Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

12 Tips Beli Laptop Berkualitas yang Cocok Buat Kebutuhanmu

Perkembangan teknologi smartphone dan tablet sepertinya tidak bisa menggantikan laptop begitu saja.  Pasalnya, laptop tetap menjadi kebutuhan bagi beberapa kalangan untuk membantu aktifitas keseharian mereka.


Sebut saja para mahasiswa, pelajar, karyawan kantor dan para pekerja kreatif yang harus mengerjakan pekerjaan mereka sesuai deadline. Laptop bisa menjadi teman setia mereka karena dapat digunakan kapan saja dan dimana saja.

Saat membeli laptop, tentu kamu ingin membeli sebuah laptop yang benar-benar memiliki performa yang bagus dan dapat diandalkan. Kualitas laptop menjadi parameter saat kita ingin membelinya, tentu kamu tidak ingin laptop yang kamu beli tidak berumur panjang.

Mestinya sebuah laptop paling tidak dapat bertahan selama 3 tahun, bahkan bisa lebih. Nah, oleh sebab itu kamu harus bisa memilah dan memilih laptop mana yang akan kamu beli.

12 Tips Membeli Laptop yang Berkualitas

Sebelum membeli laptop, ada beberapa faktor yang perlu kamu berhatikan agar kamu tidak kecewa setelah membeli laptop karena ternyata tidak seperti yang kamu inginkan. Berikut 12 tips yang perlu kamu ketahui untuk mendapatkan laptop yang berkualitas yang cocok buat kamu.

  1. Desain Laptop

Saat ini ada banyak laptop yang memiliki desain yang menarik seperti ukurannya yang sangat tipis hingga model laptop yang layarnya bisa dilepas hingga berbentuk seperti tablet. Meski desainnya menarik, sebaiknya perhatikan ketahanannya khususnya laptop yang layarnya bisa diputar 360 derajat.

tips beli laptop berkualitas desain laptop netbook

Sebelum kamu putuskan laptop mana yang akan kamu beli, sebaiknya coba dulu demo unitnya. Perhatikan engsel-engselnya apakah kuat atau rapuh. Pegang dan rasakan kualitas bahan yang digunakan. Terlebih jika kamu ingin membeli ultrabook atau perangkat laptop yang bisa dilepas, kamu harus benar-benar memastikan laptop tersebut memiliki kualitas dan ketahanan yang bagus.

  1. Kenyamanan Keyboard

Selain desain yang menarik, spesifikasi yang tinggi menjadi kriteria utama ketika membeli sebuah laptop. Namun sebaiknya perhatikan juga kenyamanan saat kamu menggunakannya khususnya kenyamanan keyboardnya mengingat kamu akan menggunakannya dalam waktu yang lama.

tips beli laptop berkualitas keyboard design

Rasakan dengan jari-jemarimu apakah keyboardnya terasa nyaman apa tidak. Perhatikan jarak antar tombol keyboard, lampu indikator serta saat tombol keyboard ditekan. Semua harus terasa nyaman saat digunakan karena kebayakan aktifitasmu akan mengandalkan keyboard. Apalagi jika kamu seorang penulis atau mahasiswa yang akan menggunakan laptop untuk menyelesaikan tugas skripsi.

  1. Hybrid vs Konvensional

Saat ini, laptop hybrid menjadi pilihan banyak orang karena memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan laptop konvensional. Ukurannya yang tipis, bobotnya yang ringan hingga fiturnya yang modern seperti laptop 2-in-1 menjadikannya lebih menarik dan lebih up to date.

netbook laptop hybrid Asus Transformer Book T100TA tips beli laptop berkualitas

Meski demikian sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhanmu apakah kamu akan menggunakan laptop untuk pekerjaan berat ataukah hanya untuk tugas-tugas ringan. Jika kamu ingin sebuah laptop yang portable untuk mendukung pekerjaan yang ringan sebaiknya pilih laptop hybrid. Namun jika kamu ingin sebuah laptop yang akan digunakan untuk pekerjaan berat dan serius maka laptop konvensional akan lebih membantu.

