hamilplus.com

Efek Samping Obat Tramadol Bagi Kesehatan, Waspada!

Efek samping obat tramadol bagi kesehatan muncul karena banyak disalahgunakan. Sejatinya tramadol merupakan obat medis yang berasal dari golongan obat alagesik opiate. Dimana obat ini berfungsi untuk meringankan dan mengatasi nyeri pada taraf sedang hingga berat.

Obat ini umumnya diberikan oleh dokter pada pasien pasca operasi untuk mengatasi nyeri syaraf, cidera parah karena kecelakaan dan masih banyak lagi. Tapi karena fungsinya juga dapat menenangkan, banyak pihak yang menggunakan obat ini untuk nge-fly alias mabuk-mabukkan.

Efek samping obat tramadol yang berbahaya bagi tubuh

Penyalahgunaan obat tramadol saat ini makin merebak. Banyak pihak yang menggunakan obat ini secara berlebihan tanpa resep atau seizin dokter. Bukan untuk menghilangkan nyeri atau rasa sakit akibat cidera yang parah, namun penyalahgunaan dilakukan untuk mabuk-mabukan.

efek samping obat tramadol efek samping obat tramadol dampak tramadol efek samping obat tramadol

Obat tramadol buat mabuk memang tidak menimbulkan efek ketergantungan layaknya obat terlarang pada umumnya. Tapi hal ini justru menjadi boomerang tersendiri dan berbahaya karena para konsumen yang menyalahgunakan tramadol menjadi merasa bebas dalam mengonsumsinya. Bahkan dalam dosis yang besar.

baca juga :  Efek Samping Buah Pepaya Apabila Dikonsumsi Berlebihan

Karena merupakan obat medis, tramadol memiliki ambang dosis yang aman dikonsumsi setiap harinya. Tramadol dapat dikonsumsi tidak lebih dari 400 miligram per hari. Sedangkan untuk usia 75 tahun ke atas, dosisnya lebih sedikit yakni tidak lebih dari 300 mg setiap harinya.

Obat ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak hingga usia 17 tahun.  Hal ini karena resiko untuk membahayakan kesehatan sangat tinggi. Penyalahgunaan obat tramadol adalah mengonsumsinya dengan dosis tinggi dan berlebihan.

Ada banyak efek samping bagi kesehatan jika tramadol disalahgunakan atau dikonsumsi secara berlebihan, antara lain:

  1. Mudah merasa lelah dan mengantuk

Terdapat kandungan zat kimia selain zat tannin pada obat tramadol yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu tubuh menjadi mudah lelah. Hal ini membuat tubuh rasanya hanya ingin tidur dan malas beraktifitas.

  1. Menurunnya daya ingat

Konsumsi tramadol secara berlebihan juga dapat menurunkan daya ingat. Bahkan di usia muda, seseorang yang menyalahgunakan tramadol dapat menjadi pikun.

  1. Merusak lambung

Efek tramadol berlebihan selanjutnya adalah dapat memicu kerusakan pada lambung. Mula-mula akan mengganggu fungsi pencernaan namun lama kelamaan dapat merusak lambung dan organ pencernaan lain.

  1. Diare

Sebelum kerusakan lambung, konsumsi tramadol berlebih juga dapat memicu diare. Jika dibiarkan akan membuat tubuh kehilangan cairan.

  1. Muntah darah

Selain membuat kepala menjadi sangat pusing, efek berbahaya penyalahgunaan tramadol adalah terjadinya muntah darah.

  1. Mulut kering

Mulut para pecandu obat terlarang seringnya selalu kering. Begitu pula yang terjadi pada pelaku penyalahgunaan tramadol.

  1. Menurunnya intelektualitas
baca juga :  Efek Samping Nutrafor White Beauty, Testy dan Review Lengkap

Konsumsi tramadol dengan dosis berlebihan dapat menurunkan daya pikir dan nalar seseorang. Ditambah lagi konsumsi tramadol dosis tinggi dapat memperburuk kemampuan sosial seseorang.

Efek Samping Bio7

Pemakaian obat tramadol harus menggunakan resep dokter. Penyalahgunaan obat penghilang rasa nyeri ini hanya akan menyebabkan efek buruk bagi kesehatan.

Efek samping obat tramadol bahkan dapat menyebabkan kematian jika dilakukan dalam jangka waktu panjang. Jangan sekali-kali mengonsumsi obat ini untuk keperluan yang tidak sesuai dengan fungsinya.

⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