Bayi 1 Bulan Susah BAB, Apa yang Harus Bunda Upayakan?

Memasuki usia 1 bulan, akan tiba saatnya bayi mengalami fase susah buang air besar yang ditandai dengan perut kembung dan nafsu makan berkurang. Saat orang tua menemui kondisi bayi 1 bulan susah BABjangan menganggapnya sepele karena masalah kesehatan ini bisa mengganggu pertumbuhan bayi.

Bayi yang berusia 1 bulan harus memperoleh pengawasan ekstra dari orang tua dan keluarga dekat yang ada di sekitarnya karena masih dalam masa pertumbuhan dan penyempurnaan organ tubuh. Jika bayi mengalami susah buang air besar, orang tua harus cepat bertindak dan mengatasinya.

bayi 1 bulan susah BAB

Penyebab bayi 1 bulan susah BAB

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab yang mengakibatkan bayi berusia 1 bulan mengalami susah buang air besar, seperti:

  • Pemberian susu formula

Usia 1 bulan sebenarnya masih terlalu muda bagi bayi menerima susu selain ASI. Namun terkadang beberapa ibu tidak mampu memberikan ASI entah karena terlalu sibuk bekerja atau ASI yang tidak keluar.

Bayi pun hanya diberikan susu formula. Padahal ada banyak risiko pemberian susu formula pada bayi seperti mengganggu sistem pencernaan hingga susah BAB serta meningkatkan peluang obesitas bayi.

  • Bayi Kekurangan Cairan (Dehidrasi)

Kondisi bayi 1 bulan susah BAB tapi kentut terus tentunya membuat khawatir. Padahal salah satu penyebab bayi mengalami kondisi tersebut karena orang tua yang kurang memperhatikan asupan cairan bayi. Selain itu juga karena ibu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gas sehingga berpengaruh pada ASI yang diberikan pada bayi.

  • Kurang konsumsi buah dan sayur

Ibu yang bijaksana tentunya tidak akan egois dengan mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk bayi. Saat bayi masih minum ASI, hendaknya ibu menghindari konsumsi makanan berbahaya seperti makanan pedas.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi terserap melalui ASI, bayi pun akan terbebas dari susah BAB.

Cara mengatasi bayi susah BAB

  1. Mengoleskan minyak di dekat saluran pembuangan feses

Salah satu cara melancarkan BAB pada bayi adalah dengan mengoleskan minyak bayi secukupnya di dekat saluran pembuangan feses, tujuannya untuk membantu memberikan rangsangan pada perut bayi sehingga kotoran bisa lebih cepat keluar.

  1. Memberikan pijatan lembut

Bayi suka sekali jika dipijat lembut, untuk bayi yang sedang susah BAB, orang tua bisa memberikan pijatan lembut di sekitar pusar. Lakukan gerakan pijatan searah dengan jarum jam, agar perut bayi hangat, jangan lupa untuk memakai minyak kayu putih untuk bayi.

  1. Menggerakkan kaki bayi

Buat bayi berada pada posisi telentang lalu gerakan kaki bayi seperti sedang mengayuh becak. Tips ini ampuh untuk memberikan rangsangan pada otot perut bayi sehingga munculnya keinginan untuk buang air besar.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi bayi 1 bulan susah BAB,diharapkan orang tua bisa menjaga kondisi kesehatan bayinya agar tidak terjadi hal sama di masa depan. Baca juga: Bayi Cegukan Setelah Menyusu (Penyebab dan Cara Mengatasinya)


📌 Rekomendasi Artikel

⓵ Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah
⓶ Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu
⓷ Ucapan Ulang Tahun untuk Suami
⓸ Ucapan Ulang Tahun untuk Anak
⓹ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak
⓺ Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri
⓻ Ucapan Anniversary ke Suami atau ke Istri
⓼ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah
⓽ Ucapan Bela Sungkawa Duka Cita
⓾ Sindiran untuk Suami Yang Tidak Pengertian
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai
➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Kulit
➥ Efek Samping Produk Pemutih Fair and Lovely
➥ Pelembab Wardah untuk Kulit Berminyak Berjerawat
➥ Efek Samping dan Manfaat Produk TheRaskin