Agar Bayi 1 Bulan Cepat Gemuk Bunda Perlu Tahu Tips Trik Ini

Setiap ibu melakukan berbagai cara dan upaya agar bayi 1 bulan cepat gemuk. Sayangnya ketika ditimbang di Posyandu dokter mengatakan berat badan bayi di bawah normal.

Jalan tengah yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah mencoba tips merawat bayi agar cepat gemuk. Tidak perlu melakukan cara rumit, orang tua bisa mulai dari cara sederhana sehingga mudah diaplikasikan setiap hari. Cara ini baik sebab bayi tidak akan menolak karena tidak mempengaruhi kebiasaannya.

agar bayi 1 bulan cepat gemuk dan gemes

Tips Agar Bayi 1 Bulan Cepat Gemuk

Merawat bayi bagi orang tua baru bukanlah pekerjaan mudah. Saat berat badan bayi berada di bawah angka normal, jangan buru-buru panik. Orang tua bisa mencoba cara sederhana berikut ini.

  • Berikan ASI

Hal pertama yang bisa dicoba orang tua agar berat badan bayi cepat naik dengan ASI eksklusif. ASI merupakan nutrisi atau sumber makanan utama yang dibutuhkan oleh bayi dan baik untuk kesehatan mereka. Tidak banyak ibu yang tahu jika cara menyusui ikut berpengaruh, berikut cara menyusui yang baik dan benar:

1. Saat bayi belum terbiasa minum susu dari payudara, ibu bisa memompa ASI lalu memindahkannya ke botol yang telah dibersihkan dan disteril

2. Berikan ASI sesuai jadwal, jangan mengulur-ulur waktu untuk memberikan ASI terlebih ketika bayi sudah menangis keras karena lapar

  • Berikan Susu Formula

Tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu adalah dengan mempertimbangkan untuk memberikan susu formula. Jika bayi tidak bisa disusui dengan ASI karena alasan tertentu, jangan berikan cairan selain susu formula dan air putih.

Hal ini karena saluran pencernaan bayi 1 bulan masih lemah untuk menerima cairan yang mengandung fruktosa dan glukosa tinggi. Tidak perlu khawatir bayi akan kekurangan nutrisi jika diberi susu formula.

Ada beberapa jenis susu formula yang mampu membantu meningkatkan berat badan sekaligus mengatasi gangguan pencernaan pada bayi.

agar bayi 1 bulan cepat gemuk

  • Perhatikan Waktu Tidur

Tips efektif supaya badan bayi padat berisi adalah memerhatikan jam tidur bayi. Bayi 1 bulan memiliki jam tidur selama 16 jam. Agar bayi tidak terbangun terus karena merasa tidak nyaman, pastikan popoknya selalu kering dan bayi tidur setelah kenyang.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  • Tenangkan Saat Bayi Menangis

Siapa yang bisa menebak jika cara ini efektif menambah berat badan bayi. Salah satu penyebab bayi menangis adalah lapar. Segera tenangkan bayi dengan memberinya ASI lalu mengusap punggung atau dadanya agar bayi merasa lebih tenang. Terkadang menyalakan musik sebagai pengiring tidur efektif untuk menenangkan bayi.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Kembung? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tips agar bayi 1 bulan cepat gemukternyata mudah, semua orang tua bisa melakukannya terlepas sudah berpengalaman atau belum. Semoga cara ini bisa membantu para orang tua mengatasi masalah berat badan bayi yang baru lahir.