Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Bahaya Penggunaan Kosmetik saat Hamil 3 Bulan s/d 9 Bulan

Bahaya Penggunaan Kosmetik saat Hamil – Sebagian ibu hamil biasanya menunjukkan perilaku yang sedikit berbeda dari biasanya. Salah satu perilaku berbeda yang biasa terjadi pada ibu hamil adalah lebih senang berdandan. Perubahan perilaku ini pada dasarnya wajar saja mengingat ada banyak sekali perubahan yang terjadi di dalam tubuh wanita yang sedang hamil.


Meskipun perilaku ini terbilang wajar, akan tetapi dalam berdandan sebaiknya ibu hamil meminimalisir penggunaan berbagai macam produk kosmetik. Hal ini dikarenakan, sebagian zat yang terdapat pada kosmetik dapat menimbulkan dampak negatif pada janin.

Penghentian sementara kosmetik tertentu dilakukan untuk melindungi kesehatan janin. Apapun yang di pakai, dimakan dan konsumsi oleh ibu hamil bisa juga dirasakan dan disalurkan ke janin melalui darah plasenta. Ada beberapa bahan kosmetik yang aman, namun menjadi kurang aman saat wanita sedang dalam kondisi hamil.

Sebaiknya bedah meja rias mom dan pilah mana kosmetik yang bisa dipakai, mana yang tidak. Mislanya obat jerwat, krim pemutih, dan parfum dengan aroma yang menyengat. Beberapa dampak negatif dari kosmetik terhadap janin adalah sebagai berikut :

πŸ“‹ Recommended  Pengaruh Kehamilan dari Aspek Emosional Ibu Hamil

bahaya kosmetik saat hamil make up bahaya penggunaan kosmetik saat hamil

bahaya kosmetik saat hamil dampak

Dampak Negatif Zat Kosmetik untuk Janin

1. Gangguan Perkembangan Janin

Kandungan zat retinoid yang ada di kosmetik dapat mengakibatkan gangguan pada proses tumbuh kembang janin. Pertumbuhan organ-organ tubuh janin dapat terhambat, sehingga janin lebih beresiko terlahir dalam kondisi kurang sempurna pada organ nya..

2. Gangguan Pertumbuhan Sel Syaraf

Tidak hanya dapat menghambat tumbuh kembang organ tubuh janin, beberapa bahan kosmetik yang digunakan secara berlebihan di masa kehamilan juga dapat mengakibatkan gangguan pada proses pertumbuhan sel syaraf janin. Bayi yang dilahirkan dengan perkembangan sel syaraf yang tidak sempurna cenderung beresiko terlahir dengan kemampuan nalar yang rendah dan lambat dalam berpikir.

3. Keracunan pada Janin

Bahaya kosmetik saat hamil yang ketiga adalah dapat menyebabkan keracunan pada janin. Sebagian bahan dalam kosmetik (seperti asam retinoat) dapat mengakibatkan alergi dan keracunan pada tubuh ibu dan juga janin. Hal ini tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan ibu dan janinnya.

πŸ“‹ Recommended  Hamil Anggur : Ciri-ciri, Gejala, Penyebab dan Solusinya

4. Kanker pada Janin

Beberapa zat kimia yang ada di dalam kosmetik seperti hidroquinone telah terbukti dapat menyebabkan kanker pada ibu hamil dan juga janinnya. Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang banyak menggunakan produk kosmetik dengan hidroquinone kabarnya cenderung lebih beresiko terserang kanker kulit.

5. Bayi Cacat ketika Lahir

Dampak negatif terparah yang mungkin terjadi akibat penggunaan kosmetik di masa kehamilan adalah cacat pada bayi. Terhambatnya perkembangan janin disebabkan berbagai zat (retinoid) yang ada di dalam kosmetik dapat menyebabkan cacat pada bayi ini.

bahaya kosmetik saat hamil dampak

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa bahaya kosmetik saat hamil yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga dengan mengetahui informasi ini, Anda dapat lebih selektif lagi dalam memilih dan menggunakan kosmetik di masa kehamilan Anda.

✰ advertisement ✰