Bayi 1 Bulan Hidung Tersumbat? Begini Cara Alami Mengatasinya

Bayi 1 bulan hidung tersumbatmembuat mereka mudah menangis dan menjadi lebih rewel, akibatnya orang tua jadi ikutan khawatir. Hidung tersumbat membuat bayi sulit bernapas bahkan kehilangan selera makan karena sistem pernapasan mereka terganggu akibat lendir yang menumpuk di hidung.

Umumnya, kondisi ini normal dan bisa sembuh sendiri. Tapi bila bayi jadi tidak mau makan, tentunya mengkhawatirkan. Oleh karena itu, lakukan tindakan cepat dan tepat untuk mengatasi bayi baru lahir hidung tersumbat agar proses perkembangan tubuh bayi tidak terhambat akibat kekurangan nutrisi.

bayi 1 bulan hidung tersumbat

Cara Efektif Mengatasi Bayi 1 Bulan Hidung Tersumbat

Sebenarnya ada banyak cara efektif yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi, jadi tidak perlu buru-buru bawa bayi ke dokter. Berikut ini cara sederhana mengatasi hidung tersumbat:

  • Menggunakan Obat Saline Pada Hidung

Ketika hidung bayi tersumbat bisa menyebabkan bayi rewel akibat sulit bernapas. Untuk mengatasinya, orang tua bisa memakai obat saline yakni obat semprot hidung yang aman untuk bayi dan balita.

Obat saline akan mengurangi produksi lendir atau ingus yang menyumbat hidung. Agar bayi merasa lebih nyaman, berikan obat ini saat bayi berbaring lalu tengadahkan kepala bayi dan semprotkan obat 2-3kali dari lubang hidung.

  • Sedot Ingus Dengan Bulb Syringe

Saat hidung bayi tersumbat malam hari atasi segera dengan menggunakan alat penyedot ingus. Alat ini efektif untuk mengeluarkan lendir yang menyebabkan hidung bayi tersumbat. Cara penggunaan alat ini cukup mudah.

  • Bersihkan Ingus Bayi

Karena banyaknya ingus pada hidung bayi terkadang lendir keluar sendiri dan menempel di luar hidung. Bila tidak segera dibersihkan, lendir akan mengeras dan membuat pernapasan bayi makin terganggu. Oleh karena itu, segera bersihkan ingus bayi yang ada di luar hidung menggunakan kapas atau tisu basah.

  • Nyalakan Mesin Pelembab Udara

Agar hidung bayi tidak tersumbat, orang tua bisa menyalakan mesin humidifier. Alat ini akan melembabkan dan menghangatkan udara. Sebagai terapi, bisa tambahkan aromaterapi yang menenangkan.

  • Tepuk Punggung Bayi

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir yang sederhana adalah dengan menepuk punggung bayi. Cara ini akan membuat bayi merasa lebih nyaman bahkan membuat mereka mudah mengantuk, jadi tidak mudah lelah karena terus menerus menangis.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi bayi 1 bulan hidung tersumbat.Dengan cara ini, orang tua tidak perlu menggunakan obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Tengkurap?
Apa Manfaatnya & Bagaimana Stimulasinya?


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Terlebih karena memang bayi usia 1 bulan tidak boleh mengkonsumsi obat-obatan tanpa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Cukup gunakan cara alami di atas maka hidung tersumbat bisa diatasi dengan sangat cepat dan bayi pun tidak rewel lagi.