Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan Wajah, Diet dan Rambut

Manfaat Teh Hitam. Kebanyakan orang dan hampir semua kalangan umur suka dengan teh. Minuman yang punya kandungan kafein, katekin, serta antioksidanini memang menjadi minuman yang cocok menemani waktu sore hari sambil bersantai menikmati snack ringan. Salah satu pilihan orang mengkonsumsi teh yaitu teh hitam. Selain bagus buat kesehatan, ternyata ada banyak juga manfaat teh hitam untuk kecantikan.

Sudah bukan rahasia lagi kalau teh punya segudang manfaat yang baik buat kesehatan organ tubuh kalau dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Begitu juga dengan kecantikan kulit wajah yang bisa tetap terjaga kesehatannya sehingga tidak jarang orang, terutama wanita melakukan rutinitas kecantikannya memakai teh hitam.

manfaat teh hitam untuk kecantikan

Buat kamu yang masih belum tahu khasiat teh hitam seperti apa saja, berikut beberapa manfaat yang tidak boleh kamu sepelekan.

Menghilangkan Lingkaran Hitam

Lingkaran hitam terutama di bawah mata merupakan tanda-tanda kalau kamu kurang beristirahat yang cukup. Tentu lingkaran yang hitam seperti panda itu mengganggu penampilan, apalagi kamu terkesan seperti selalu lelah. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan teh hitam buat menguranginya.

Ada kandungan kafein yang ampuh menghilangkan lingkaran hitamnya karena kafein berfungsi buat mengecilkan pembuluh darah yang berada di bawah kulit. Caranya sangat gampang sekali kamu lakukan di rumah. Cukup basahi 2 kantong teh hitamnya, lalu taruh di mata selama kurang lebih 10 menit. Kamu harus melakukannya secara teratur agar lingkaran hitamnya menghilang.

Menenangkan Kulit Wajah Terbakar karena Sinar Matahari

Terlalu lama di luar ruangan, apalagi kota kamu punya musim yang parah sehingga sinar mataharinya memudahkan kulit wajah kamu terbakar. Tentunya paparan sinar matahari yang terus menerus menusuk kulit akan membuat kulit menjadi gampang menghitam dan terasa panas atau perih kalau dibiarkan begitu saja.

Kandungan tannic acid-nya berfungsi menenangkan kulit yang terbakar sehingga rasa panas atau pun perih bisa cepat berkurang. Cara mengaplikasikannya, kamu seduh dulu teh pada suatu wadah. Kalau sudah cukup dingin, masukan handuk kecil dan kompres kulit kamu dengan handuk itu. Biarkan saja selama 30 menit.

Selain memakai handuk, kamu bisa langsung memakai kantong teh hitamnya, dengan menempelkan langsung di permukaan kulit wajah kamu.

Dipakai Sebagai Toner

Manfaat teh hitam untuk kecantikan selanjutnya yaitu sebagai toner. Kalau stok toner kamu sudah habis, kamu bisa menggantinya dengan memakai toner. Kamu bisa memakai kantong tehnya atau daun tehnya langsung sebagai toner yang ampuh karena adanya kandungan astringen teh.

Kamu yang memakainya secara rutin, tentu minyak di wajah kamu bisa semakin terkontrol dan membuat kulit wajah kamu tetap bersih sepanjang hari. Caranya hanya mengoleskan 1 kantung teh hitam pada permukaan kulit wajah kamu setiap pagi, lalu membersihkannya dengan handuk kering yang bersih.

Bisa Sebagai Scrub

Kalau kamu terbiasa memakai scrub, tidak ada salahnya kamu memakai scrub teh hitam menjelang tidur atau pada pagi harinya. Kandungan antioksidan pada teh hitam akan membuat kulit wajah kamu terasa lembut dan terdehidrasi dengan baik sehingga kulit wajahmu tidak akan gampang kering juga.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Caranya, jangan buang kantung teh yang sudah terpakai tapi biarkan saja sampai kantungnya mengering. Buka kantungnya dan gunakan daun teh di dalamnya sebagai scrup wajah kamu. Gunakan secara merata dan tunggu selama 15 menit. Bersihkan dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.
Baca juga: Efek Samping Teh Hijau

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat teh hitam untuk kecantikan yang ampuh, sebaiknya lakukan secara rutin. Kamu bisa melakukannya di pagi hari atau menjelang tidur untuk mengoptimalkan kesehatan kulit wajah kamu. Daripada kamu memakai metode suntik buat kecantikan, lebih baik mulailah memakai teh hitam sebagai rutinitas kecantikanmu.