hamilplus.com

Efek Samping Lidah Buaya buat Kesehatan, Ada yang Berbahaya!

Efek samping lidah buaya atau aloe vera jika dikonsumsi secara berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan. Lidah buaya merupakan sebuah tanaman yang tidak diragukan lagi khasiatnya. Adanya perkembangan teknologi membuat lidah buaya menjadi salah satu bahan baku bagi berbagai produk makanan sehat dan produk kecantikan.

Lidah buaya tidak mengandung zat toksin atau racun sehingga aman untuk dikonsumsi. Khasiat tanaman lidah buaya telah diketahui sejak ribuan tahun lalu. Secara historis, tanaman  ini dianggap dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Efek samping lidah buaya yang wajib diketahui

Manfaat lidah buaya dapat sangatlah banyak. Lidah buaya dapat dioles secara langsung atau dikonsumsi secara oral. Berbagai penyakit dapat disembuhkan dengan lidah buaya seperti luka sayat atau bakar, menyehatkan rambut, menetralkan tekanan darah dan masih banyak lagi.

Di balik itu semua, terdapat beberapa efek samping daun lidah buaya yang dapat muncul, antara lain:

  • Dapat meningkatkan kolesterol

Ketika mengonsumsi lidah buaya, sebaiknya pola makan juga harus benar-benar dijaga. Selain itu, konsumsi air putih juga wajib ditingkatkan. Hal ini untuk mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit termasuk penyakit jantung.

baca :  Efek Samping Minum Rebusan Daun Sirih, Efek No 3 Berbahaya !!

efek samping lidah buaya efek samping lidah buaya efek samping lidah buaya dampak

  • Menyebabkan alergi

Bagi beberapa orang, mengonsumsi lidah buaya juga dapat menyebabkan berbagai alergi seperti gatal-gatal, kulit ruam, iritasi, hingga diare. Maka sebaiknya lakukan pengecekkan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi lidah buaya. Pengecekkan dilakukan supaya tahu apakah tubuh dapat menerima lidah buaya atau justru terkena alergi.

Cara agar dapat mengetahui reaksi tubuh alergi atau tidak, pengecekkan dapat dilakukan dengan mengoleskan sedikit lidah buaya ke kulit bagian belakang telinga. Tunggulah beberapa menit. Apabila terjadi gatal-gatal atau perih, dapat diartikan bahwa orang tersebut memiliki alergi terhadap lidah buaya.

  • Meningkatkan kadar gula dalam darah

Lidah buaya memang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tapi jika mengonsumsi secara berlebihan justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini disebabkan penurunan kadar gula yang sangat tajam sesuai kinerja lidah buaya. Penurunan kadar gula yang terlalu tajam dapat membuat keseimbangan tubuh penderita diabetes menjadi tak stabil.

  • Membahayakan kandungan

Dari sekian jenis lidah buaya, memang tidak ada jenis lidah buaya yang beracun. Namun lidah buaya memang memiliki kandungan zat kimia yang jika dikonsumsi oleh ibu hamil justru malah dapat memberi pengaruh buruk bagi pertumbuhan janin. Ibu hamil memang sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi aloe vera.

  • Menyebabkan kematian

Efek samping yang terakhir ini adalah efek samping yang paling menakutkan. Konsumsi lidah buaya secara berlebihan akan memicu terjadinya diare jangka panjang. Jika diare terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka tubuh akan mulai kehabisan cairan. Efek paling buruk atas kondisi ini adalah kematian.

baca :  Efek Samping Minyak Bulus Papua/Mustika Ratu, Apakah Ada?

Efek samping Manjakani untuk rahim, Benarkah bisa jadi kering?

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa efek samping lidah buaya yang perlu diketahui. Informasi tersebut juga dapat dijadikan pertimbangan sebelum mengaplikasikan atau mengonsumsi lidah buaya. Terpenting adalah segera berhenti apabila terjadi tanda-tanda alergi dan mengonsumsi lidah buaya dengan takaran yang tepat atau tidak berlebihan.

⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