Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Masker Jeruk Nipis Setiap Hari, Manfaat dan Efek Samping

Pemakaian masker jeruk nipis setiap hari rupanya memberikan efek samping yang harus Anda tahu. Memang pemakaian secara konsisten namun tak setiap hari memberikan manfaat yang bagus khususnya untuk kecantikan. Jeruk nipis sering dijadikan bahan berbagai macam produk kecantikan dan salah satunya untuk masker wajah. Pemakaian jeruk nipis dipercaya mampu mengatasi wajah berjerawat serta berminyak.


bahayakah pakai masker jeruk nipis setiap hari, efek samping jeruk nipis untuk wajah, efek samping masker jeruk nipis, manfaat masker jeruk nipis setiap hari

12 Manfaat pemakaian masker jeruk nipis

Manfaat masker jeruk nipis didapat dari kandungannya seperti zat asam alfa-hidroksi (AHA). Zat ini bisa membantu membuka pori-pori wajah yang tersumbat. Lalu jeruk nipis juga menawarkan kandungan anti-bakteri sehingga dapat menghilangkan jerawat membandel.

πŸ”—  Efek Samping Donor Darah saat Haid atau Menjelang Menstruasi

masker jeruk nipis setiap hari, manfaat masker jeruk nipis, efek samping masker jeruk nipis setiap hari

Lebih jelasnya, simak manfaat penggunaan masker jeruk nipis di bawah:

✰ ads ✰
  • Membantu menghilangkan jerawat dan bekas-bekasnya
  • Membersihkan kulit wajah yang kelihatan kusam
  • Menghilangkan komedo
  • Mengangkat sisa-sisa kosmetik yang masih menempel
  • Mengatasi kulit wajah berminyak
  • Mengangkat sel-sel kulit mati
  • Menghaluskan kulit wajah yang kering dan kasar
  • Mengencangkan kulit wajah
  • Menyamarkan bintik dan noda hitam
  • Sebagai anti-aging yang mengurangi tanda-tanda penuaan dini
  • Menetralisir racun-racun di kulit wajah
  • Mengecilkan pori-pori kulit

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari masker jeruk nipis ini. Apalagi jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai eksfolian (pengelupas kulit) pada sel-sel kulit yang telah mati.

πŸ”—  Efek Samping Cream HN Crystal bagi Kesehatan dan Kulit

Cara membuat masker jeruk nipis alami sangatlah gampang. Masker alami lebih dianjurkan daripada pembelian produk berbahan kimia. Anda bisa mengoleskan air perasan jeruk nipis langsung ke bagian wajah bermasalah. Jika ingin meningkatkan manfaat jeruk nipis, maka dapat dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya seperti yoghurt. Kombinasi ini bisa membantu menghaluskan kulit serta menghambat penuaan dini.

Efek samping pemakaian masker jeruk nipis setiap hari

Dibalik manfaatnya, rupanya terdapat efek samping masker jeruk nipis yang bisa terjadi karena pemakaian yang berlebihan. Efek samping tersebut antara lain:

  1. Menyebabkan kulit kering

Pemakaian masker jeruk nipis yang setiap hari sangatlah tak cocok jika kulit wajah termasuk sensitif. Ada baiknya pemakaian dibatasi atau dihindari, kulit sensitif dapat terasa perih dengan pemakaian jeruk nipis ini.

  1. Wajah memerah

Jika masker jeruk nipis kurang cocok pada kulit wajah Anda, maka bisa menimbulkan iritasi seperti kemerahan di wajah. Ada baiknya jika sudah terjadi semacam ini, pemakaian dihentikan.

  1. Wajah jadi terlalu kering

Efek samping lainnya yaitu membuat kulit jadi terlalu kering. Wajah yang mengering ini sebagai akibat dehidrasi pada kulit karena kekurangan kelenjar minyak pada lapisan kulit di bagian bawah. Sebagai solusi, setelah pemakaian masker jeruk nipis maka ada baiknya gunakan pelembab wajah.

  1. Timbul jerawat baru

Pemakaian masker jeruk nipis secara berlebihan bisa menyebabkan timbulnya jerawat yang baru. Hal ini dapat terjadi apabila masker tersebut kurang cocok sehingga membuat kulit iritasi dan meradang. Sebaiknya pemakaian dihentikan sementara.

  1. Muncul rasa nyeri/ perih

Rasa nyeri atau perih bisa saja terjadi saat masker wajah jeruk nipis dioleskan pada kulit. Hal ini memang bergantung dari reaksi kulit masing-masing orang. Namun apabila memang terasa nyeri/ perih saat mengoleskan masker wajah itu, sebaiknya segera bilas wajah dan hentikan pemakaian.

  1. Peka terhadap paparan sinar ultraviolet

Pemakaian masker jeruk nipis dapat menyebabkan kulit jadi sensitif terhadap paparan sinar UV dari matahari. Kulit wajah bisa jadi timbul kemerahan dan terasa nyeri, sebaiknya hentikan penggunaan masker kalau terjadi hal seperti ini.

πŸ”—  Efek Samping Rebusan Daun Sirsak Jika Dikonsumsi Berlebih

Itulah beberapa manfaat serta efek samping dari masker jeruk nipis setiap hari yang amat penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat,

✰ advertisement ✰