan kering dibandingkan jenis concealer yang lainnya.

Sedangkan contour pada umumnya hanya berbentuk cream, stick cream dan powder saja.

Varian Warna Concealer dan Contour

Concealer memiiki cukup banyak varian warna yang memiliki fungsi berbeda. Sseperti warna hijau untuk menutupi warna wajah yang kemerahan, ungu untuk mencerahkan wajah.

Kemudian warna orange untuk menutupi mata panda, warna kulit terang sebagai highlight di wajah dan warna coklat sebagai shading pada wajah.

Sedangkan contour pada umumnya hanya terdiri dari dua varian warna yakni warna gelap dan warna terang yang berfungsi untuk memberikan definisi bentuk wajah yang lebih tegas. Yang mana kedua warna tersebut berfungsi sebagai shading dan highlight pada wajah. Berbeda dengan warna concealer, warna contour lebih kuat.

Cara Menggunakan dan Pengaplikasiannya

Anda bisa mengaplikasikan concealer dengan menggunakan kuas bersiku, kuas blush on dan kuas datar.

Sedangkan untuk contouring akan lebih baik jika Anda mengaplikasikannya dengan menggunakan jari saja untuk menghindari cakey. Atau Anda juga bisa menggunakan kuas dengan ujung yang kaku.

Gunakan concealer hanya pada area wajah yang memerlukan correcting saja misalnya seperti area di bawah mata, flek hitam, warna kemerahan pada wajah dan area lainnya yang butuh ditutupi.

Sedangkan untuk contour Anda bisa menggunakan contour di area tulang pipi dan bagian-bagian yang memang perlu di contour untuk mempertegas bentuk wajah.

Itu dia perbedaan concealer dan contour yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini membuat Anda lebih mengerti perbedaan dari kedua produk makeup tersebut.

Jadi, pastikan Anda tidak salah beli dan tidak salah pada saat mengaplikasikannya ya. Baca juga: Perbedaan Concealer dan BB Cream