8 Cara Mengembangkan Kecerdasan Intra Personal Sejak Dini

Salah satu jenis kecerdasan yang berkembang pada proses pertumbuhan anak adalah kecerdasan intra personal. Maka dari itu pentingnya mengetahui apa itu kecerdasan intra personal serta cara mengembangkan kecerdasan intra personal maupun visual spasial pada anak.

advertisement

Cara Mengembangkan Kecerdasan Intra Personal

Mengenal kecerdasan intra personal dan cirinya

Kecerdasan intra personal adalah sebuah kemampuan tentang mengenal diri sendiri, meliputi pemahaman terhadap kelebihan dan kekurangan pada diri, timbulnya rasa motivasi pada diri serta kemampuan mendisiplinkan diri dengan baik.

Seorang anak yang tumbuh dengan kemampuan intra personal ini terlihat lebih individualisme atau lebih senang melakukan sesuatu dengan sendiri, acuh, dan sering berkaca terhadap dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan kemampuan alami mereka dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri mereka, mereka cenderung lebih suka mengeksplorasi bakat yang menonjol pada diri bahkan mempelajari hal-hal yang membuat mereka lemah.

advertisement

Kecerdasan intra personal ini ternyata bisa dilihat melalui keseharian si anak, seperti:

  • Buku harian atau agenda rutin

Jika seorang anak rutin menuliskan beberapa kegiatannya dalam sebuah buku maka bisa jadi anak tersebut memiliki kecerdasan intra personal yang bagus. Dengan menuliskan kegiatan yang mereka lakukan setiap harinya akan memudahkan mereka melihat proses diri setiap hari.

  • Berpikir kritis sendiri

Jika anak menyukai hal-hal berbau pemecahan masalah dan mampu memecahkannya tanpa bantuan siapa pun, bisa jadi anak ini memiliki kecerdasan intra personal. Hal ini tentunya sangat berkaitan dengan ciri dari anak yang memiliki kecerdasan ini, yaitu senang memecahkan masalah seorang diri.

  • Memiliki keinginan yang kuat

Jika seorang anak memiliki tekad dan kemampuan yang kuat dalam suatu hal, bisa terjadi hal ini karena adanya kecerdasan intra personal pada dirinya. Memang terkadang sifat ini erat hubungannya dengan keras kepala dan egoisme.

advertisement
  • Mudah dalam memutuskan sesuatu

Jika seorang anak cenderung cepat dalam mengambil keputusan, seperti memutuskan baju apa yang mereka pakai atau rasa es krim apa yang akan mereka beli, bisa jadi anak tersebut memiliki kecerdasan intra personal pada dirinya.

  • Memiliki hobi yang jarang diumbar

Perhatikan gerak-gerik si anak, bisa saja dia sedang mempelajari sebuah cara melukis atau bernyanyi secara diam-diam tanpa sepengetahuanmu. Biasanya tipe anak ini tergolong memiliki kecerdasan intra personal.

Cara mengembangkan kecerdasan intra personal anak

  1. Tidak mengekang anak

Membiarkan anak mengeksplor apa yang mereka inginkan tanpa memaksakan kehendak pada anak. Hal ini berkaitan dengan melatih rasa tanggung jawab terhadap sebuah keputusan yang telah diambilnya.

ads

Cara mengembangkan kecerdasan intra personal

  1. Melibatkannya dalam sebuah diskusi sederhana

Libatkan anak dalam sebuah diskusi sederhana sesuai umurnya, seperti diskusi mengenai barang belanjaan apa yang harus dibeli, masakan apa yang harus dimasak hari ini sampai dengan mendiskusikan warna cat untuk rumah. Hal ini akan mengasah kemampuan mereka dalam memutuskan sesuatu.

  1. Ajari anak untuk emosional

Definisi emosional bukanlah marah saja, melainkan empati, simpati, peduli, sayang, dsb. Ajaklah anak mengunjungi tempat-tempat bersejarah untuk mengetahui rasa empati dan semangat pada diri mereka. Hal ini juga mampu mengasah rasa emosional dalam diri.

cara meningkatkan kecerdasan intrapersonal dengan tamasya ke museum

  1. Melibatkan mereka dalam sebuah permainan

Kamu juga bisa mengajak anak dalam sebuah permainan yang bermanfaat dalam melatih pengendalian diri. Contohnya permainan permainan tahan dulu, permainan belajar untuk antri, permainan melatih kesabaran dengan berhitung dalam hati, lomba kendali diri dan permainan tertib lalu lintas.

cara mengembangkan kecerdasan visual spasial

Kecerdasan visual spasial pada anak

Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang anak yang memiliki kecerdasan intra personal, bisa juga mempunyai kecerdasan visual spasial yang dapat dilihat dari cirinya seperti:

  • Memiliki kemampuan menggambar yang handal
  • Puzzel adalah teman mainan kesukaannyaa
  • Memiliki ingatan kuat
  • Mampu menjelaskan sebuah denah serta membuatnya

Kemudian ada beberapa cara mengembangkan kecerdasan visual spasial yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Mengajak anak bermain dengan kerajinan tangan sederhana
  2. Mengajak anak bermain konstruksi seperti balok dan lingkaran
    cara mengembangkan kecerdasan visual spasial dengan bermain balok dan kubus
    cara mengembangkan kecerdasan visual spasial dengan bermain balok lego
  3. Mengajak anak bermain puzzle sebagai pengenalan geometri
  4. Mengajarkan anak dan mengenalkan mengenai arah mata angin.

Itulah penjelasan singkat mengenai ciri dan cara mengembangkan kecerdasan intra personal dan visual spasial pada anak. Semoga bermanfaat.

advertisement