Perkembangan Bayi 3 Bulan Pertama & Cara Tepat Menstimulasinya

Perkembangan bayi 3 bulanmenunjukkan jika kondisi mental dan fisik bayi jauh lebih matang dan sempurna. Bayi sudah bisa berinteraksi dengan lebih baik, bahkan bisa bercanda dengan orang tua. Bayi juga belajar menirukan ekspresi wajah dan belajar mengenali barang-barang dan lingkungan di sekitarnya.

Pada setiap bayi 3 bulan mempunyai perkembangan yang berbeda-beda,unik dan tidak boleh disamaratakan. Biasanya bayi yang menginjak usia 2-3 bulan sering memunculkan senyum mereka sebagai bentuk respons dengan semua hal yang dilihatnya.

Jadi jangan heran jika bayi mudah tersenyum karena tersenyum merupakan refleks alami yang mereka miliki semenjak berada di rahim ibunya.

perkembangan bayi 3 bulan (sudah bisa apa saja, minum susu berapa mili, berat badan yang normal, belum bisa tengkurap)

Apa saja perkembanganbayi 3bulan?

Perkembangan bayi tidak hanya dilihat dari kebiasaannya tersenyum, tapi juga dari interaksi lainnya yang diberikan saat bersama orang-orang di sekitar. Bahkan perubahan bobot tubuh dan fisiknya yang lebih matang. Berikut ini detail perubahan tumbuh kembang saat berusia 3 bulan ke atas:

  1. Perkembangan Motorik Bayi 3 Bulan

Di usia 3 bulan, otot lehernya sudah lebih kokoh sehingga bayi memiliki kebiasaan baru untuk menegakan kepala mereka. Baik saat digendong atau tengkurap, bayi tidak akan ragu untuk mengangkat lehernya. Apabila sudah merasa pegal akan menyenderkan leher ke bahu ayah atau ibunya.

Bunda bisa melakukan interaksi dengan bayi seperti menggendong bayi. Sesekali membiarkan telapak tangan/kaki bayi menyentuh pangkuan atau dinginnya lantai. Bayi yang aktif akan mulai menendang dengan kuat dan merasa senang dengan aktivitas baru ini.

Tidak hanya belajar menggerakkan otot kepalanya, di usia 3 bulan bayi pun bisa memegang benda dengan baik menggunakan kedua tangannya. Beberapa bayi bahkan bisa tengkurap tanpa bantuan orang lain.

Baca juga: Penyebab Rambut Rontok saat Menyusui

Apabila berat bayi 3 bulan belum bisa tengkurap maka ibu bisa melatihnya dengan cara tummy time.Yang dimaksud dengan Tummy Time yaitu menengkurapkan bayi bisa selama 1-2 menit dalam kondisi bangun. Jika bayi sudah mulai terbiasa, maka orang tua bisa menambahkan waktunya.

  1. Cara Komunikasi Bayi Usia 3 Bulan

Perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan ditandai dengan caranya berkomunikasi yang lebih ekspresif. Tidak hanya menangis saat membutuhkan sesuatu, di usia ini bayi bahkan sudah pintar mengoceh bahkan menggoda orang di sekitarnya dengan bicara bahasa bayi.

Orang tua tidak boleh melewatkan kesempatan ini, terus ajak bayi bicara sambil sesekali menjelaskan benda di sekitarnya. Bahkan kalau bisa perkenalkan seluruh anggota keluarga yang ada di lingkungan rumah.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Penelitian menunjukkan bila orang tua yang rajin berinteraksi, bercanda dan bicara dengan bayi akan membantu meningkatkan IQ EQ SQ bayi kelak saat dewasa.

  1. Pertumbuhan Fisik Bayi 3 Bulan

Pada umumnya, berat normal bayi 3 bulan untuk bayi laki-laki itu sekitar 5.1 sampai 7.9 kilogram, sedangkan untuk bayi perempuan minimal 4.6 kg – 7.4 kg. Bila berat badan bayi tidak normal bahkan tampak kurus, ibu tidak perlu cemas karena ini merupakan tanda bayi sedang mengalami GS (growth spurt).

Growth spurt merupakan percepatan pertumbuhan bayi yang terjadi saat bayi menginjak usia 6 minggu, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan 9 bulan pertama. GS ini ditandai dengan peregangan otot-otot tubuh bayi.

  1. Ritme Tidur Bayi 3 Bulan Pertama

Perkembangan otak bayi usia 3 bulan sudah lebih baik dan mengalami perkembangan yang tajam, mereka bahkan mengikuti pola tidur orang dewasa yang tidur di malam hari selama 6-8 jam setiap harinya, walaupun masih suka menangis dan terjaga karena kehausan.

