Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Efek Samping Bedak Collagen atau Cream Kolagen yang Berbahaya

Efek samping bedak Collagen yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri memang sangat menakutkan. Itulah sebabnya memilih merk bedak collagen yang bagus harus hati-hati agar tidak membeli produk palsu atau produk sembarangan. Collagen atau kolagen sendiri merupakan jenis protein struktural utama di berbagai jaringan ikat. Baik manusia maupun hewan mempunyai protein ini.


Manfaat bedak collagen pada produk kecantikan

Di pasaran, kandungan collagen ini sering ditambahkan pada produk kecantikan. Salah satunya seperti dalam bentuk bedak, meski ada juga produk lain dalam bentuk cream bahkan serum dan suntikan. Collagen di dalam produk kecantikan ini digunakan untuk membantu menghaluskan kulit, memutihkan kulit, menyamarkan keriput dan khasiat kecantikan lainnya.

πŸ”—  Efek Samping Omeprazole Obat untuk Asam Lambung Tinggi

efek samping bedak collagen

Menurut studi yang didapatkan dari Medicalnewstoday, collagen bisa ditemukan di otot, tulang, kulit serta jaringan tendon. Karenanya collagen sendiri menawarkan banyak manfaat untuk merawat kulit dan tulang. Tak sedikit produk-produk kecantikan yang mengandung collagen diambil dari hewan.

✰ ads ✰

Selain itu, ada banyak bedak collagen yang tidak aman karena mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Intinya memang sebisa mungkin mencari merk produk collagen baik cream maupun bedak yang benar. Cara memakai cream collagen maupun bedak juga harus diperhatikan, jangan sampai berlebihan agar tidak memicu efek samping berbahaya.

Apa saja efek samping bedak Collagen yang berbahaya?

Sebetulnya tak hanya bedak, tapi berbagai produk collagen bentuk apapun bisa saja memicu terjadinya efek samping, terutama jika Anda menggunakan produk palsu atau mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri. Berikut beberapa efek buruk pemakaian produk ini:

  1. Alergi
πŸ”—  Efek Samping Kapsida dari Perspektif Kesehatan & Kecantikan Kulit

Reaksi alergi merupakan gejala paling umum yang bisa terjadi ketika memakai produk kecantikan karena tidak cocok. Reaksi alergi ditandai dengan berbagai gejala seperti muncul kemerahan dan ruan di kulit, rasa gatal, hingga merasa pusing, mual dan muntah. Kalau ingin menghindari alergi ini maka sebaiknya pastikan sumber kandungan bedak kolagen yang dipakai.

  1. Kulit mengelupas

Pemakaian bedak maupun cream kolagen bisa menyebabkan kulit mengelupas saat terdapat kandungan berbahaya di dalamnya seperti merkuri atau hidrokuinon. Dua kandungan ini sangat berbahaya, bahkan dapat membuat kulit terasa perih.

  1. Kulit kering

Hasil pemakaian cream collagen maupun bedak collagen bisa menyebabkan kulit kering dan nampak kurang sehat. Efek samping yang ditimbulkan jika menggunakan produk collagen palsu mengandung bahan berbahaya ini jelas membuat penampilan wajah berkurang.

  1. Sensasi terbakar
πŸ”—  Efek Samping Memakai Behel Permanen dan Behel Lepas Pasang

Produk bedak collagen yang tak berstandar keamanannya dapat menyebabkan sensasi wajah seperti terbakar. Kulit juga akan terasa perih sekali dan terkadang juga mulai timbul warna kemerahan di wajah.

  1. Wajah menjadi berat dan kaku

Efek samping dari pemakaian bedak collagen palsu juga bisa membuat wajah terasa berat dan kaku. Biasanya hal ini terjadi karena menggunakan produk abal-abal yang mengandung zat berbahaya sehingga menyebabkan lapisan kulit menjadi tidak sehat dan aliran darah kurang lancar.

Selain beberapa efek samping di atas, banyak juga orang yang mengalami wajahnya timbul jerawat setelah memakai bedak collagen. Hal ini bisa terjadi karena bahan-bahan kandungannya baru bekerja dan biasanya setelah beberapa lama jerawat akan menghilang. Akan tetapi, jika jerawat justru makin bertambah parah dan tak kunjung menghilang maka sebaiknya segera hentikan pemakaian.

πŸ”—  Efek Samping Excimer Terhadap Kondisi Tubuh & Metabolisme

Baca juga:
Pantangan Makanan Epilepsi, Gejala, Penanganan Medis dan Penyebab

Zat-zat bedak collagen yang dipakai di kulit dapat terserap ke dalam tubuh. Itulah sebabnya merupakan hal wajar apabila terkadang dapat memicu efek samping bedak collagen. Asalkan Anda memakainya sesuai aturan, memakai produk asli yang sudah berijin resmi dan tidak dalam jangka panjang, maka hal tersebut dapat dihindari.

✰ advertisement ✰