  1. Dukungan Fitur Keamanan

Data-data penting yang tersimpan dalam laptop tentu akan lebih aman jika ada fitur keamanan tambahan pada sebuah laptop. Keamanan dengan hanya mengandalkan sebuah password saat ini tidak cukup aman mengingat perkembangan teknologi yang dapat dengan mudah menjebol password tersebut. Jika kamu mengutamakan keamanan data-data yang kamu miliki sebaiknya pilihlah laptop yang memiliki fitur keamanan yang lebih modern seperti sensor sidik jari (fingerprint sensor) atau Windows Hello.

📋 Recommended  5 Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Telah Dicuri / Hilang

tips beli laptop berkualitas finger print sensor sidik jari keamanan

Windows hello merupakan fitur keamanan canggih yang dimiliki sistem operasi windows 10. Fitur ini menggunakan otentikasi biometrik berupa sidik jari, identifikasi wajah serta iris mata sebagai pengganti password. Fitur keamanan dari windows ini terkenal lebih aman karena tidak cukup mengandalkan sebuah software saja melainkan sebuah laptop juga harus memiliki hardware khusus seperti sensor inframerah dan kamera Real Sense 3D sehingga tidak mudah dijebol.

  1. Ketahui Apa Kebutuhan Kamu

Saat membeli laptop sebaiknya tanyakan pada diri sendiri, “Untuk keperluan apa laptop yang akan dibeli?” apakah sekedar untuk menulis, browsing, membuka email ataukah untuk untuk pekerjaan berat seperti mengedit foto, merender video, membuat film animasi 3D hingga bermain game dengan tuntutan grafis yang tinggi. Beda keperluan tentu beda pula spesifikasi yang dibutuhkan.

tips beli laptop berkualitas render video murah

  1. Spesifikasi Teknis Yang Tepat

Setelah kamu tahu apa kebutuhanmu, selanjutnya pilihlah spesifikasi yang tepat untuk menunjang aktifitas yang akan kamu lakukan. Perhatikan jenis prosesor yang digunakan, perhatikan pula besarnya RAM dan jenis VGA ya ng disematkan pada laptop yang akan kamu beli.

Semakin cepat prosesor dan semakin besar RAM yang digunakan tentu akan mempercepat dan mempermudah pekerjaan yang kamu lakukan. Jika kamu mengingikan laptop khusus untuk bermain game, pilihlah yang memiliki kartu grafis VGA khusus untuk game. Jangan lupa, pastikan laptop tersebut memiliki media penyimpanan berkapasitas cukup besar untuk menampung semua datamu.

  1. Portabilitas

Salah satu alasan orang memilih laptop adalah ukurannya yang tidak begitu besar sehingga mudah dibawa kemana-mana. Nah, buat kamu yang punya mobilitas tinggi, dan mengharuskan membawa laptop untuk menunjang aktifitasmu, sebaiknya perhatikan portabilitas sebuah laptop yang akan kamu beli.

tips beli laptop berkualitas casing kokoh

Pastikan laptop memiliki casing yang kokok, solid dan tidak ringkih. Ukuran dan berat laptop juga harus kamu perhatikan mengingat laptop ini harus kamu bawa kemana-mana, pilihlah laptop yang ringan, tipis, degan ukuran layar yang tidak begitu besar seperti 11 inch. Namun jika kamu jarang membawa laptop keluar rumah, sebaiknya pilihlah laptop dengan ukuran layar yang besar agar kamu lebih nyaman ketika menggunakannya.

  1. Daya Tahan baterai

Seperti yang kamu ketahui, kebanyakan laptop yang dijual saat ini tidak memiliki baterai dengan kapasitas yang besar sehingga tidak dapat digunakan untuk waktu yang lama. Rerata hanya bisa digunakan selama 6-8 jam saja. Tentu daya tahan baterai seperti ini akan sangat mengganggu buat kamu yang harus bekerja dengan laptop dimana dan kapan saja.

