Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Efek Samping Propolis Sebagai Produk Kesehatan Herbal

Efek samping propolis kini semakin banyak dipertanyakan oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena semakin tingginya peminat propolis di berbagai negara termasuk di Indonesia. Propolis saat ini semakin mengembangkan sayapnya dengan meluncurkan berbagai varian produk yang tersedia bebas di pasaran.


efek samping propolis, efek samping propolis untuk wajah, efek samping sabun propolis, dampak propolis terhadap kulit, efek samping konsumsi propolis, efek samping propolis untuk mata

Propolis telah terbukti selama bertahun-tahun dapat mencegah, meringankan, atau bahkan menyembuhkan berbagai keluhan dan penyakit. Banyak penjual nya di toko online, disertai beragam testimonial.

Efek samping Propolis produk herbal

Pada awal pemakaian propolis, memang terjadi reaksi sementara yang dapat terjadi. Reaksi tersebut hanyalah terjadi beberapa hari saja dan akan hilang dengan sendirinya. Reaksi ini muncul karena proses penyesuaian tubuh terhadap benda atau zat asing yang dibawa propolis saja.

efek samping propolis efek samping propolis dampak efek samping propolis

Selain itu, terdapat beberapa efek samping yang memang benar-benar terjadi dan bukan hanya reaksi awal pemakaian. Efek samping tersebut antara lain:

  1. Mata terasa gatal dan banyak kotoran mata yang keluar

Propolis yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan pengaruh buruk bagi mata. Efek samping propolis untuk mata yang dapat muncul adalah terjadi gatal-gatal. Ditambah lagi banyak kotoran yang dapat keluar dari mata. Hal ini tentu dapat mengganggu kemampuan penglihatan seseorang.

  1. Mual sampai diare

Berbagai produk propolis telah tersedia salah satunya adalah mengatasi kegemukan atau obesitas. Tapi apabila dosis konsumsi propolis terlalu tinggi, efek samping dapat terjadi adalah munculnya rasa mual hingga diare.

  1. Demam

Efek samping yang selanjutnya adalah menyebabkan demam. Suhu badan tinggi terjadi sehingga tubuh akan menggigil. Sebenarnya proses ini merupakan pengikatan bakteri dan virus oleh tubuh.

  1. Membuat bayi menjadi rewel

Propolis juga dapat diaplikasikan pada anak-anak atau bayi. Salah satu jenis propolis yang baik untuk kesehatan bayi dan balita adalah Goodfit Nano Propolis. Perlu diketahui, sejenak setelah mengonsumsi propolis akan membuat bayi merasa tidak nyaman.

πŸ“‹ Recommended  5 Efek Samping Natur-E Suplemen Bagi Kulit dan Kecantikan

Hal ini sebenarnya merupakan reaksi awal pemakaian. Efek samping propolis untuk anak yang satu ini akan membuat anak menjadi rewel. Pada umumnya hanya akan terjadi beberapa saat saja. Setelah tubuh menerima, maka rasa tidak nyaman juga akan hilang.

  1. Nyeri sendi

Propolis juga dapat digunakan untuk mengatasi reumatik. Dalam pengobatan reumatik, terdapat efek samping pemakaian propolis yakni menyebabkan nyeri sendi yang bersifat sementara.

  1. Bersin dan batuk

Propolis juga dapat menyebabkan iritas tenggorokan yang berujung bersin serta batuk berdahak.

  1. Intensitas buang air kecil meningkat

Konsumsi propolis dapat menyebabkan intensitas buang air kecil semakin meningkat. Untungnya hal ini menandakan adanya pembuangan toksin melalui air seni.

  1. Kulit wajah terasa panas

Propolis juga dapat menyebabkan efek samping bagi kulit wajah. Efek samping propolis untuk wajah adalah menyebabkan wajah terasa panas. Bahkan efek lainnya juga dapat menyebabkan pusing dan masalah bagi sirkulasi darah.

  1. Bengkak pada kaki

Konsumsi propolis dengan dosis yang tak tepat juga dapat menyebabkan bengkak pada kaki. Pada umumnya efek ini hanya bersifat sementara saja dan akan hilang dalam waktu cepat.

πŸ“‹ Recommended  Efek Samping Fair and Lovely Benarkah Multivitamin ini Berbahaya?

Efek Samping Minum Rebusan Daun Salam Apabila Berlebihan

Propolis memang diklaim berbahan herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Bagi beberapa orang, efek samping propolis dapat terjadi jika tidak dikonsumsi secara bijak.

✰ advertisement ✰