Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Sakit di Ulu Hati Sampai ke Punggung, Apa Penyebab dan Obatnya ?

Sakit di Ulu Hati sampai ke punggung salah satunya disebabkan karena adanya kram otot. Itupun kalau sakit ulut hatinya tidak parah. Kalau parah biasanya karena ada penyakit jantung koroner di dalam tubuh anda. Sakit ulu hati adalah sakit yang berada di kondisi yang muncul ketika asam lambung dalam keadaan tinggi.


gambar posisi uluhati, obat punggung sakit, sakit lambung sampe ke punggung

Nyeri di ulu hati juga menyebabkan kram perut, mual, sendawa, muntah dan juga kembung. Selain itu sakit di ulu hati juga bisa sampai ke bagian punggung.Sakit di Ulu Hati Sampai Ke Punggung

 

Letak ulu hati sendiri berada di bagian tengah ujung tulang dada bawah dengan lengkung tulang iga. Tidak sedikit orang yang mengeluh terkena kondisi seperti ini sampai ke bagian punggung. Lalu sebenarnya apa penyebab sakit di ulu hati sampai ke punggung ini ?.

3 Penyebab Sakit di Ulu Hati Sampai ke Punggung

  1. Dispepsia

Dispepsia

Adalah kondisi dinding lambung mengalami peradangan. Peradangan ini membuat rasa nyeri jika terkena oleh zat asam lambung. Maka tidak kaget jika pasien yang mengalami Dispepsia akan merasa sakit di ulu hati sampai ke punggung. Ciri ciri dari Dispepsia diantaranya : Sakit di ulu hati sampai ke punggung, Mual, Sering muntah, Sakit Kepala, Keringat Dingin, Nafsu makan menjadi hilang.

  1. Kram Otot

Kram Otot

Merupakan kondisi terjadinya tarikan pada otot, tendon yang dikarenakan regangan berlebihan yang terjadi secara singkat. Dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri di ulu hati sampai ke punggung. Biasanya kram otot terjadi karena aktifitas berlebihan dan posisi tidur salah. Selain posisi kerja di meja kantor juga mempengaruhi munculnya kram otot ini.

  1. Jantung Koroner

Jantung KoronerPenyakit jantung koroner ternyata juga menjadi penyebab sakit di ulu hati sampai ke punggung. Sehingga buat anda yang mengalami sakit seperti ini, diharapkan untuk waspada. Oleh karenanya jangan anggap remeh penyakit ini. Jika terlalu sering mengalami sakit di bagian ulu hati yang tembus sampai punggung, lebih baik anda segera ke dokter spesialis penyakit dalam.

πŸ“‹ Recommended  Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil (Pipis) yang Terus Menerus

Cara Mengobati Sakit di Ulu Hati Sampai Ke Punggung

Cara Mengobati Sakit di Ulu Hati Sampai Ke Punggung

  1. Usahakan selama 2 jam lebih setelah makan baru tidur
  2. Selalu makan secara teratur meskipun dengan porsi yang tidak banyak
  3. Tidur selama 8 jam per hari
  4. Selalu rutin berolahraga, minim 3 kali dalam 1 minggu selama 30 menit saja
  5. Hindarilah makanan yang memancing asam lambung seperti, kacang-kacangan atau kol
  6. Hindari juga makanan lemak dan pedas
  7. Jangan minum air bersoda, kopi dan juga alkohol
  8. Hindari kegiatan yang membuat anda stress

Obat Sakit Ulu Hati Sampai Ke Punggung

Obat Sakit Ulu Hati Sampai Ke Punggung

Untuk pengobatan pada sakit ulu hati sampai ke punggung ini tergantung dari apa penyebabnya. Karena terkadang jika sakit ulu hati sampai ke punggung tidaklah lama, maka untuk mengobatinya tidak memerlukan obat. Akan tetapi jika terlalu sering dan juga lama, maka perlu pengobatan secara khusus. Berikut ini obat sakit ulu hati sampai ke punggung yang biasanya direkomendasikan oleh para dokter :

  1. Obat Non Steroid Anti Inflamasi

Obat yang berguna untuk meredakan rasa sakit, demam dan juga peradangan. Salah satu contoh obat non steroid anti inflamasi atau NSAID ini adalah parasetamol. Untuk pengobatan radang tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini.

  1. Penghalang Reseptor H2

Obat ini biasanya diberikan oleh dokter untuk mengobati sakit tukak lambung. Obat ini bisa menurunkan kadar asam lambung pada tubuh anda. Contoh obatnya adalah Ranitidin, Cimetidine.

  1. Antasida Doen

Obat ini adalah obat yang paling sering dipakai untuk mengobati sakit ulu hati. Karena pada obat tersebut mempunyai kandungan zat yang dapat menyeimbangkan asam lambung. Sehingga obat ini sering direkomendasikan oleh para dokter.

πŸ“‹ Recommended  Cara Menghilangkan Bau Badan Pada Anak Kecil yang Efektif !!

Yah itulah tentang sakit ulu hati sampai ke punggung dari penyebabnya, cara mengobatinya sampai dengan obat yang mujarab untuk menyembuhkan sakit ini. Silahkan anda gunakan sebagai bahan referensi untuk mengobati sakit ulu hati anda.

Setelah membaca informasi ini, alangkah baiknya untuk anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis penyakit dalam. Hal ini dilakukan supaya memastikan sakit ulu hati sampai ke punggung anda itu tidak membahayakan.

✰ advertisement ✰