Bayi 0 Bulan Tidur Terus Apakah Hal yang Normal & Tak Berbahaya?

Bayi 0 bulan tidur terus setelah mereka lahir adalah hal yang wajar. Jadi para orang tua tidak perlu cemas saat tiap hari waktu tidur buah hati lebih lama daripada bayi di atas 6 bulan pada umumnya.

Memang saat masih di dalam kandungan, bayi menghabiskan seluruh waktunya untuk tidur. Tentunya kebiasaan ini pun cenderung masih dibawa meski mereka sudah dilahirkan ke dunia.

bayi 0 bulan tidur terus menerus susah bangun

Apakah normal bayi 0 bulan tidur terus?

Pola tidur bayi 0-3 bulan pada umumnya lebih lama daripada anak kecil dan orang dewasa pada umumnya. Waktu tidur mereka rata-rata 16-18 jam tiap hari.

Jadi memang lebih dari setengah hari bagi bayi bisa dihabiskan untuk tidur. Hal ini sangatlah wajar dan ibu tidak perlu khawatir.

Meski tidak selalu, memang kebanyakan bayi yang baru lahir akan sering tidur. Bahkan menurut National Sleep Foundation, bayi yang masih baru dilahirkan sekitar usia 0 bulan hanya terjaga alias β€˜melek’ 3-6 jam saja dalam sehari.

Yang jadi masalah adalah kecenderungan bayi tidur terus pada siang hari, sementara di malam hari mereka bisa terjaga berjam-jam. Ini yang membuat jadwal tidur bayi tidak menentu.

Tentunya hal ini bisa membuat jam tidur Anda juga jadi terganggu. Akibatnya, para orang tua sering merasa kelelahan hingga sakit karena bayi yang terjaga di malam hari dan harus selalu diawasi, apalagi jika mereka sudah rewel dan menangis.

Cara agar pola tidur bayi lebih teratur

Untungnya seiring bertambahnya usia sang buah hati, pola tidur mereka juga akan semakin teratur. Apalagi ketika mereka mulai menginjak usia 3-4 bulan. Tapi, perubahan tersebut juga tidak bisa terjadi begitu saja secara otomatis.

Anda harus menjadikannya kebiasaan bagi bayi sejak dini. Orang tua bisa belajar melatih bayi agar pola tidur mereka menjadi lebih teratur dengan cara:

  • Mengajari bayi membedakan siang dan malam

Studi membuktikan bahwa bayi ternyata bisa diajari untuk membedakan siang dan malam. Ibu bisa mengajaknya bermain atau melakukan hal rutin harian seperti memandikan dan minum ASI di siang hari. Dan saat malam tiba, lakukan aktivitas rutin sebelum tidur seperti berbincang atau meletakkannya ke tempat tidur sebagai upaya mengatur jam tidur bayi 1-2 bulan.

  • Konsisten

Orang tua harus belajar konsisten untuk mengenalkan waktu tidur tetap. Kalau bayi sering menangis maka Anda harus belajar sabar dan menenangkannya. Jika Anda membiarkan bayi untuk menunda tidur malam maka keesokan malamnya, bayi bisa menangis 2x lebih lama saat Anda berusaha membuatnya tidur tepat waktu.


πŸ“Œ Rekomendasi Artikel
βž₯ Efek Samping Cream Rose di Wajah

βž₯ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  • Jangan terlalu kenyang

Bayi akan mengalami gangguan tidur malam jika terlalu kenyang karena mereka akan BAB atau mengompol. Kondisi perut yang tidak enak karena kenyang dan popok basah bisa memicu bayi untuk terbangun di malam hari. Setelah bangun, bayi bisa rewel dan akan susah untuk tidur kembali.

Intinya kebiasaan bayi 0 bulan tidur terus dianggap tidak berbahaya. Tapi Anda bisa mengajari mereka memiliki pola tidur yang teratur sejak dari sekarang. Baca juga:Β Bayi 0 Bulan Batuk Berdahak?