Pantangan Makanan Flek Paru-paru (Tuberkolosis) menurut Dokter

Cari tahu semua pantangan makanan flek paru-paru agar penyakit tidak bertambah parah. Flek paru-paru merupakan penyakit kronis yang sangat berbahaya dan bisa di alami rentang umur berapapun.

Penyebab utama dari penyakit ini adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis yang bis ditularkan oleh orang lain dari semburan dahak maupun ingus. Komplikasi dari flek paru-paru yakni hilangnya nafsu makanan, batuk berdahak dan demam.

pantangan makanan flek paru-paru, minuman alami pembersih paru-paru, cara mengobati flek paru-paru secara alami. pantangan makanan flek paru paru (minuman alami pembersih paru-paru, cara mengobati flek paru paru secara alami)

Cek inilah pantangan makanan flek paru-paru

Setiap orang berpotensi mengalami flek paru-paru, namun sebagai tindakan pencegahan supaya tidak terkena bakteri tersebut, maka jaga kesehatan tubuh dan hindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan flek paru-paru seperti:

  1. Makanan manis

Faktanya mengonsumsi makanan manis bisa membahayakan kondisi paru-paru terutama jika sebelumnya telah memiliki riwayat penyakit TBC.

Kadar gula tinggi pada makanan manis tidak baik untuk tubuh terlebih gula halus. Jenis-jenis makanan manis yang dilarang dikonsumsi penderita flek paru-paru adalah kue, puding dan sereal.

  1. Ikan Asin

Hampir sebagian besar orang Indonesia tahu apa itu ikan asin, bahkan mungkin pernah mengonsumsinya sebagai menu makan siang.

Padahal ikan asin memiliki kandungan zat yang buruk terutama bagi penderita flek paru-paru karena bisa mengembangkan virus Epstein-Barr yaitu suatu virus yang dapat menyebabkan peradangan pada organ tubuh manusia.

  1. Daging kambing

Penderita flek paru-paru yang mengonsumsi daging kambing bisa mengalami komplikasi yang cukup parah di mana kondisi paru-paru menjadi lebih buruk. Kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi pada daging kambing dinilai mampu memberikan pengaruh negatif, jadi akan lebih baik bila mengganti daging kambing dengan makanan lain.

  1. Penderita Flek Paru Pantang Konsumsi Garam

Merupakan bumbu dapur yang bisa memberikan efek negatif bila dikonsumsi secara berlebihan. Jika sebelum menderita penyakit flek paru-paru, Anda terbiasa untuk makan makanan asin maka sekarang batasi konsumsi makanan asin. Gunakan garam secukupnya saja supaya kondisi paru-paru tidak semakin parah.

  1. Terasi merah

Kandungan zat rhodamin B pada terasi merah bisa menyebabkan iritasi pernapasan. Sangat tidak dianjurkan bagi penderita flek paru-paru mengonsumsi makanan yang memakai bumbu terasi merah.

  1. Kafein

Kandungan kafein tinggi mampu memberikan efek negatif bagi kondisi paru-paru yang bermasalah. Jika terbiasa makan dan minum dengan bahan dasar kopi, teh atau cokelat, maka hendaknya membatasi atau bahkan menghilangkannya. Tidak hanya penderita tipes, namun mereka yang sakit TBC juga sebaiknya menghindari.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Cara mengatasi flek paru-paru

Flek paru-paru bisa diobati dengan cara alami, misalnya menggunakan bahan tradisional seperti:

  • Bawang putih

Salah satu cara mengobati flek paru-paru secara alami adalah dengan mengolah bawang putih sebagai ramuan obat tradisional. Jika tidak bisa mengonsumsi bawang putih utuh, cukup gunakan bawang putih sebagai bumbu dapur masakan.

  • Jus nanas

Jus nanas merupakan minuman alami pembersih paru-paru yang lezat dan berkhasiat. Nanas kaya mineral dan vitamin C yang mampu untuk membersihkan lendir yang menyebabkan batuk berdahak. Konsumsi jus nanas secara rutin untuk hasil yang terbaik.

  • Akar lempuyang wangi

Cuci bersih tanaman akar lempuyang wangi ini setelah itu potong kecil-kecil lalu rebus. Air rebusannya bisa diminum 1-2 kali setiap hari untuk hasil terbaik.

Baca juga:
Pantangan Makanan Fistula Ani dan Perawatan Pasca Operasi

  • Tanaman Buah Ciplukan

Tidak banyak yang tahu jika ciplukan efektif untuk mengobati flek paru-paru. Caranya cukup rebus tanaman buah ciplukan hingga benar-benar matang lalu ambil air rebusannya dan minum sebanyak 2-3 kali setiap hari.

Demikianlah informasi tentang penyakit flek paru-paru, pantangan makanan flek paru-paruserta obat tradisional yang efektif melawan penyakit tersebut. Semoga bermanfaat.