Bayi 0 bulan Susah BAB Berhari-hari? Lakukan Tips Berikut Ini

Bayi 0 bulan susah BABtentunya membuat orang tua merasa cemas karena sistem pencernaan bayi belum bisa bekerja sebaik sistem pencernaan orang dewasa.

Masalah bayi susah BAB bukanlah hal sepele, karena bisa jadi berakibat fatal bagi tumbuh kembang si anak. Orang tua perlu membekali diri dengan edukasi yang tepat sehingga bisa menghadapi kondisi tidak menyenangkan ini dengan baik.

2Faktor penyebab bayi 0 bulan susah BAB

Penting bagi orang tua memahami apa saja penyebab bayinya mengalami gangguan BAB sehingga kondisi ini bisa dicegah dan segera di atas. Berikut ini penyebab bayi susah BAB:

bayi 0 bulan susah BAB

  • Susu Formula

Bayi yang masih berusia 0 bulan tentunya hanya diberi makan ASI atau susu formula. Sayangnya, beberapa bayi sangat sensitif dengan kandungan protein dari susu formula sehingga bayi akan mengalami masalah BAB.

  • Dehidrasi Bisa Menyebabkan Konstipasi

Bayi terbiasa memperoleh cairan dari ASI atau susu formula. Namun dalam beberapa kesempatan terkadang orang tua ceroboh dengan membiarkan bayinya mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan bayi susah BAB bahkan membuat kotoran bayi lebih sulit dikeluarkan karena terlalu padat.

Cara mengatasi bayi yang susah BAB

Ada beberapa kondisi yang membuat bayi tidak BAB 2 hari tapi kentut atau bahkan tidak BAB dan tidak kentut sama sekali. Untuk mengatasi hal tersebut orang tua bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

Supaya kotoran bayi terdorong usus, usahakan agar bayi aktif bergerak dan karena usianya baru 0 bulan peran serta orang tua jauh lebih penting. Cukup gerakan kaki bayi secara ringan.

Memberikan pijatan ringan pada bayi terutama di bagian bawah pusar akan membuat bayi terasa lebih nyaman. Pijak perlahan secara melingkar dari arah tengah ke luar.

Cara mengatasi bayi susah BAB selanjutnya adalah dengan membatasi atau mengganti susu formula. Bila bayi langsung mengalami konstipasi pasca minum susu formula, maka orang tua bisa menghentikan pemberian susu formula atau menggantinya dengan merek baru.

Memandikan bayi usia 0 bulan memang wajib menggunakan air hangat agar bisa membuatnya nyaman, berikan pijatan lembut di area perut bayi untuk membantu bayi lepas dari BAB.

Sesibuk apa pun pekerjaan ibu, hendaknya berikan bayi 0 bulan ASI. Cukupi kebutuhan ASI ibu selama ibu bekerja agar bayi tidak mengalami dehidrasi. Pemberian ASI pada bayi idealnya dilakukan selama 2 tahun.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Baca juga: Perkembangan Bayi 3 Bulan Pertama

Bayi yang susah BAB harus diatasi dengan cepat dan tepat. Orang tua tidak boleh membiarkan kondisi tersebut berlangsung lama karena bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius bahkan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Selalu pantau terus tumbuh kembang bayi terutama bayi 0 bulan susah BAB sampai berlarut-larut. Jika perlu konsultasikan kondisi lainnya pada dokter anak.