Pantangan Makanan Habis Operasi Sesar agar Luka Jahitan Membaik

Pantangan makanan habis operasi sesarmenjadi perhatian yang sangat penting bagi ibu bahkan keluarga, karena ibu yang baru melahirkan harus segera pulih untuk bisa menjaga bayi termasuk menyusui dengan baik. Umumnya yang menjadi pantangan adalah beberapa makanan yang tinggi kolesterol dan lemak seperti di bawah ini.

Berikut adalah pantangan makanan habis operasi sesar

  1. Makanan berlemak

Ibu yang menjalani operasi sesar tidak disarankan untuk banyak makan makanan yang tinggi lemak seperti makanan cepat saji karena kondisi tubuh pasca melahirkan akan mengalami kesulitan untuk membakar lemak dalam tubuh.

pantangan makanan habis operasi sesar (posisi tidur pasca operasi caesar, buah yang baik pasca operasi)

  1. Minuman bersoda

Kandungan yang ada pada soda bisa meningkatkan rasa nyeri bekas lupa operasi sesar selain itu bila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan perut kembung. Alih-alih minum minuman ini, ibu lebih dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih.

  1. Buah asam

Makan makanan masam sewaktu kehamilan mungkin masih boleh asalkan jumlahnya dibatasi. Tapi setelah melahirkan melalui operasi sesar, ibu tidak dianjurkan makanan buah asam karena bisa mempengaruhi kualitas dari ASI yang secara otomatis akan ikut berpengaruh pada bayi.

  1. Pasca Operasi Sesar Pantang Konsumsi Minuman berkafein

Cokelat, kopi maupun teh semuanya wajib dihindari karena memiliki sifat diuretik yang bisa meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Kafein juga bisa mempengaruhi kualitas dari ASI. Buah dan air mineral jauh lebih aman untuk dikonsumsi ibu pasca melahirkan.

  1. Alkohol

Minuman beralkohol bisa menurunkan atau yang paling parah mencemari ASI yang bila terus menerus diminum oleh bayi akan berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya. Selain itu kandungan alkohol juga bisa membuat proses penyembuhan lebih lambat.

  1. Makanan yang digoreng

Dalam makanan seperti gorengan biasanya mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Padahal lemak jenuh sangat susah dicerna dan diolah oleh tubuh sehingga sebaiknya dikurangi/ dihindari selama beberapa waktu. Apalagi gorengan dapat menimbulkan sensasi panas pada tubuh.

  1. Dilarang Konsumsi Makanan Penghasil Gas

Ibu yang baru melahirkan dianjurkan untuk tidak makan bawang, kacang hijau, kacang panjang, kacang merah, brokoli, kol, dan lentil karena semua jenis makanan tersebut bisa mengganggu pencernaan. Hindari makanan ini setidaknya 40 hari pasca melahirkan.

  1. Terlau Sering Makan Nasi Putih

Jangan merasa khawatir jika tanpa makan nasi putih, produksi ASI akan terganggu. Mengonsumsi nasi putih bisa mempengaruhi glukosa dalam darah yang nantinya akan berakibat negatif pada luka operasi sesar sehingga proses penyembuhannya tidak tepat waktu.

  1. Minuman atau makanan dingin

Mengonsumsi makanan ini hanya akan membuat ibu demam, dan perlu ditekankan jika ibu hamil tidak diperbolehkan untuk minum obat penurun demam karena obat ini bisa mempengaruhi kualitas dari ASI.

  1. Makanan mentah

Makanan mentah bukan jenis makanan terbaik untuk mengobati luka operasi sesar karena mengandung bakteri tinggi yang justru bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh serta mengganggu sistem pencernaan. Baik daging atau sayur harus benar-benar dimasak sampai matang.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

pantangan makanan habis operasi sesar nifas

Buah yang terbaik pasca operasi sesar

Meskipun telah disebutkan jika buah asam bukanlah jenis buah terbaik untuk ibu yang baru saja melahirkan dengan operasi sesar, tapi ada beberapa buah yang baik pasca operasi di antaranya seperti:

  • Kiwi
  • Pisang
  • Jeruk
  • Berry
  • Alpukat

Posisi tiduryang benarpasca tindakan operasi sesar

Mencari posisi tidur setelah melahirkan tentunya tidak mudah apalagi jika melahirkannya secara sesar, berikut ini contoh posisi tidur pasca operasi Caesar yang dianjurkan:

  • Berbaring
  • Posisi duduk
  • Tidur dengan menumpuk banyak guling dan bantal

Baca juga:
Pantangan Makanan Golongan Darah O

Itulah pantangan makanan habis operasi sesaryang tidak hanya harus dipatuhi oleh ibu tapi juga harus dipatuhi oleh keluarga yang tinggal bersamanya sehingga luka bekas operasi lekas kering dan sembuh. Perhatikan juga beberapa alternatif posisi tidur dan buah yang baik untuk ibu yang baru melahirkan dengan operasi sesar.