Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Pantangan Makanan Diet DEBM agar Program Diet Anda Sukses

Pantangan Makanan diet DEBM (Diet Enak Bahagia Menyenangkan) lebih sedikit bila dibandingkan dengan diet mayo atau diet OCD. Hampir semua jenis makanan bisa dikonsumsi dengan porsi standar. Dengan demikian, pelaku diet ini terhindar dari rasa stres akibat pantangan makanan yang terlalu banyak.


7 Pantangan makanan diet DEBM yang sehat

Mereka yang berhasil menurunkan berat badan mengatakan diet DEBM tidak harus selalu menghindari konsumsi berlemak. Berikut ini daftar makanan yang sebaiknya dihindari:

pantangan makanan diet debm (efek samping diet debm, contoh menu diet debm)

  1. Nasi

Nasih putih sebetulnya bukan pantangan makanan yang selalu harus dipatuhi saat melakukan diet DEBM. Artinya pelaku diet tetap diijinkan untuk mengonsumsi nasi putih asalkan porsinya seimbang dan dilakukan di waktu yang tepat. Akan tetapi, untuk memperoleh hasil DEBM lebih cepat, memang dianjurkan untuk menghindari konsumsi nasi putih dan menggantinya dengan oatmeal atau jagung.

  1. Beras hitam/beras ketan

Selain dilarang mengonsumsi nasi putih, pelaku diet DEBM juga perlu menghindari konsumsi makanan dari beras hitam atau beras ketan. Baik yang ditanak menjadi nasi hitam atau nasi ketan maupun yang sudah diolah menjadi makanan lainnya.

  1. Diet Debm Dilarang Konsumsi Gula

Gula biasanya digunakan sebagai pemanis makanan atau minuman menyegarkan seperti jus buah untuk diet. Tapi faktanya, mengonsumsi gula berlebihan akan memperlama proses diet DEBM pemula. Maka dari itu, dianjurkan untuk tidak menambahkan gula baik di makanan maupun minuman.

  1. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan glukosa yang tinggi, supaya diet DEBM bisa berjalan sesuai rencana, ganti buah pepaya dengan buah lainnya seperti pir atau apel. Selain pepaya, Anda juga sebaiknya menghindari pisang, semangka dan melon yang kandungan karbohidratnya cukup tinggi.

  1. Roti

Roti adalah makanan yang dibuat dari bahan utama tepung terigu. Faktanya hampir semua makanan dari olahan tepung terigu bisa menghambat proses diet. Oleh karena itu, hindari konsumsi roti berlebih selama menjalani diet DEBM.

  1. Singkong/Ubi

Umumnya banyak orang yang memilih untuk ngemil singkong atau ubi sebagai pengganti nasi, kentang dan roti. Tetapi dalam diet DEBM, konsumsi umbi-umbian tersebut dilarang dan sebaiknya ganti dengan makanan lain seperti salad alpukat, pudding buah stroberi, dsb.

  1. Sereal

Sereal dengan berbagai macam kandungan karbohidratnya seperti kismis atau sereal dengan berbagai varian rasa manis mengandung gula berlebih sebaiknya dihindari. Produk sereal semacam ini kurang tepat dikonsumsi dalam diet DEBM.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang mengandung protein tinggi, namun makanan ini tetap tergolong sebagai camilan dengan kandungan karbohidrat yang banyak. Contohnya seperti kacang mete yang mengandung 9 gr karbohidrat sendiri di tiap ons-nya. Tidak hanya kacang dalam bentuk camilan, tapi juga selai kacang sebaiknya dihindari.

🔗  Pantangan Makanan Eksim agar Kondisi Kulit Tidak Gatal dan Perih

Efek samping diet DEBM untuk kesehatan

  • Gangguan sistem pencernaan

Panduan diet DEBM menganjurkan pelaku diet untuk mengonsumsi makanan dengan kadar gula dan karbohidrat rendah tapi kaya akan protein dan lemak. Sayangnya, kebiasaan tersebut perlahan-lahan bisa mengganggu sistem pencernaan.

  • Meningkatkan risiko penyakit berbahaya

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi bisa memicu banyak penyakit yang berbahaya terlebih jika makanan yang dikonsumsi bukanlah makanan yang mengandung lemak sehat, melainkan lemak jenuh yang tidak sehat bagi tubuh kita. Ada pun jenis penyakit yang rentan dialami adalah penyakit diabetes, obesitas, jantung dan stroke.

🔗  Pantangan Makanan Ambeien yang Berdarah di Bagian Luar / Dalam

Baca juga:
Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes Wajib Dihindari

Beberapa contoh menu diet DEBM

Ada banyak aturan diet DEBM yang wajib dipatuhi untuk kelangsungan diet yang sehat dan aman. Untuk mempermudah Anda menjalani diet DEBM sehari-hari, dibutuhkan contoh menu diet DEBM yang bisa diikuti selama satu hari penuh dalam satu pekan ke depan.

Misalnya menu sarapan pagi dengan telur ayam bisa jadi pilihan dan jika ingin ngemil dapat makan buah-buahan saja. Sedangkan untuk makan siang maupun makan malam, sebaiknya ganti nasi atau mie Anda dengan sayuran dan buah seperti wortel, daun singkong, buncis, dsb.

🔗  Pantangan Makanan Encok, Menghindari Endapan Asam di Persendian

Itulah pantangan makanan diet DEBM termasuk contoh menu dietnya dan efek sampingnya. Semoga bisa membantu Anda yang tertarik menurunkan berat badan dengan cepat melalui diet ini.

✰ advertisement ✰