Bayi 2 Minggu Pilek Tidak Kunjung Sembuh? Atasi Dengan Cara Ini

Bayi 2 minggu pilekmembuat orang tua merasa cemas, karena kondisi tersebut bukanlah hal yang lumrah dialami oleh bayi yang baru lahir. Penyebab bayi batuk pilek adalah bakteri atau virus dari kelompok asam ribonukleat yang kemudian menginfeksi bayi.

Kondisi kesehatan bayi yang mengalami batuk pilek bisa dilihat dari gejala yang tampak seperti batuk terus menerus, demam atau hidung yang mengeluarkan cairan. Biasanya bayi akan lebih sering rewel dan merasa tidak nyaman saat tidur karena kondisi hidungnya yang tidak sehat.

Normalnya, bayi mengalami batuk pilek selama 3 hari. Jika sudah melampaui 2 minggu maka orang tua perlu mengambil tindakan yang tepat, jangan sampai membiarkan bayi tanpa perawatan apa pun karena kondisi sepele bisa saja membahayakan perkembangan bayi.

bayi 2 minggu pilek batuk demam

Cara mengatasi bayi 2 minggu pilek

Pilek dan batuk sebenarnya gejala umum yang diberikan oleh tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari iritasi, lendir dan infeksi. Namun bila tidak kunjung pulih selama 2 minggu maka lakukan beberapa cara berikut ini:

Pemberian ASI tidak boleh dikurangi, ASI wajib diberikan dan disesuaikan dengan kebutuhan bayi 2 minggu.

Selain memberikan nutrisi pada bayi, pastikan pula menambah jam tidur bayi sehingga bayi bisa beristirahat.

Obat batuk pilek untuk bayi 0 bulan yang tidak akan membahayakan adalah balsam. Ibu bisa mengoleskan tipis balsam bayi di punggung dan dadanya.

Sebelum pukul 08.30 setiap harinya, bayi harus dijemur, paling lama 15 menit. Nutrisi dari sinar matahari pagi baik untuk pertumbuhan tulang dan otak bayi, juga efektif untuk meningkatkan sistem imunitas bayi terhadap serangan bakteri dan virus penyebab batuk dan pilek.

Menjaga kebersihan lingkungan, pastikan pula jika orang tua dalam kondisi bersih atau steril saat menyentuh bayi.

Lakukan uap pada bayi. Praktek ini tidak perlu menggunakan alat uap khusus. Ibu cukup menyiapkan baskom atau mangkuk yang telah diisi air hangat lalu letakkan di beberapa area bagian dalam kamar bayi. Saat melakukan cara mengatasi pilek pada bayi 0 bulan ini, ibu wajib mendampingi bayi supaya tidak terluka.

Beberapa bayi mengalami batuk pilek karena ditularkan oleh ibu. Saat ibu bersin atau batuk pastikan untuk menutup mulut agar virus tidak menyebar dan menyerang bayi.

Ibu bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C serta zing sehingga nutrisi dari ASI baik untuk mempercepat proses penyembuhan bayi batuk pilek.

Baca juga: Bayi 0 Bulan Susah BAB

Saat bayi 2 minggu pilek,orang tua tidak boleh menganggap hal tersebut sebagai hal biasa. Sangat disarankan untk melakukan cara di atas dan jika belum ada perubahan lekas bawa bayi ke dokter untuk memperoleh perawatan intensif. Semoga info ini bermanfaat bagi Anda dan sang buah hati.