Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Ciri-Ciri Wanita PCOS, Semakin Dini Terdeteksi Semakin Baik

Ciri-ciri wanita PCOS memang sebaiknya diketahui sejak dini oleh para wanita. Kesehatan reproduksi tentu saja menjadi dambaan bagi setiap wanita di dunia ini. Reproduksi merupakan salah satu organ yang cukup riskan bagi seorang wanita dan sangat bersangkutan dengan kepemilikan keturunan.


Saat ini terdapat beberapa masalah yang dapat menghinggapi reproduksi wanita. Salah satu yang cukup ditakutkan dan sering terjadi adalah PCOS atau dalam medis disebut sebagai Polyscytic Ovary Syndrom.

Ciri-Ciri Wanita PCOS yang Wajib Diketahui

PCOS di Indonesia lebih dikenal dengan sindrom ovarium poliksitik merupakan sebuah masalah atau penyakit yang menyerang kesehatan reproduksi. Sebelum membahas tentang ciri PCOS sembuh, ketahui beberapa ciri-ciri wanita yang terserang PCOS.

ciri-ciri wanita PCOS apa itu PCOS

  • Sering merasa pusing

Salah satu ciri wanita yang mengalami PCOS adalah sering mengalami pusing. Terlebih jika wanita yang ketika hendak haid merasakan pusing yang luar biasa ataupun di hari-hari biasa pusing sering datang, sebaiknya konsultasi atau periksalah pada dokter. Gejala PCOS yang dapat dikenali sejak dini akan dapat disembuhkan dengan lebih mudah.

  • Berat badan semakin bertambah secara signifikan

Perlu diketahui bahwa 80% wanita yang mengalami PCOS memiliki berat badan yang berlebih. Kegemukan atau obesitas ternyata merupakan ciri wanita penderita PCOS selanjutnya. Kenaikan berat badan pada wanita PCOS cukup signifikan. Hal ini disebabkan oleh stress ataupun depresi karena mengalami gejala-gejala yang lainnya. oleh sebab itu berat badan akan terus meningkat secara signifikan.

  • Siklus haid tidak teratur

Ciri2 terkena PCOS yang selanjutnya dan sangat sering melanda adalah datang haid atau mestruasi secara tidak teratur. Secara kematangan hormone, perempuan yang berada di rentang usia kurang lebih 14 hingga 45 tahun sudah mengalami menstruasi. Haid biasanya datang satu kali dalam satu bulan. Namun bagi wanita yang mengalami PCOS, kedatangan menstruasi sering kali menjadi tidak teratur.

  • Memiliki beberapa lipatan hitam

Seorang wanita yang terkena PCOS juga dapat mempunyai tanda lipatan hitam pada beberapa bagian tubuhnya. Yang paling sering, lipatan hitam seperti daki muncul di area leher, ketiak, selangkangan serta payudara. Namun ingat bahwa lipatan hitam yang dimaksud berbeda dengan stretch mark karena warnanya lebih gelap.

πŸ“‹ Recommended  Cara Menggugurkan Kandungan dengan Nanas / Buah Lain

ciri-ciri wanita PCOS apa itu PCOS

  • Tumbuh rambut secara berlebihan

Apabila wanita yang sudah dewasa mengalami pertumbuhan rambut secara berlebihan di beberapa area tubuh di bagian perut, punggung hingga dada. Gejala tumbuh rambut berlebih ini sering dialami oleh lebih dari 60% wanita yang terkena PCOS. Kehadiran rambut berlebih biasanya disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada hormone yang disebut sebagai hirsutisme. Istilah ini merupakan peningkatan hormone androgen yang merangsang pertumbuhan rambut yang biasanya hanya terjadi pada pria.

  • Banyak muncul jerawat

Selanjutnya, ciri wanita yang mengalami PCOS adalah terdapat pertumbuhan banyak jerawat. Untuk cara pengobatan PCOS memang harus dikonsultasikan kepada dokter atau ahli medis. Kemunculan banyak jerawat ditengarai oleh produksi hormone pemicu minyak penyebab jerawat di beberapa bagian seperti wajah, punggung, leher hingga dada.

  • Mengalami pendarahan hebat saat haid

Selain mengalami siklus haid tak teratur, ternyata wanita PCOS juga dapat mengalami siklus haid teratur. Yang membedakan, salah satu ciri wanita tersebut mengalami PCOS adalah mengalami pendarahan yang hebat ketika sedang menstruasi. Darah yang dikeluarkan memiliki volume yang jauh lebih banyak dibanding biasanya.

πŸ“‹ Recommended  Keputihan pada Wanita, Begini Cara Mengatasi yang Ampuh !

Dengan mengetahui beberapa ciri-ciri wanita PCOS di atas, diharapkan para wanita menjadi semakin siaga dalam hal kesehatan reproduksi. Apabila sudah mengalami beberapa ciri-ciri yang disebutkan, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter atau pihak medis yang sudah ahli di bidangnya.

✰ advertisement ✰