Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Efek Samping Minum Teh Hijau Bila Dikonsumsi Terlalu Banyak

Efek samping minum teh hijau terlalu banyak ternyata tidak baik bagi kesehatan. Teh hijau terbuat dari daun Camellia sinensi sebagai bahan bakunya. Karena proses pembuatannya yang sederhana, teh hijau mampu mempertahankan kandungan antioksidan serta polifenol yang masih tinggi.


cara minum bio7

Antioksidan adalah molekul yang bisa memperlambat/mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi merupakan reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel.

Polifenol (polyphenol) adalah senyawa kimia yang terkandung di dalam tumbuhan dan bersifat antioksidan kuat. Polifenol merupakan kelompok antioksidan yang secara alami ada di dalam sayuran (brokoli, kol, seledri), buah-buahan (apel, delima, melon, ceri, pir, dan stroberi), kacang-kacangan (walnut, kedelai, kacang tanah), minyak zaitun, dan minuman (seperti teh, kopi, cokelat dan anggur merah/red wine). Kedua kandungan inilah yang membuat teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Efek samping minum teh hijau berlebihan

Seperti yang dijelaskan sedikit di atas, konsumsi teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaatnya seperti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mengatasi obesitas, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, dan mencegah terjadinya penyakit alzaimer.

efek samping minum teh hijau efek samping minum teh hijau dampak efek samping minum teh hijauApabila dikonsumsi secara berlebihan, teh hijau justru beberapa bahaya bagi kesehatan dapat mengintip. Berikut ini adalah efek samping atau bahaya minum teh hijau jika dikonsumsi secara berlebihan:

  • Memicu gangguan penyerapan zat besi

Segala jenis teh mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan yang bernama flavonoid. Senyawa ini memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh karena mampu menangkal radikal bebas pemicu kerusakan sel.

📋 Recommended  Efek Samping Buah Pepaya Apabila Dikonsumsi Berlebihan

Sayangnya flavonoid juga dapat mengikat zat besi. Hal ini menyebabkan zat besi tak dapat terserap secara maksimal oleh tubuh. Jika dibiarkan lama-lama, yang terjadi adalah tubuh menjadi kekurangan zat besi.

  • Meningkatkan kadar kalori dalam tubuh

Saat ini banyak sekali produk kemasan teh hijau yang bisa langsung dinikmati. Namun biasanya minuman teh hijau yang sudah dikemas dalam kaleng atau gelas botol sudah ditambah dengan gula atau bahkan pemanis buatan. Gula dan pemanis inilah yang mengganggu manfaat teh hijau bagi kesehatan.

Keberadaannya justru dapat memicu peningkatan kalori yang pasti akan meningkatkan kandungan lemak. Apabila ingin terlalu banyak mengonsumsi, minimal teh hijau yang sudah siap saji, kegemukan pun akan sulit dihindari.

  • Menyebabkan terjadinya komplikasi medis

Lebih mengerikan dan wajib diwaspadai atas konsumsi teh hijau secara berlebihan adalah dapat terjadi komplikasi medis. Konsumsi teh hijau secara berlebihan justru akan membuat orang-orang yang sudah menderita beberapa penyakit misalnya gangguan kecemasan, diare, anemia, dan glukoma menjadi semakin parah.

📋 Recommended  Efek Samping Omeprazole Obat untuk Asam Lambung Tinggi

Bahkan konsumsi teh hijau juga dapat memperburuk kondisi seseorang yang menderita penyakit jantung. Makanya cara minum teh hijau sangat perlu diperhatikan dan dilakukan secara bijak agar tidak berlebihan.

  • Mengalami kelebihan kafein

Jika dibandingkan dengan kopi, kandungan kafein dalam teh hijau justru jauh lebih tinggi. Mengonsumsi teh hijau berlebihan sama halnya dengan mengonsumsi kafein dengan takaran banyak. Beberapa penyakit yang dapat dipicu oleh kafein antara lain sakit perut hingga diare berkepanjangan, insomnia, gelisah, jantung berdebar, dan tremor.

Efek Samping Daun Afrika Sebagai Tanaman Obat Herbal

Setelah mengetahui efek samping minum teh hijau secara berlebihan di atas, sebaiknya mulai saat ini konsumsi teh hijau secara bijaksana. Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan meskipun tergolong bahan herbal dan alami pasti menyebabkan efek samping yang tak baik bagi kesehatan.

✰ advertisement ✰