Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Android/Laptop

Tidak selamanya file yang disimpan di android akan kekal. Terkadang beberapa file, foto, maupun video yang dirasa tidak terlalu penting juga perlu dihapus dari gawai. Namun tak bisa dipungkiri juga jika penyesalan terjadi setelah menghapus file-file tersebut.

Yang perlu diketahui bahwa pada umumnya penyimpanan pada sebuah smartphone atau ponsel cerdas terbagi menjadi tiga macam yakni memori internal, memori eksternal dan Subscriber Identity Module Card atau yang biasa disebut kartu SIM.

cara mengembalikan file yang terhapus

Selain faktor kesengajaan menghapus file, terdapat faktor lain yang bisa menyebabkan file android terhapus seperti proses root perangkat android, proses flashing, proses kembali ke pengaturan pabrik hingga perangkat android yang rusak. Beberapa pilihan cara mengembalikan file yang terhapus antara lain :

Aplikasi Diskdigger

Pilihan pertama dalam mengembalikan file yang terhapus tanpa menggunakan Personal Computer atau PC yakni dengan bantuan aplikasi Diskdigger. Namun cara ini hanya bisa dilakukan di android yang telah di root.

Langkah-langkah mengembalikan file yang terhapus adalah :

Download aplikasi Diskdigger di Playstore kemudian instal pada perangkat Anda. Ijinkan apabila diminta untuk mengakses root. Carilah folder yang berisi file yang ingin Anda kembalikan. Baik itu di memori internal atau eksternal. Tentukan format dan tekan OK. Diskdigger akan melakukan scan file yang bisa dikembalikan. Pilih file. Kemudian Save dan selesai.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Menggunakan Restore Image (Super Easy)

Seperti judulnya, aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Salah satu cara mengembalikan file yang terhapus ini bisa digunakan walaupun posisi perangkat dalam keadaan belum dilakukan ROOT sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan root terlebih dahulu. Langkah-langkah mudah mengembalikan gambar dengan aplikasi ini adalah sebagai berikut :

Download Restore Image (Super Easy) di Playstore kemudian buka. Tentukan dimana folder yang berisi foto yang sudah terhapus berada. Pilihlah foto yang ingin dikembalikan dan klik tombol restore image di sebelah kanan bawah. Foto akan kembali ke tempat penyimpanan semula. Lalu coba cek galeri dan jika foto sudah ada maka proses sudah selesai.

Deleted Photo Recovery

Aplikasi ini bagus untuk memulihkan foto yang sudah dihapus agar kembali ada di galeri telepon. Mungkin Anda secara tidak sengaja menghapus satu atau beberapa gambar yang menyebabkan Anda bingung bagaimana cara untuk memunculkannya kembali. Cara mengembalikan foto di android yang sudah dihapus adalah :

Download dan instal aplikasi Deleted Photo Recovery di Playstore. Setelah selesai di download, buka aplikasinya. Tekan tombol Start Recovery. Pilih foto yang ingin dikembalikan. Klik menu atau tombol recovery. Foto yang terhapus bisa kembali ke folder yang sudah ditentukan.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dgn Mobikin Doctor

Bukan hanya untuk mengembalikan foto yang terhapus, Mobikin Doctor ternyata bisa juga mengembalikan video, file, email dan kontak dengan cepat. Aplikasi ini mampu digunakan untuk ribuan perangkat android seperti Samsung, Lenovo, Asus dan sebagainya. Aplikasi ini menghemat waktu karena bisa melihat file mana saja yang akan dikembalikan. Caranya adalah sebagai berikut :


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Download aplikasi Mobikin Doctor untuk versi Windows atau Mac kemudian instal. Coba hubungkan perangkat android ke komputer dan aplikasi ini akan meminta akses telepon, ikuti saja instruksinya. Mulailah memilih file mana yang akan dikembalikan. File yang hilang akan muncul kembali. Baca juga: Cara Membasmi Rayap di Rumah

Anda bisa memilih salah satu atau beberapa cara mengembalikan file yang terhapus yang sudah dijelaskan di atas. Ada yang prosesnya tanpa root, tanpa software bahkan hingga menggunakan bantuan serta dukungan software dan aplikasi.