Cara Menghilangkan Sablon pada Baju/Kaos, Jaket, Tas, Topi

Cara Menghilangkan Sablon Berdasarkan Jenis Bahan yang Digunakan– Dalam dunia sablon, terdapat beberapa jenis bahan yang dipakai untuk menyablon sebuah kaos. Bahan yang paling umum digunakan adalah jenis poilyflex, ruber, dan pigmen.

Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jika kamu ingin mengubah desain kaos dan ingin menghapus sablon yang ada, kamu harus mencermati jenis sablon yang dipakai.

cara menghilangkan sablon

Saat kamu sudah paham jenis bahan sablon yang diaplikasikan, kamu dapat menghilangkannya dengan bahan dan alat yang sesuai, sehingga sablon lama dapat terhapus tanpa meninggalkan jejak sisa pada kain kaos. Kamu dapat menyablonnya kembali sesuai keinginanmu.

Jenis Sablon Polyflex

Biasanya bahan sablon jenis ini banyak ditemui pada baju jersey, distro, atau jaket. Sablon polyflex menggunakan mesin pada proses penyablonannya. Biasanya sablonnya tipis dan lentur.

Jika telah terpakai dalam durasi yang lama, kemungkinan pecah dan menimbulkan garis-garis tipis sangat besar. Cara menghilangkan sablon pada jenis bahan polyflex dapat kamu lakukan dengan cara berikut ini.

  1. Siapkan setrika, alkohol, dan kain tak terpakai
  2. Panaskan setrika 3-5 menit
  3. Alasi sablon yang ingin dihapus dengan kain, diamkan setrika di atasnya sekitar 5-7 detik
  4. Saat kondisi panas, tuang alkohol di atas sablon
  5. Sablon akan segera mengerut dan kamu bisa menghapusnya dengan kain
  6. Untuk hasil maksimal, kamu bisa mencucinya agar sablon yang tertempel dapat menghilang tanpa bekas.

Cara Menghilangkan Sablon Jenis Ruber

Sebagian besar penggunaan sablon ini diaplikasikan pada kain hitam atau berwarna gelap. Ciri sablonannya sangat elastis dan timbul.

Cara menghilangkan sablon pada jenis bahan ruber bisa menggunakan cairan M3/M4 yang dibeli pada perlengkapan sablon. Biasanya dibandrol pada harga Rp7 ribu-Rp10 ribu rupiah per botol. Bagaimana cara kerjanya?

  1. Siapkan cairan M3/M4, kain yang tidak terpakai, dan sikat gigi atau sikat cuci
  2. Tuang cairan M3/M4 pada kain, gosok perlahan pada sablon yang ingin dihapus
  3. Bersamaan dengan itu, sikat bagian yang telah dituang cairan secara perlahan
  4. Ulangi hingga sablon menghilang 99%
  5. Cucilah baju tersebut agar menghilangkan sisa lem dan sablon yang masih menempel

Jenis Sablon Pigmen

Berkebalikan dengan jenis Ruber, sablon Pigmen biasanya dipakai untuk kain berwarna terang. Sablon satu ini bersifat seperti tinta, sehingga menyerap hingga ke serat kain.

Bahan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan jenis sablon Ruber. Cara menghilangkan sablon pada jenis bahan pigmen adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan cairan M3/M4, sikat gigi atau sikat cuci, dan kain yang tidak terpakai
  2. Tuang cairan M3/M4 pada sisi belakang baju untuk menghindari kelunturan warna pada kaos atau baju yang ingin dihilangkan sablonnya
  3. Tunggu hingga cairan meresap ke bagian sablon depan
  4. Diamkan beberapa menit
  5. Sablon akan mulai mengerut, kemudian kamu bisa menghapusnya dengan kain
  6. Sikat sablon hingga menghilang dan tidak tersisa
  7. Setelah sablon terangkat, cuci baju tersebut untuk memaksimalkan pembersihan

Alternatif bahan lain yang bisa digunakan untuk kain berwarna terang adalah dengan cairan pemutih. Hanya saja, cairan ini lebih efektif untuk kain putih saja.

Selain dapat mempertahankan warna, cairan pemutih memiliki bahan yang cukup keras dan ampuh menghilangkan sablon dengan cepat.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Kamu bisa langsung mengeksekusi cara menghilangkan sablon ini di rumah dengan bahan-bahan yang telah dijabarkan. Bahan yang digunakan cukup mudah didapat dan dibeli pada perlengkapan toko sablon.

Kamu bisa mengubah desainnya dengan jenis bahan sablon lain atau membiarkannya polos tanpa sablon sama sekali. Selamat mencoba! Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP/Laptop