Di usia ini, orang tua bisa berinteraksi lebih lama dengan bayi karena mereka terjaga di pagi dan siang hari sekitar 3 jam, beda sekali dengan pertumbuhan bayi yang baru dilahirkan yang lebih sering tidur dan hanya akan terbangun saat butuh makanan atau buang air.

  1. Metode Pemberian Makanan

Perkembangan bayi 3 bulan minum susu berapa mili itu tergantung dari masing-masing kebutuhan bayi. Secara umum, di usia ini bayi lebih sering bergerak dan berinteraksi sehingga mereka memerlukan lebih banyak cairan yaitu sekitar 170-200 ml susu/hari.

Ibu yang memiliki ASI melimpah, dianjurkan untuk memberikan kebutuhan ASI dengan baik dan tidak menggantikannya dengan susu formula, karena perkembangan otak dan motorik bayi jauh lebih baik apabila bayi diberikan air susu ibu (ASI).

Sedangkan frekuensi untuk pemberian susu formula bisa diberi sebanyak 8x dalam satu hari. Jaga selalu nutrisi bayi agar tumbuh kembang bayi bisa berjalan dengan normal sesuai usianya, tidak mengalami kekurangan nutrisi bahkan keterlambatan perkembangan.

  1. Kemampuan 5 Indera

Perkembangan bayi 3 bulan sudah bisa apa saja? Tentunya sangat banyak, dan yang paling menonjol adalah perubahan kemampuan inderanya.

Di usia 3 bulan, bayi bisa lebih peka pada lingkungan sekitar, mereka mudah mengenali orang atau benda yang pernah dilihatnya, bayi juga lebih peka dengan bau dan suara.

Di usia ini, beberapa bayi mulai menunjukkan ketertarikan dengan bayangan pada cermin bahkan tidak jarang mereka tersenyum saat melihat wajah orang tua atau orang lain yang dikenalnya.

Saat mendengar suara ibu dan ayahnya, bayi akan langsung menoleh lalu memberikan respons seperti teriakan nyaring, bahkan mereka mulai suka mendengarkan musik.

Hal ini menandakan jika baik indera penglihatan, pendengaran dan penciuman bayi sudah setingkat lebih tinggi, bahkan mereka juga mulai merasakan sentuhan dengan lebih reaktif.

Ketika jarinya disentuhkan dengan benda yang kasar atau lembut, bayi akan merespons dan berusaha mengenali benda-benda tersebut.

  1. Kemampuan Kognitif Bayi

Di usia ini bayi bisa menilai karakter orang, mereka bisa memilih orang yang disukai dan yang tidak disukai. Tidak heran jika beberapa bayi akan sangat lengket dengan orang di sekitar mereka terutama orang tuanya. Disisi lain akan mudah menangis dengan orang lain yang baru pertama kali dilihatnya. Walaupun tidak semua bayi memiliki kasus yang sama.

Orang tua yang tidak sibuk, bisa mengajak bayi berinteraksi setiap harinya. Jika ibu atau ayah punya rekan yang juga memiliki bayi usia 3 bulan akan lebih baik untuk sekedar teman sharing dan minta saran.

Bayi bisa diperkenalkan untuk saling berinteraksi sejak usia mereka masih sangat kecil sehingga ketika menjelang dewasa tidak kaget lagi dan bisa melakukan sosialisasi dengan baik.

Pada umumnya, bayi 3 bulan juga suka dengan mainan berwarna terang yang mengeluarkan suara. Bunda bisa membelikan banyak mainan yang melatih motorik dan kognitifnya.

Stimulasi yang bisa diberikan untuk bayi 3 bulan

Beberapa stimulasi yang bisa ibu berikan kepada si kecil agar perkembangannya normal dan cepat yaitu:

  • Belajar menahan kepala tetap tegak, Anda bisa menggendongnya pada posisi tegak.
  • Melihat benda-benda dan memegangnya.
  • Meraba serta merasakan bentuk permukaan.
  • Ibu juga bisa setiap hari mengajaknya berbicara, misalnya pada saat bermain atau saat memandikannya.

Bayi yang telah menginjak usia 3 bulan memang sedang lucu-lucunya, banyak hal yang mulai mereka pelajari dan eksplorasi. Orang tua bisa berperan ganda sebagai orang tua dan teman yang selalu menemani bayi sekaligus berinteraksi dengan bayi.

Baca juga: Pil KB untuk BuSui yang Bagus dan Aman

Perkembangan bayi 3 bulanbisa berbeda antara satu dan lainnya tergantung pada aktivitas sehari-hari yang ditunjukkan oleh orang tua mereka. Agar perkembangan bayi tidak terhambat dan berjalan normal sebagaimana bayi lainnya, pastikan untuk selalu memberikan nutrisi terbaik yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak, mental dan fisik bayi.