📋 Recommended  Rekomendasi Laptop Asus Harga 3 Jutaan Kualitas Terbaik

tips beli laptop berkualitas baterai

Selain itu, baterai termasuk bagian dari laptop yang cepat rusak jika tidak dirawat dengan baik. Rerata dapat berfungsi secara maksimal tidak lebih dari dua tahun. Untuk itu, lakukan perawatan baterai dengan baik agar awet, berumur panjang dan dapat bekerja secara maksimal.

  1. Kualitas Layar

Tidak seperti layar yang dimiliki sebuah smartphone yang memiliki kualitas yang semakin bagus, layar pada laptop umumnya jauh dibawah kualitas layar smartphone. Untuk itu, sebaiknya perhatikan kualitas layar laptop yang akan kamu beli seperti berapa resolusinya dan jenis layar apa yang digunakan.

Perhatikan pula warna yang dihasilkan oleh monitor apakah tajam atau tidak, jangan sampai ketika disandingkan dengan laptop murah ternyata tidak ada perbedaannya sama sekali. Fitur seperti pengaturan kecerahan sebaiknya juga diperhatikan agar kamu dapat mengatur tampilan layar agar sesuai seperti apa yang kamu harapkan

  1. Peningkatan Kerja

Seiring dengan berjalannya waktu biasanya performa laptop akan mengalami penurunan. Apalagi jika kebutuhan akan laptop semakin meningkat, tentu kamu membutuhkan upgrade beberpa komponen komputer agar kinerjanya tetap maksimal.

Beberapa laptop sengaja didesain agar kamu dapat mengupgrade beberapa komponin yang dimiliki seperti RAM dan Harddrive. Untuk itu, cari tahu apakah laptop yang kamu pilih memungkinkan untuk mengganti atau mengupgrade sebagian komponennya untuk mengantisipasi kebutuhan laptop yang semakin meningkat.

  1. Kelengkapan Konektivitas

Konektivitas yang dimiliki laptop seperti port USB, port HDMI/VGA, port LAN dan WIFI juga perlu kamu perhatikan karena nantinya kamu akan menggunakannya untuk menunjang aktifitasmu. Dari beberapa jenis port yang dimiliki laptop , port USB memiliki peranan yang cukup penting karena port ini akan menyambungkan laptop dengan perangkat lain seperti flashdisk, mouse, modem dan lain-lain. Untuk itu pilihlah laptop yang memiliki setidaknya 3 buah port USB agar dapat mencover semua kebutuhanmu.

tips beli laptop berkualitas konektivitas

  1. Garansi dan Layanan Purna Jual

Tips membeli laptop berkualitas yang terakhir adalah tentang garansi dan layanan purna jual. Cari tahu berapa lama garansi yang diberikan oleh produsen laptop, karena lamanya waktu garansi dapat dijadikan sebagai acuan apakah laptop tersebut berkualitas bagus atau tidak.

tips beli laptop berkualitas service center

Beberapa merek laptop berani memberikan garansi hingga dua tahun seperti laptop Asus. Namun perhatikan juga bagaimana kualitas layanan service center laptop tersebut, karena garansi bisa tidak berarti sama sekali jika layanan yang diberikan tidak memadai.

Sebaiknya pilihlah laptop yang memiliki service center yang ada dikotamu, sebagai antisipasi jika suatu saat nanti ada masalah yang terjadi pada laptop yang kamu miliki kamu tidak akan kerepotan mengurusnya garansinya.

HP Android RAM 2GB 1 Jutaa-an Terbaik

Itulah beberapa tips membeli laptop berkualitas yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan sebuah laptop yang berkualitas. Setiap laptop tentu memiliki kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan merek lainnya. Untuk itu, bijaklah dalam memilih laptop agar sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Jangan hanya mengejar sebuah gengsi dengan mengorbankan kualitas sebuah laptop.

✰ advertisement ✰