Pantangan Makanan Hipertensi agar Keadaan Tidak Semakin Buruk

Mengatasi hipertensi bisa dilakukan secara sederhana dengan mematuhi pantangan makanan hipertensi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah seseorang naik hingga lebih dari 140/90 mmHG.

Penderita hipertensi umumnya akan merasakan sakit kepala parah, mual, penglihatan buram dan nyeri dada. Jika Anda sudah mengalami gejala tersebut maka sebaiknya lakukan pantangan di bawah ini.

Pantangan makanan hipertensi/ tekanan darah tinggi

  1. Makanan asin

Sodium pada makanan asin bisa mempengaruhi kinerja jantung, ginjal, arteri bahkan otak. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya natrium bisa merusak arteri yang terhubung langsung ke organ jantung.

Diawali dengan mengurangi aliran darah menuju jantung sehingga penderita akan mengalami serangan jantung. Maka dari itu, penderita hipertensi tidak dianjurkan untuk banyak makan makanan dengan kadar garam tinggi terutama bila lebih dari 2.3 mg garam/hari.

pantangan makanan hipertensi (jus penurun darah tinggi, buah belimbing untuk darah tinggi)

  1. Makanan kaleng

Ada banyak jenis makanan kaleng yang tidak cocok untuk penderita hipertensi seperti tomat rebus, kacang, mie dan sup kaleng karena kadar garamnya sangat tinggi.

Untuk mengawetkan makanan, biasanya produsen memasukkan banyak garam, daripada mengonsumsi makanan kaleng, penderita hipertensi disarankan untuk makan makanan segar.

Apabila ingin makan pasta, hendaknya tidak menggunakan saus tomat kalengan. Buatlah saus tomat dari tomat yang masih segar serta tidak mengandung pengawet.

  1. Penderita darah Tinggi Hindari Makanan olahan

Ayam beku, ikan, udang, daging sapi, nugget, sosis ayam bahkan kentang goreng merupakan contoh makanan olahan yang memiliki kadar natrium tinggi untuk membantu proses pengawetan.

Meskipun termasuk jenis hidangan yang sederhana dan mudah untuk dimasak, pastikan tidak terlalu sering makan makanan olahan karena kandungannya bisa meningkatkan tekanan darah.

  1. Makanan manis

Bukan hanya mewaspadai makanan asin, penderita hipertensi juga harus membatasi makan makanan manis terutama makanan yang mengandung pemanis buatan seperti minuman kemasan dan snack.

Konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan obesitas, bagi penderita tekanan darah tinggi, obesitas merupakan salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah. Maka dari itu kurangi konsumsi gula baik secara langsung maupun dari cokelat, jus buah, minuman bersoda dan kue.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  1. Minuman ringan

Minuman ringan umumnya memiliki kandungan soda berkarbonasi sehingga otomatis mengandung banyak pemanis buatan.

Minum minuman ringan akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas yang kemudian lama kelamaan akan berakibat fatal pada tekanan darahnya.

Daripada konsumsi minuman ringan maka akan lebih baik membuat buah belimbing untuk darah tinggi dengan cara dibuat menjadi jus buah segar.

  1. Alkohol

Sebagian besar orang tahu jika minum alkohol itu tidak baik untuk kesehatan karena kandungan yang terdapat di dalamnya berisiko besar menyebabkan penyakit jantung, gagal ginjal dan obesitas. Bila digabungkan menjadi satu, maka alkohol bisa menyebabkan seseorang mengalami hipertensi.

  1. Tembakau/Vape

Bahaya merokok sudah sering dikatakan oleh pemerintah tapi sayangnya masih banyak orang yang hobi merokok. Tembakau tidak hanya menjadi penyebab utama seseorang mengidap kanker atau disfungsi paru-paru, tapi juga menyebabkan hipertensi.

Perokok aktif dan pasif bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang berdampak negatif bagi kondisi tubuh bahkan bisa menyebabkan komplikasi yang serius.

  1. Acar

Makanan ini tidak boleh dihidangkan bagi penderita hipertensi karena kandungan pengawet dan garam yang tinggi. Pilihlah acar dengan kandungan sodium gula yang rendah dan akan lebih baik jika Anda membuat acar sendiri untuk mengontrol kandungan bahannya.

Buah yang efektif untuk penderita hipertensi

Mengatasi hipertensi bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi jus penurun darah tinggi yang diolah seperti buah belimbing.

Kandungan mineral, antioksidan dan vitamin dari buah belimbing ini dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Andapun juga dapat mencampurkan jus belimbing dengan buah-buahan sehat lainnya seperti apel dan air lemon.

Baca juga:
Pantangan Makanan Herpes Zoster (Cacar Ular)

Itulah beberapa pantangan makanan hipertensiyang wajib dihindari oleh penderita hipertensi, semoga bisa membantu penderita tetap menjaga tekanan darah tetap normal.