Bayi 1 Bulan Tidur Terus? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya Disini

Umumnya, pola tidur bayi yang berusia 1 bulan berbeda dengan yang usianya sudah 2 bulan. Bayi 1 bulan tidur terus,mereka akan tidur selama 16 jam setiap hari. Bila bayi tidur lebih lama, orang tua wajib waspada dan mengambil tindakan yang tepat.

Penyebab bayi tidur terus

Salah satu penyebab bayi tidur terus adalah penyakit kuning. Penyakit kuning pada bayi dibagi menjadi 2 macam, yakni penyakit kuning normal dan tidak normal.

bayi 1 bulan tidur terus

Penyakit kuning normal terjadi sebanyak 2x sesaat setelah bayi dilahirkan, bayi 1 bulan yang mengalami penyakit kuning harus diatasi secepat mungkin agar tidak menimbulkan masalah serius.

Selain masalah penyakit kuning bayi tidur terus bisa disebabkan oleh faktor lainnya, misalnya seperti kebiasaan tidur terus saat masih di kandungan, merasa kenyang setelah minum susu/ ASI, dan sebagainya.

Cara mengatasi bayi usia 1 bulan tidur terus menerus

Jika bayi tidur lebih lama dari rata-rata bayi 1 bulan kebanyakan maka bisa menyebabkan kondisi yang serius, atasi dengan tips berikut ini:

  1. Membuat jadwal tidur untuk bayi

Banyak orang tua yang bertanya, bayi umur 1 bulan tidur terus normalkah? Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, kondisi tersebut tidak normal bahkan mengakibatkan penyakit kuning. Untuk mengatasinya, orang tua bisa membuatkan jadwal tidur khusus untuk bayi.

Saat ibu melihat bayi terus tertidur dan sudah melebihi batas waktu normal tidurnya, maka mulailah untuk membuat jadwal tidur secara konsisten. Dengan ini, waktu tidur bayi bisa dikurangi dengan aktivitas lainnya yang merangsang stimulasi perkembangan otak bayi.

  1. Ajarkan bayi perbedaan antara siang dan malam hari

Karena usianya yang masih sangat kecil, sebagai orang tua, kita yang harus mengatur pola tidur bayi 1 bulan. Ajarkan bayi untuk mengenali perbedaan antara malam hari dan siang hari sehingga bayi tidak akan terus menerus tidur sesuka hati mereka.

Sebagai permulaan, orang tua bisa mengenalkan sinar matahari pagi pada bayi. Jemur bayi selama beberapa menit di pagi hari, aktivitas ini bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang dan otak bayi.

  1. Jangan membuat bayi terlalu kenyang

Bagaimana orang tua bisa mengatur pola tidur bayi 0-1 bulan? Salah satu cara efektif adalah dengan menjaga bayi untuk tidak terlalu kenyang. Ketika bayi diberi ASI atau susu formula, pastikan untuk tidak membuat bayi terlalu kenyang yang kemudian membuatnya lebih mudah mengantuk dan tertidur.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Sering BAB, Normalkah?
Apa yang Harus Bunda Lakukan?


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Selain aktivitas tidur, bayi 1 bulan sebenarnya bisa melakukan banyak aktivitas bersama orang tua. Aktivitas yang efektif untuk meningkatkan perkembangan motorik dan otaknya, oleh karena itu lakukan tips di atas untuk menjaga bayi tetap terjaga, karena bayi 1 bulan tidur terusjuga tidak baik untuk kesehatan bayi terlebih jika dibiarkan terlalu lama bisa mengakibatkan penyakit serius.