Efek Samping Masker Spirulina Palsu & Jika Sudah Kadaluarsa

Efek samping masker spirulinapalsu sangat membahayakan konsumen. Kandungan yang terkandung dalam masker spirulina palsu jauh berbeda dari yang asli. Sayangnya masih banyak konsumen yang tidak bisa membedakan antara produk yang palsu dan asli sehingga mudah tertipu.

Efek negatifnya, kulit wajah bukannya tampak bersih dan sehat  justru menjadi rusak dan tidak sehat. Agar tidak mengalami kejadian tidak menyenangkan akibat membeli spirulina palsu, alangkah baiknya jika memahami perbedaan di antara masker yang asli dan palsu berikut.

efek samping masker spirulina palsu dan kadaluarsa

Cara jitu membedakan spirulina asli dan palsu

Secara fisik sekilas spirulina asli dan palsu tampak sangat mirip. Tapi bila diperhatikan dengan lebih seksama, kita akan menemukan beberapa perbedaan. Berikut ini cara mudah dan tepat membedakan spirulina asli dan palsu:

  • Perhatikan Warnanya

Bila hanya dilihat selama beberapa detik saja, mungkin tidak akan terlihat perbedaannya. Namun jika dilihat dengan lebih lama, masker spirulina asli memiliki warna hijau yang jauh lebih pekat. Sedangkan spirulina asli menunjukkan warna hijau cerah.

Saat ditambahkan air, bubuk spirulina asli akan menghasilkan tekstur yang kental. Berbanding terbalik dengan spirulina palsu yang hasil maskernya jauh lebih encer. Sebelum benar-benar membeli produknya, minta testernya terlebih dahulu untuk memeriksa tekstur dan warnanya.

  • Periksa Ukuran Kapsul

Sebelum mengeluarkan uang untuk membeli spirulina, tidak ada salahnya untuk meminta sampel kapsulnya terlebih dahulu. Setelah mendapatkan sampel, perhatikan dengan baik ukuran kapsulnya.

Kapsul spirulina asli memiliki panjang yang tidak seimbang, di mana salah satu sisinya jauh lebih panjang. Sedangkan kapsul spirulina palsu selalu diproduksi dengan ukuran panjang yang sama.

✔️  Efek Samping Masker Kopi Bagi Kesehatan dan Kulit Wajah
  • Kemasan Masih Tersegel

Perbedaan masker spirulina asli dan palsu sebenarnya bisa kita perhatikan dari bentuk kemasannya. Ketika ditawari spirulina, jangan menerima produk dengan kemasan yang penyok atau rusak.

Perhatikan pula segel pada kemasan, apa masih dalam kondisi sempurna atau tidak? Spirulina asli dijual dalam kemasan encer dengan jumlah kapsul sekitar 10-25 dan kemasan botollan dengan jumlah 100 kapsul.

  • Aroma

Detail lain yang sering terlewatkan saat membeli spirulina adalah aroma. Spirulina palsu memiliki aroma amis yang sangat tajam. Aroma amis ini diperoleh dari campuran bahan kimia berbahaya. Sedangkan spirulina asli dibuat dari ganggang hijau yang berkembang biak di air laut dan air tawar. Aroma kapsul maskernya sedikit amis tapi tidak setajam spirulina palsu.

Efek samping masker spirulina palsu

Sebaik apapun klaim promosi yang dilakukan, yang namanya produk palsu tidak akan memiliki kebaikan bila dibandingkan dengan produk asli. Berikut ini efek samping berbahaya yang ditunjukkan pasca menggunakan spirulina palsu:

  • Kulit terasa perih

Pada pemakaian masker spirulina palsu untuk yang pertama kali, pengguna akan merasa tidak nyaman. Kulit yang awalnya baik-baik saja menjadi terasa perih. Rasa perih tidak berhenti setelah pemakaian pertama namun akan terus berlanjut ketika menggunakan produk.

Sayangnya reaksi masker spirulina palsu ini sering kali dianggap penyesuaian kulit dengan nutrisi produk oleh para konsumen. Padahal kenyataannya kulit sedang menunjukkan tanda-tanda ketidakcocokan dengan kandungan berbahaya spirulina palsu.

  • Kulit Terasa Sangat Gatal

Selain merasakan rasa perih yang tidak menyenangkan, pengguna spirulina palsu juga mengeluhkan rasa gatal yang menyiksa. Rasa gatal yang hanya terjadi sekali pada proses penggunaan spirulina asli merupakan hal normal.

