Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Efek Samping Kunyit Apabila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Efek samping kunyit secara negatif ternyata juga ada di samping manfaat kunyit bagi kesehatan. Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang pasti sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.


efek samping kunyit bagi rahim, kunyit yang tidak baik dimasak tidak baik untuk rahim, bahaya nya kunyit, dampak negatif kunyit, efek konsumsi kunyit berlebihan, efek mengkonsumsi kunyit terlaku lama

Selain sebagai bumbu dapur, keberadaan tanaman kunyit juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit juga berkhasiat dalam hal kecantikan secara tradisional.

Kandungan dan manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan

Kunyit yang memiliki bau khas serta warna kuning alami memiliki banyak sekali zat dan kandungan yang sangat berkhasiat di dalamnya. Kandungan dan zat tersebut antara lain minyak atsiri, kalsiu, protein, arabinosa, aluminium, kobalt, mangan, kalium, zat besi, fosfor, glukosa, fruktosa dan masih banyak lagi yang membuat kunyit sangat berkhasiat.

efek samping kunyit dampak kunyit jangka pendek jangka panjang secara berlebihan

Manfaat kunyit antara lain mengobati stroke, diabetes militus, tifus, anti kanker, usus buntu, masalah pada saluran pencernaan, antiinflamasi, pencegahan serangan jantung, meredakan nyeri saat haid, membuat kulit lebih cerah dan glowing, meningkatkan produksi empedu dan masih banyak lagi.

7 efek samping kunyit jika dikonsumsi secara berlebih

Di samping sederet manfaat dan khasiat kunyit bagi kesehatan, ternyata terdapat pula efek samping minum kunyit tiap hari yang berdampak buruk bagi kesehatan. Efek samping tersebut antara lain:

  • Menghambat produksi trombosit

Trombosit sangat diperlukan oleh tubuh dalam sistem peredaran darah. Mengonsumsi kunyit dapat mengubah kadar fibrinogen yang merupakan protein yang menfasilitasi pembentukan koagulan. Pembentukan zat ini dapat menghentikan pendarahan. Maka dari itu bagi para penderita hemophilia sangat tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi kunyit karena dapat memicu kekurangan trombosit dalam tubuh.

  • Memicu anemia

Kunyit mengandung zat yang dapat mengurangi sel darah merah dan sel darah putih. Alasan inilah yang membuat kunyit tidak baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki sel darah bawaan dengan batas normal. Konsumsi kunyit berlebih dapat memicu anemia.

  1. Membuat rahim mengalami kekeringan

Yang sangat mengejutkan dan tidak disangka-sangka, mengonsumsi kunyit dalam bentuk minuman atau serbuk atau yang dicampur dengan asam dan gula jawa secara berlebihan justru tidak baik bagi rahim. Meskipun dapat meredakan nyeri saat haid, namun efek samping kunyit bagi rahim harus sangat diperhatikan. Kunyit dapat memicu rahim menjadi kering.

  • Menurunkan kadar kemoterapi

Bagi yang sedang menjalani proses penyembuhan dengan kemoterapi, sebaiknya jangan mengonsumsi kunyit terlebih dahulu. Ekstrak kunyit sangat sulit diserap oleh tubuh dan dapat mengurangi efektifitas obat-obatan tertentu. Alasan inilah yang membuatnya konsumsi kunyit harus dihindari saat kemoterapi supaya hasilnya maksimal.

  • Gangguan lambung

Sifat kunyit adalah pedas dan panas. Karena sifat asli yang dimiliki inilah mengonsumsi kunyit dapat meningkatkan kadar asam lambung yang tentu saja memicu gangguan pada lambung.

  • Terjadi gangguan pada wanita hamil atau menyusui

Karena dapat membuat rahim menjadi kering, mengkonsumsi kunyit secara berlebihan tentu secara langsung dapat berdampak pada kehamilan. Kunyit yang mengandung berbagai zat dan enzim dapat bekerja secara maksimal dalam melancarkan haid.

πŸ“‹ Recommended  Efek Samping Minum Rebusan Daun Sirih, Efek No 3 Berbahaya !!

Namun hal ini justru memberi efek samping kunyit bagi ibu hamil yang sangat negatif. Ibu hamil yang terlalu banyak mengonsumsi kunyit dapat mengalami kontraksi dini, keguguran hingga persalinan prematur.

  • Kelainan fungsi hati

Tak hanya lambung, namun konsumsi kunyit berlebihan juga dapat memicu disfungsi hati dan empedu. Jadi, bagi yang memiliki kelainan pada hati atau empedu, sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit.

Efek Samping Crystal X

Kunyit memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dengan takaran dan intensitas yang tepat. Jika kunyit dikonsumsi secara berlebihan dan intesitasnya terlalu sering, maka efek samping kunyit yang sangat berdampak buruk bagi kesehatan di ataslah yang justru akan diperoleh.

✰ advertisement ✰