Pantangan Makanan Infeksi Saluran Kencing saat Proses Recovery

Penderita infeksi saluran kencing tidak diperbolehkan melanggar pantangan makanan infeksi saluran kencingkarena khawatir bisa semakin membahayakan kondisinya. Urinary tract infection atau infeksi saluran kencing umumnya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh lalu berkembang di saluran kencing.

Bakteri penyebab infeksi saluran kencing ini adalah escherchia coli yang ada di usus besar atau bisa juga disebabkan oleh mycoplasma dan klamidia.

Obat yang bagus untuk penderita infeksi saluran kencing

Karena termasuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri, kondisi ini masih bisa diatasi dengan mengonsumsi obat generik infeksi saluran kencing yang bisa ditemukan dengan mudahnya di apotek. Obat antibiotic untuk penderita infeksi saluran kencing yang biasa diresepkan di antaranya, minocycline, antipiretik, penisilin, cephalexin, fosfomycin dan ceftriaxone.

Selain mengonsumsi obat generik untuk proses penyembuhan, maka sebaiknya penderita juga melakukan beberapa daftar pantangan makanan agar proses penyembuhan berjalan lancar seperti berikut ini.

Daftar pantangan makanan infeksi saluran kencing

  1. Kafein

Walaupun konsumsi makanan dan minuman berkafein bisa membantumu menjadi lebih segar dan bersemangat, namun untuk penderita infeksi saluran kencing sebaiknya menghindari jenis minuman ini.

Dari hasil penelitian, kafein terbukti mengandung zat yang bisa memperparah peradangan. Minuman kafein yang cukup populer di Indonesia adalah kopi, cokelat dan teh.

Sedangkan jenis makanan kaya kafein merupakan makanan yang diolah dari cokelat atau kopi, bisa juga dari kuaci, minuman bersoda dan minuman berenergi.

pantangan makanan infeksi saluran kencing (obat generik infeksi saluran kencing)

  1. Alkohol

Pengaruh alkohol hampir sama buruknya dengan pengaruh kafein bagi penderita infeksi saluran kencing. Alkohol yang masuk ke dalam tubuh akan membuat lambung dan kandung kemih mengalami iritasi, jadi sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol meski dalam jumlah sedikit seperti wine, vodka, bir, rum, tequila, wiski.

  1. Penderita Infeksi Saluran kemih Hindari Minuman manis

Kandungan gula pada minuman dan makanan manis sangat digemari oleh bakteri penyebab infeksi saluran kencing. Jadi daripada minum dan makan makanan manis yang dibuat dari pemanis buatan, penderita infeksi ini disarankan untuk minum air mineral yang jauh lebih aman dan lebih sehat.

  1. Jeruk

Kandungan zat asam yang terdapat dalam buah jeruk tidak baik untuk penderita infeksi saluran kencing. Karena bakteri penyebab infeksi ini akan tumbuh dan berkembang lebih baik di tempat yang kaya akan zat asam.

Bila ingin lekas pulih dari infeksi saluran kencing, jangan mengonsumsi jeruk atau jus jeruk dalam jumlah berlebihan. Hindari juga penggunaan jeruk lemon atau jeruk limo untuk masakan karena itu bukan jus buah untuk mengobati infeksi saluran kencing.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  1. Makanan pedas

Kondisi penderita infeksi saluran kencing akan memperburuk bila mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah banyak secara teratur. Makanan pedas diketahui dapat membuat iritasi pada kandung kemih sekaligus meningkatkan kadar asam yang menjadi lingkungan favorit dari bakteri penyebab infeksi.

pantangan makanan infeksi saluran kencing pada wanita perempuan (obat generik infeksi saluran kencing)

  1. Makanan kaya protein

Ada banyak makanan kaya protein yang wajib dihindari penderita infeksi saluran kencing di antaranya adalah daging panggang, steak dan burger. Selain kaya protein, ketiga makanan tersebut mengandung lemak dan kolesterol tinggi yang bisa memicu obesitas.

Untuk asupan protein bisa diperoleh dari makanan yang jauh lebih sehat dan usahakan untuk mengonsumsi dalam kadar yang lebih sedikit dari porsi biasanya.

Baca juga:
Pantangan Makanan Infeksi Ginjal dari Nefrolog (Dokter Spesialis)

  1. Makanan bertepung

Tepung memiliki kandungan glukosa tersembunyi, seperti yang kita ketahui, gula menjadi lingkungan yang juga disukai oleh bakteri selain asam.

Akibatnya penderita penyakit infeksi saluran kencing akan sulit untuk sembuh apabila sering mengonsumsi makanan kaya tepung seperti roti, kue, biskuit dan sereal.

Itulah pantangan makanan infeksi saluran kencing,jika penderita ikan cepat pulih dari infeksi ini, maka jangan pernah berpikir untuk melanggarnya. Semoga bermanfaat dan membantu memperlancar proses penyembuhan Anda.