✔️  Cara Membuat Masker Pepaya untuk Jerawat di Wajah

Namun rasa gatal yang muncul setelah pemakaian masker spirulina palsu terjadi tidak hanya sekali. Gatal yang dirasakan sangat berlebihan, bahkan tidak lekas menghilang setelah wajah dibilas dengan air bersih selama berkali-kali. Ketika mengalami ancaman bahaya spirulina palsu ini sebaiknya segera menghentikan penggunaan produk.

  • Muncul Jerawat

Salah satu klaim yang dipopulerkan oleh spirulina asli adalah mencegah munculnya jerawat sekaligus mengatasi masalah jerawat. Proses detoksifikasi yang dibutuhkan oleh spirulina asli untuk mengatasi jerawat kurang lebih selama satu minggu.

Jika setelah pemakaian ke-8 kulit wajah tetap berjerawat bahkan jerawat yang muncul sangat banyak maka patut waspada. Karena bisa jadi masker spirulina yang digunakan selama ini adalah produk palsu.

  • Kulit Mengalami Iritasi

Manfaat menggunakan masker spirulina 2-3 kali dalam seminggu antara lain mencerahkan kulit wajah, mengatasi jerawat bahkan menghilangkan kerutan. Namun, dengan mengaplikasikan masker spirulina palsu efek positif yang diharapkan justru tidak terjadi.

Malah yang ada kulit wajah mulai menunjukkan tanda-tanda iritasi kulit yang sangat parah.  Entah terasa sangat perih dan gatal atau yang paling parah muncul banyak jerawat. Jika dibiarkan begitu saja, kulit wajah akan rusak.

Ciri-ciri masker spirulina kadaluarsa

Sebelum membeli produk kecantikan kulit termasuk masker spirulina, jadilah konsumen yang cerdas dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa produk. Tanggal kadaluarsa spirulina asli umumnya hingga 3 tahun. Lewat dari tiga tahun sudah bisa dipastikan jika produk sudah tidak layak pakai.

Berikut ini ciri-ciri masker spirulina yang sudah expired alias tidak layak pakai:

  • Warna
✔️  Cara Membuat Masker Beras untuk Memutihkan Wajah

Pertama-tama, perhatikan warnanya. Masker spirulina yang sudah expired akan menghasilkan warna hijau terang bahkan kehitaman. Berbanding terbalik dengan masker spirulina yang masih bagus, warnanya hijau pekat kebiruan.

  • Tekstur

Selain warna, perhatikan pula tekstur bubuk maskernya. Saat mengeluarkan isi bubuk kapsul masker spirulina coba cek teksturnya dengan tangan. Masker spirulina expired jauh lebih kasar bahkan mudah menggumpal. Masker spirulina bagus memiliki tekstur yang lebih halus.

  • Aroma

Masker spirulina mungkin memiliki masa expired yang sangat lama. Namun setelah membeli, ada baiknya jika langsung menggunakan produk secara teratu. Lebih cepat maskernya habis maka lebih baik.

Ciri masker spirulina yang sudah kadaluarsa lainnya adalah perbedaan aroma. Produk asli yang masih dalam kondisi bagus akan mengeluarkan aroma amis yang khas. Aroma amis ini dihasilkan dari bahan baku masker yakni ganggang hijau.

Bila karakter aroma yang keluar sangat berbeda dengan aroma yang biasa, pikirkan kembali untuk menggunakan produk tersebut. Bisa jadi itu bukan spirulina asli atau spirulina asli yang sudah kadaluarsa.

  • Harga

Spirulinamerupakan produk kecantikan yang sangat populer di Indonesia. Harga paket kapsul antara penjual satu dan lainnya bisa sangat berbeda. Saat membeli, cobalah untuk melakukan survey harga terlebih dahulu.

Impian untuk memiliki kulit wajah, tubuh dan rambut yang cantik membuat kita rela membayar mahal untuk membeli produk terbaik. Sayangnya, teknologi masa kini memungkinkan seseorang untuk membuat produk tiruan.
Baca juga: Cara Pakai Masker Spirulina yang Tepat agar Hasilnya Maksimal

Buat perbandingan perbedaan harga dari distributor spirulina original Indonesia dengan pedagang lainnya. Bila produk yang dijual jauh lebih murah dari harga pasaran distributor resmi maka bisa jadi produk yang dijual merupakan barang kadaluarsa.

Agar tidak salah beli spirulina, baik yang sudah kadaluarsa atau palsu. Perhatikan informasi yang telah dijelaskan secara lengkap di atas. Salah satunya, informasi tentang efek samping masker spirulinapalsu. Sebagai konsumen kita bebas memilih untuk membeli produk asli atau palsu.