Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Mewarnai Rambut Secara Alami, Indah, Sehat dan Mudah

Cara mewarnai rambut secara alami saat ini cukup banyak dicari terutama oleh mereka yang tidak ingin kena dampak buruk dari bahan kimia yang ada di dalam semir rambut. Sebenarnya dengan mudah kita bisa membeli banyak semir rambut di pasaran.


cara mewarnai yang indah

Namun jika kita lebih kreatif dan telaten, kita bisa mewarnai rambut dengan pewarna alami dari alam yang mudah ditemukan setiap hari. Apa sajakah bahan alami tersebut?

Cara Mewarnai Rambut Secara Alami dan Bahan Herbal

  • Kunyit

Setiap orang pasti sudah hafal dengan kunyit sebagai salah satu tanaman yang paling sering dikonsumsi menjadi jamu, atau biasa menjadi campuran masakan. Yang mungkin selama ini kita tidak tahu adalah manfaat kunyit untuk rambut. Kunyit yang memiliki warna kuning alami, sangat cocok untuk yang ingin memiliki rambut berwarna pirang.

Cara mewarnai rambut dengan kunyit ini adalah dengan menghaluskan kunyit dengan cara di parut, letakkan pada wadah atau botol spray. Semprotkan pada bagian rambut dan tunggu sampai beberapa menit untuk kemudian dicuci.

cara mewarnai rambut secara alami

  • Teh Hitam

Untuk rambut yang berwarna hitam, kita bisa menggunakan dan memanfaatkan teh hitam. Teh hitam ternyata sangat berkhasiat untuk membuat rambut hitam berkilau. Yang perlu dilakukan hanyalah menyeduh teh hitam tanpa gula. Biarkan larut secara menyeluruh dan basuhkan pada rambut secara merata.

Perlu dicatat bahwa cara mewarnai rambut dengan teh celup adalah tidak terlalu tergesa-gesa dalam membilas rambut. Pastikan larutan teh celup sudah masuk ke dalam lapisan helai rambut. Rambut akan semakin terlihat sehat hitam berkilau dan tidak terlihat rapuh atau kusam.

  • Jus Lemon

Jika menginginkan rambut berwarna pirang atau warna yang terang maka kita bisa memanfaatkan jus lemon. Jus lemon terkenal sangat baik dalam hal mencerahkan termasuk rambut ataupun kulit. Sehingga perawatan yang satu ini sangat cocok untuk masuk dalam cara alami mewarnai rambut menjadi pirang.

πŸ“‹ Recommended  Cara Mengobati Diabetes Kering dengan Herbal Alami dan Efektif

Untuk mendapatkan rambut yang berwarna terang dan semakin menjadi bercahaya bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu dengan memeras lemon dan mengambil air hasil perasan tersebut. Kemudian oleskan hasil perasan air lemon tersebut pada rambut secara merata.

Selain bahan lemon ini, kita juga menambahkan chamomile untuk membuat warnanya berkesan lebih ke coklat muda. Rambut akan terlihat berwarna coklat muda alami dan indah. Cara membuatnya juga hampir sama. Potong bagian lemon menjadi dua, kemudian peras dan ambil perasan dan taruh dalam wadah. Selanjutnya campurkan chamomile ke dalam perasan jeruk lemon. Basuhkan pada rambut secara merata dan tunggu sampai beberapa menit.

  • Kulit kenari

Siapa yang mengira bahwa ternyata kulit kenari juga bisa dimanfaatkan untuk mewarnai rambut secara alami. Kulit kenari dapat membuat warna yang lebih gelap pada rambut.

Cara membuatnya cukup gampang. Hancurkan kulit kenari hingga lembut. Kemudian masak dengan air sampai mendidih. Tunggu sampai menjadi dingin baru usapkan larutan kulit kenari tersebut pada rambut. Diamkan selama satu jam dan kemudian bilas dengan bersih.

  • Bunga sepatu

Bagi yang ingin menutupi uban di rambut dengan cara yang alami, maka bisa memanfaatkan bunga sepatu. Caranya pun cukup mudah, ambil beberapa helai kelopak dari bunga sepatu kemudian campur menggunakan minyak zaitun.

πŸ“‹ Recommended  Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Panaskan keduanya sampai warna kelopak berubah, diamkan sampai dingin. Oleskan minyak tersebut secara merata ke rambut yang beruban dipagi hari. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

  • Buah bit

Untuk yang ingin warna kemerahan di rambut, maka bisa memanfaatkan buah bit. Buah ini mengandung antosianin yang membuat warna rambut jadi kemerahan. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan buah bit hingga lembut. Saring sarinya ke wadah terpisah kemudian tambahkan bubuk henna dan campur keduanya hingga rata. Oleskan ke rambut dan biarkan selama 2 jam sebelum dibilas.

Itulah beberapa pilihan untuk mewarnai rambut secara alami yang bisa kita terapkan dengan bahan-bahan yang mudah kita temui setiap hari. Dengan menggunakan cara yang alami maka kita mendapatkan hasil rambut yang bagus dan sehat tanpa pengaruh zat kimia.

✰ advertisement ✰