Pantangan Makanan Ibu Hamil Trimester 3 & Alasan Logisnya

Supaya tidak terjadi gangguan kehamilan trimester 3, ibu hamil biasanya menjaga pola makan dengan menghindari pantangan makanan ibu hamil trimester 3.

Trimester 3 merupakan masa-masa yang ditunggu oleh ibu hamil karena artinya pertumbuhan janin mendekati sempurna dan matang hingga di usia 9 bulan siap untuk dilahirkan. Beberapa pantangan berikut sebaiknya dilakukan agar bayi tetap sehat sampai persalinan.

7 Pantangan makanan ibu hamil trimester 3dan alasannya

  1. Pepaya

Manfaat yang dimiliki buah ini umumnya baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Namun bila yang mengonsumsi ibu hamil trimester 3, pepaya bisa membuat rahim bekerja keras.

Kandungan serat yang besar juga dikhawatirkan membuat usus bekerja ekstra sehingga ibu hamil akan mengalami diare. Diare berdampak negatif karena akan membuat bayi keluar lebih cepat.

pantangan makanan ibu hamil trimester 2, gangguan bahaya kehamilan trimester 2

  1. Makanan laut mentah/Kurang Matang

Ada baiknya ibu hamil juga tidak makan makanan laut terlebih yang belum benar-benar matang. Karena makanan laut umumnya mengandung zat merkuri yang tinggi yang dikhawatirkan bisa menyebabkan ibu kontraksi dan yang paling parah mengakibatkan keracunan baik pada ibu maupun janin. Ada banyak ikan tinggi merkuri seperti ikan tuna, ikan todak, marlin, tilefish, ikan hiu dan king mackerel.

  1. Makanan pedas

Ketika ibu telah masuk trimester 3 maka ada baiknya jika ibu tidak makan makanan yang pedas karena sifatnya yang panas bisa membahayakan kondisi janin. Makanan pedas cenderung sulit untuk masuk ke sistem pencernaan, bila dimakan terus menerus tanpa adanya kontrol bisa menyebabkan kontraksi palsu.

  1. Ibu Hamil Trimester 3 Pantang Makan Nanas

Nanas yang rasanya masam memang menyegarkan jika dikonsumsi bersama sambal yang pedas, biasanya ibu hamil mengidam makan nanas muda. Sayangnya, kandungan bromelain tinggi yang terdapat pada nanas bisa menyebabkan rahim kontraksi dini bahkan yang paling parah terjadi persalinan prematur.

Jika pun sangat mengidam nanas muda, usahakan hanya makan beberapa potong saja, jangan menghabiskan banyak nanas muda sekali makan.

  1. Makanan dengan kandungan minyak jarak tinggi

Beberapa makanan dan minuman olahan menggunakan minyak jarak untuk menghasilkan rasa yang lezat. Tapi bila ibu hamil mengonsumsi makanan dengan kandungan minyak jarak tinggi maka akan menyebabkan perut kembung, diare, mual dan risiko terburuknya bayi akan dilahirkan prematur.

  1. Jintan

Bahan ini umumnya digunakan sebagai rempah masakan. Dalam kondisi normal, jintan tidak berbahaya untuk dikonsumsi namun bagi ibu hamil trimester 3, jintan bisa menyebabkan kram perut parah bahkan memicu kelahiran bayi prematur.

  1. Makanan berlemak

Makanan tinggi lemak bisa menyebabkan sistem pencernaan terganggu karena usus tidak mampu bekerja normal dan mengakibatkan ibu mengalami sembelit. Padahal baik dan diare maupun sembelit adalah dua kondisi yang tidak boleh dialami oleh ibu hamil trimester 3, karena khawatir ketika banyak mengejan akan mempercepat proses keluarnya janin.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

pantangan makanan ibu hamil trimester 3 (merk vitamin ibu hamil trimester 3, buah untuk bumil trimester 3

Makanan yang baik untuk ibu hamil trimester 3

Seringkali untuk menjaga kesehatan janin, ibu hamil trimester 3 mengonsumsi vitamin yang kaya kalsium. Salah satu merk vitamin ibu hamil trimester 3 terbaik adalah Obical yang akan membantu memperkuat tulang bayi.

Selain banyak minum vitamin, ibu hamil juga bisa makan atau minum jus buah untuk bumil trimester 3 yang dibuat dari bahan berikut:

  • Pisang
  • Kurma
  • Jeruk
  • Mangga
  • Manggis
  • Semangka

Baca juga:
Pantangan Makanan Ibu Hamil Trimester 2

Itulah seluruh pantangan makanan ibu hamil trimester 3yang harus terus diingat oleh ibu hamil, baik yang baru di trimester 1 atau trimester 2. Jadi bisa bersiap lebih dini untuk mengatur pola makannya dengan sehat dan baik.