Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Efek Samping Teh Hijau jika Berlebihan dan Cara Minumnya Salah

Efek samping teh hijau memang ada baiknya perlu diperhatikan untuk mencegah konsumsi berlebihan. Teh hijau sendiri merupakan minuman yang sudah lama dikenal khasiatnya. Salah satunya seperti untuk membantu menurunkan berat badan maupun untuk membantu menghilangkan rasa sakit seperti pusing, mual, gangguan perut dan sebagainya.


Sayangnya teh hijau ini juga mengandung kafein. Kandungan kafein dalam teh jenis ini sekitar 2-4 persen sehingga konsumsi teh hijau berlebihan dalam jangka panjang juga dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

Cara meminum teh hijau yang benar

Cara minum teh hijau bisa mempengaruhi khasiat yang diberikan bagi tubuh. Saat ingin menyiapkan teh ini, penyeduhan tak boleh sebentar dan harus benar-benar warnanya jadi pekat. Selain itu sebaiknya jangan ditambahkan gula. Cukup ambil tea bag atau daun teh hijau kemudian seduh dengan air panas sampai pekat.

πŸ”—  Efek Samping Obat Tramadol Bagi Kesehatan, Waspada!

Selain itu teh hijau jangan didiamkan terlalu lama, harus segera diminum sebab kalau tidak segera diminum akan teroksidasi. Lalu berapa banyak sebaiknya teh hijau yang dikonsumsi setiap hari agar menghindari efek samping?

✰ ads ✰

2-3 cangkir teh hijau per hari dianggap masih wajar untuk mereka dengan kesehatan normal. Kecuali jika Anda mempunyai gangguan kesehatan tertentu seperti susah tidur, anemia, refluks asam lambung, dan lainnya. Hal ini karena kafein yang terdapat di dalamnya ditakutkan akan membawa efek buruk bagi Anda sehingga batasi konsumsi teh hijau tersebut.

efek samping teh hijau

Berbagai Efek samping teh hijau yang kurang baik bagi tubuh

  1. Sakit kepala

Teh hijau yang mengandung kafein di dalamnya bisa menyebabkan sakit kepala dari yang ringan sampai berat. Makanya tak disarankan mengonsumsi minuman teh ini berlebihan.

  1. Gangguan di perut

Kafein di dalam teh hijau dapat meningkatkan asam lambung di perut sehingga berdampak pada sistem pencernaan. Perut bisa terasa sakit ataupun rasa mual.

  1. Defisiensi zat besi

Menurut sebuah studi, konsumsi teh hijau berlebihan bisa menyebabkan anemia. Hal ini karena zat besi yang diserap tubuh dari makanan jadi berkurang akibat mengonsumsi teh. Tanin dan Polifenol yang terkandung di dalam teh hijau disebut menghalangi penyerapan zat besi.

  1. Susah tidur

Seperti yang sudah dijelaskan, kandungan kafein di dalam teh hijau dapat menyebabkan seseorang jadi susah tidur. Kafein ini bisa menghambat zat kimia penginduksi tidur di otak.

  1. Diare

Kafein rupanya juga mempunyai efek pencahar yang kalau dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu terjadinya sakit diare. Jadi, sebaiknya jangan meminum teh hijau saat perut masih kosong dan minumlah dalam jumlah sedang.

  1. Kontraksi otot

Konsumsi teh ini berlebihan bisa menyebabkan kejang otot dan kedutan. Hal ini disebabkan kafein sering dikaitkan dengan sindrom kaki gelisah yang memaksa otot rangka di tubuh berkontraksi dan memicu terjadinya kejang pada otot.

  1. Perut mulas dan rasa mual ingin muntah

Teh hijau memiliki sifat asam yang dapat membuat iritasi pada lapisan esophagus sehingga menyebabkan perut mulas. Selain itu, polifenol dalam teh hijau dapat memicu stress oksidatif yang membuat mual dan muntah.

πŸ”—  Efek Samping Kunyit Apabila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Selain beberapa gangguan di atas, rupanya konsumsi teh hijau secara berlebih juga dapat menyebabkan efek samping berupa gangguan kontrol kadar gula darah pada penderita diabetes, memicu osteoporosis, dan berbagai komplikasi medis lainnya.

Carilah merk teh hijau yang bagus seperti Kepala Djenggot, Tong Tji dan merk-merk yang sudah terpercaya di pasaran. Teh hijau yang bagus diharapkan diproses dengan benar dan tanpa bahan-bahan kimia aneh lainnya sehingga bisa semakin mencegah efek samping teh hijau yang tak diharapkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

✰ advertisement ✰