Pantangan Makanan Ibu Hamil Trimester 2 untuk Mencegah Pendarahan

Pantangan makanan ibu hamil trimester 2 wajib diperhatikan untuk menjaga janin tumbuh dengan sehat dan sempurna hingga waktu melahirkan. Memang sulit, apalagi jika terbiasa makan makanan pedas atau minum kopi tapi semua demi kesehatan calon ibu dan bayi.

Cek di sini pantangan makanan ibu hamil trimester 2

  1. Makanan asam

Mengonsumsi makanan yang asam seperti buah nanas muda dalam jumlah yang banyak berpotensi menimbulkan kontraksi pada kandungan terutama jika ibu hamil trimester 2. Jadi, pastikan jika mengidam makanan rujak mangga muda atau nanas muda dan asinan, hendaknya dikurangi saja.

pantangan makanan ibu hamil trimester 2 (gangguan bahaya kehamilan trimester 2)

  1. Makanan pedas

Ketika ibu masuk trimester 2 kehamilan dan suka mengidam makanan pedas, maka hendaknya dipikirkan kembali. Mengonsumsi makanan pedas bisa membuat perut terasa mulas bahkan menyebabkan asam lambung naik dan ini berbahaya bagi kondisi ibu serta janin.

  1. Makanan beralkohol

Di Indonesia makanan beralkohol yang sering jadi primadona adalah durian dan tape, padahal mengonsumsi dua makanan tersebut tidak baik bagi ibu hamil trimester 2 karena kadar alkoholnya yang tinggi.

  1. Bumil Trimester 2 Hindari Kafein

Kafein yang biasa kita temukan pada beberapa minuman dan makanan seperti minuman bersoda, teh, cokelat dan kopi bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan emosi, insomnia dan kegelisahan.

Bila konsumsi kafein tidak dihentikan hingga trimester 3, kemungkinan bayi lahir dengan ukuran dan bobot yang kurang. Kafein menyebabkan ibu hamil trimester 2 mengalami dehidrasi karena terlalu sering buang air kecil.

  1. Ikan mengandung merkuri

Seperti ikan tuna atau swordfish keduanya tinggi kandungan merkuri, sedangkan untuk ikan haddock atau salmon cenderung lebih aman. Mengonsumsi ikan mengandung merkuri saat hamil bisa menyebabkan hiperaktivitas, gangguan konsentrasi serta perilaku impulsif.

  1. Makanan mentah

Akan sangat bijaksana jika ibu hamil trimester 2 menghindari konsumsi makanan mentah karena hanya akan merangsang munculnya mual dan muntah berlebihan. Bahan ikan atau telur mentah dikhawatirkan memiliki kandungan bakteri atau kuman yang membahayakan pertumbuhan janin. Jika menginginkan sushi, maka usahakan jika ikannya dimasak sampai matang terlebih dahulu.

  1. Ibu yang Sedang Mengandung Pantang Konsumsi Fast food

Konsumsi makanan yang kaya lemak dan karbohidrat seperti kentang goreng, burger dan pizza tidak baik bagi ibu hamil trimester 2. Apalagi jika makanan tersebut dipanaskan terlalu lama karena dapat membuat kandungan mineral dan vitamin hilang. Sejak mengetahui kehamilan, sebaiknya ibu hamil membatasi fast food.

  1. Makanan Manis

Bayi yang lahir dengan bobot besar bisa saja disebabkan karena ibu memiliki riwayat penyakit diabetes atau terlalu sering minum dan makan makanan manis. Rasa manis dari sirup dan gula bisa menyebabkan bayi mengalami kelebihan berat badan.

pantangan makanan ibu hamil trimester 3 (merk vitamin ibu hamil trimester 3, buah untuk bumil trimester 3)


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Gangguan kehamilan trimester 2

Walaupun sudah berusaha untuk menghindari makanan yang dipantang selama hamil trimester 2, bukan berarti ibu hamil bebas dari gangguan bahaya kehamilan trimester 2 yang mungkin terjadi seperti:

  • Pendarahan

Umumnya risiko keguguran kecil terjadi saat ibu hamil trimester 2, namun sebagai bentuk kewaspadaan, ibu hamil harus waspada jika mengalami pendarahan. Umumnya pendarahan bisa disebabkan oleh penyakit auto-imun atau masalah plasenta.

  • Persalinan prematur

Biasanya kondisi ini akan terjadi di awal ibu hamil trimester 3, namun saat masuk ke trimester 2 pun risikonya tetap ada. Terlebih jika ibu mengalami infeksi pada saluran kemih, memiliki kebiasaan merokok atau memiliki riwayat penyakit diabetes atau ginjal.

Baca juga:
Pantangan Makanan Ibu Hamil Hipertensi

  • Mual dan muntah

Biasanya ibu yang sudah memasuki kehamilan trimester 2 sudah tidak lagi mual dan muntah. Namun, terkadang ada juga beberapa ibu yang masih merasakan gejala bawaan semacam ini. Jika mual dan muntahnya sangat parah bahkan dapat memicu terjadinya kurang nutrisi.

Untuk menghindari risiko di atas, maka ada baiknya lakukan pantangan makanan ibu hamil trimester 2serta selalu menjaga kesehatan dan berhati-hati agar tidak membahayakan kesehatan janin.