Efek Samping Bibit Collagen dan Perbedaan yang Asli dan Palsu

Efek samping Bibit Collagen sebaiknya Anda ketahui sebelum memutuskan memakai produk ini demi memutihkan kulit. Kolagen sebetulnya adalah kandungan protein alami yang ada di dalam tubuh kita berfungsi untuk membangun gigi, tulang kulit, otot dan sendi.

Namun saat ini banyak sekali produk kecantikan khususnya skin care yang memasukkan kandungan atau senyawa ini dalam bentuk bibit kolagen. Gunanya yaitu untuk memutihkan kulit dan rata-rata bibit ini berasal dari tulang ikan atau sapi.

Apakah ada efek samping Bibit Collagen yang berbahaya?

Apakah bibit collagen aman? Pemakaian Bibit Collagen memang memungkinkan dapat memunculkan beberapa dampak berbahaya bagi tubuh seperti:

efek samping Bibit Collagen, apakah bibit collagen aman, perbedaan bibit colagen asli dan palsu

  1. Alergi

Reaksi alergi merupakan efek samping paling umum ketika Anda memakai produk kolagen hal ini dikarenakan ketahanan tubuh seseorang itu berbeda-beda. Gejala alergi dapat terjadi saat tubuh terasa gatal-gatal, timbul kemerahan di kulit, merasa sesak napas, mual, muntah tekanan darah menurun, muncul bisul dan sebagainya. Segera hentikan pemakaian kalau hal ini terjadi.

  1. Memar dan infeksi

Kolagen tak hanya bisa digunakan dengan cara dioles atau diminum sebagai suplemen, tapi ada juga yang disuntikkan. Suntik semacam ini tak sepenuhnya aman sebab ada efek samping yang bisa membuat kulit jadi memar serta infeksi. Apalagi jika jarum suntik yang digunakan tak steril.

  1. Bau mulut

Kolagen dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Biasanya setelah meminum kolagen, ada rasa kurang enak di mulut. Saat seseorang meminum kapsul atau tablet collagen dalam jangka panjang maka bisa terjadi pembentukan lapisan di lidah yang dapat menyebabkan bau kurang sedap di dalam mulut.

  1. Nekrosis kulit

Nekrosis kulit merupakan jenis penyakit kulit yang berkaitan dengan jaringan penutup pada permukaan tubuh. Efek samping ini sebaiknya dicegah karena kondisi dapat semakin jadi serius apabila suplai darah yang menuju ke jaringan mulai berkurang.

  1. Munculnya jerawat

Biasanya di awal-awal pemakaian akan timbul jerawat di kulit akibat reaksi bahwa produk sudah mulai meresap, bekerja dan kulit dalam tahap penyesuaian. Akan tetapi jika jerawat tak kunjung hilang dan malah makin bertambah parah maka sebaiknya segera hentikan pemakaian.

  1. Menurunkan nafsu makan

Pada sebagian orang, penggunaan collagen dapat menyebabkan nafsu makan jadi berkurang. Hal ini karena salah satu efek collagen yaitu memberikan rasa kenyang dalam waktu lama. Efek semacam ini dapat menjadi hal yang positif atau negatif tergantung sang pemakai.

  1. Kulit mengelupas

Pemakaian Collagen yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri serta hidrokuinon yang terkadang sering ada di dalam krim kolagen sangat berbahaya. Hal ini karena krim tersebut bisa membuat kulit mengelupas bahkan terasa perih.

Cara membedakan Collagen asli vs palsu

Pemakaian Collagen palsu yang mengandung bahan kimia berbahaya akan memberikan dampak lebih buruk bagi kulit. Itulah sebabnya penting untuk tahu perbedaan bibit colagen asli dan palsu. Jika Anda memakai produk Bibit Collagen buatan CV. Mecca Anugrah, maka untuk mengetahuinya dapat dilihat dari:

  • Terdapat stiker asli dari CV Mecca Anugrah
  • Botol tertutup segel plastik rapat
  • Isi hanya setengah penuh
  • Barcode di stiker yang asli pendek, sementara yang palsu biasanya panjang
  • Ada keterangan cara pakai dan manfaat

Baca juga: Efek Samping Daun Kelor

Itulah sebabnya hati-hati ketika membeli produk kolagen seperti Bibit Collagen. Produk yang palsu biasanya dibuat dari bahan dengan zat kimia berbahaya dan belu teruji secara klinis. Kalau mulai timbul efek samping Bibit Collagen yang berbahaya, maka sebaiknya segera dihentikan pemakaiannya.