10 Cara Mengembangkan Kecerdasan Naturalis pada Buah Hati

Kecerdasan naturalis dan cara mengembangkan kecerdasan naturalis adalah topik yang sedang hangat dibicarakan. Naturalist Intelligence merupakan kemampuan untuk mengenal dan membedakan beberapa spesies yang berbeda. Seperti contohnya adalah kemampuan dalam membedakan sekelompok hewan, tumbuhan dan benda sekitar.

cara mengembangkan kecerdasan naturalis

Ahli lain menjelaskan bahwa kecerdasan naturalis adalah sifat fitrah untuk cinta dan menjaga lingkungan hidup beserta komponen yang hidup di dalamnya. Jika disimpulkan kecerdasan naturalis ini adalah sebuah naluri untuk mengenali berbagai macam komponen yang ada di lingkungan kemudian memiliki rasa alamiah untuk menjaganya.

Nyatanya kecerdasan ini wajib diajarkan dan dikembangkan kepada manusia sejak dalam usia belia. Terlebih lagi kecerdasan ini akan bisa efektif ketika diajarkan pada usia anak yang sedang memiliki keingintahuan yang besar. Usia ini biasanya berkisar 3 tahun ke atas.

✔️  Cara Menenangkan Pikiran dan Hati Gelisah dengan Cepat

cara mengembangkan kecerdasan naturalis

Ada beberapa cara mengembangkan kecerdasan naturalisberikut ini

  1. Menggambar pemandangan atau memotretnya

Ajaklah anak-anak untuk menggambar sebuah pemandangan pedesaan yang mereka sukai. Ajarkan mereka mewarnai tanaman sesuai dengan warnanya serta beberapa pohon lengkap dengan buah dan daunnya.

Sesekali ajaklah juga anak untuk memotret pemandangan yang mereka lihat menggunakan kamera ponselmu. Hal ini akan meningkatkan insting dan kesukaan mereka terhadap alam.

  1. Mengunjungi taman

Taman identik dengan pohon yang rindang dan bunga-bunga yang bermekaran. Hal ini sangat baik untuk membantu mengeksplorasi kemampuan anak dalam mengenali berbagai jenis bunga dan menghafalkan warnanya serta mengajaknya lebih dekat dengan alam dengan aman dan menyenangkan.

  1. Berkemah

Saat liburan cobalah lakukan kegiatan berkemah di pinggir hutan, namun pastikan keadaannya memang aman untuk anak-anak. Suasana yang rindang dan dekat dengan alam akan membuat anak-anak lebih mencintai alam dan terbiasa untuk menjamahnya.

  1. Mengenal bebatuan

Sesekali ajaklah anak bermain dengan benda sekitar, hal ini tentunya tidak memerlukan biaya mahal. Ambillah beberapa batu yang berbeda, kemudian ajaklah anak untuk memegang bebatuan tersebut. Kemudian mintalah dia membedakan setiap permukaan bebatuan yang dipegang dan menghafalkannya satu persatu.

✔️  Cara Mengembangkan Potensi Diri, Kreativitas dan Bakat

cara mengembangkan kecerdasan naturalis

  1. Berkunjung ke desa

Tinggal di lingkungan perkotaan? Tidak masalah, cobalah meluangkan waktu saat liburan dan menyewa sebuah vila di sebuah desa. Berkelilinglah ke desa bersama anak untuk mengenalkan mereka lingkungan yang sejuk dan asri.

Lewati beberapa sungai dan sawah yang sedang hijau-hijaunya, serta duduk bersinggah dipinggir sawah. Hal ini tentunya akan membuat anak senang dan sekaligus belajar.

  1. Percobaan sederhana

Cara Mengembangkan Kecerdasan Naturaliske enam adalah simpe testing. Ajaklah anak mengunjungi sebuah sungai yang bersih dan memiliki aliran yang tenang. Ajarkan keberanian untuk menyentuh air tersebut dan memainkannya di tangan dan kaki mereka.

Bermainlah dengan santai dan awasi keamanan saat sedang bermain. Mintalah si anak mengamati setiap aliran air dari atas ke bawah dan jelaskan mengapa air selalu mengalir dari atas ke bawah. Hal ini juga merupakan cara mengembangkan kecerdasan musikal bagi anak.

  1. Kerajinan tangan

Membuat sebuah kerajinan tangan yang sederhana adalah pilihan yang tepat. Ajaklah anak membuat sebuah anyaman kecil dari bahan daun kelapa kemudian mengenalkan mereka manfaatnya. Dari situ anak akan mengerti bahwa alam menghasilkan berbagai macam kebutuhan untuk manusia.

  1. Kerajinan dari limbah

Ambillah beberapa botol air mineral plastik dan ajari mereka cara membuat dompet. Jelaskan secara perlahan mengapa pentingnya mengolah sampah yang susah terurai dan mengapa harus menjaga lingkungan hidup. Hal ini akan menjadi sangat menyenangkan dan tidak membosankan untuk anak.

✔️  Cara Mengembangkan Potensi Diri, Kreativitas dan Bakat

cara meningkatkan kecerdasan naturalis anak sejak dini

  1. Membibit tanaman

Kecerdasan naturalis bisa melalui media tanaman. Ajaklah anak untuk membuat sebuah bibit. Tidak perlu menanam sesuatu yang besar dahulu. Siapkan gelas, kapas, air dan biji jagung. Kemudian letakkan kapas dan air di dalam gelas, terakhir masukkan biji jagung.

Ajak anak untuk mengamati perkembangan tanaman tersebut setiap harinya. Kalau perlu buatlah sebuah checklist untuk mengamati perbedaan pertumbuhan setiap harinya.

  1. Menjelaskan tentang gejala alam

Ketika hujan tiba dan sedikit reda ajaklah anak melihat melalui jendela. Mengamati sebuah pelangi yang mulai muncul karena pergantian hujan menuju panas. Ajaklah anak untuk mengenali warna-warna pelangi disertai lagunya. Kemudian bisa menyuruh si anak untuk menggambarkan sebuah pelangi lengkap dengan warna setiap bagiannya.

✔️  5 Cara Mengatasi Minder Dalam Pergaulan Bikin Tambah PD

Itulah pengertian dan cara mengembangkan kecerdasan naturalis yang mulai bisa diaplikasikan pada sang buah hati.