Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi Apakah itu Wajar? Apa Penyebabnya?

Bayi 9 bulan belum tumbuh gigi memang cukup sering terjadi dan tidak perlu dicemaskan. Perkembangan masing-masing anak memang berbeda. Terlebih untuk perkembangan dan pertumbuhan gigi buah hati yang cenderung bersifat keturunan jadi bisa terjadi cepat atau sedikit lebih lambat dari waktu umumnya. Biasanya memang bayi akan mulai tumbuh gigi pada usia 5 bulan dan susunan gigi akan lengkap pada saat usia beranjak 2 sampai 3 tahun.


Wajarkah bayi 9 bulan belum tumbuh gigi?

Pada umumnya bayi mulai tumbuh gigi ketika memasuki usia 5 bulan. Meski begitu, banyak orang tua yang menjadi sedikit cemas karena sampai usia 9 bahkan 10 bulan buah hatinya belum juga memberikan tanda-tanda hendak tumbuh gigi pertama. Lalu muncul banyak pertanyaan wajarkah bayi 9 bulan belum tumbuh gigi?

bayi 9 bulan belum tumbuh gigi

Jawabannya adalah wajar dan tidak perlu dicemaskan. Tumbuh kembang masing-masing anak berbeda terutama waktu pertumbuhan giginya. Usia 9 bulan dan belum tumbuh gigi masih dibilang wajar dan normal. Namun jika sampai usia 18 bulan buah hati tidak menunjukkan adanya pertumbuhan gigi, segera konsultasikan masalah tersebut ke dokter. Hal ini karena 18 bulan merupakan batas usia tumbuh gigi pada bayi.

Faktor penyebab keterlambatan pertumbuhan gigi pada bayi

Terdapat beberapa faktor penyebab keterlambatan pertumbuhan gigi pada bayi hingga usia 9 bulan dan ada pula yang lebih. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  1. Faktor genetik

Faktor penyebab pertama yang membuat pertumbuhan gigi menjadi lambat adalah genetik. Faktor ini tentu saja tidak dapat diprotes atau diatasi. Genetik atau keturunan akan sangat memberi pengaruh pada tumbuh kembang buah hati termasuk pada pertumbuhan gigi. Ada bayi yang usianya baru 2 atau 3 bulan sudah mulai tumbuh gigi. Namun ada pula bayi yang sudah berusia 9 bulan namun belum tumbuh gigi.

πŸ“‹ Recommended  Mengapa Bayi Belum Bisa Tengkurap? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika itu terjadi, maka silahkan tanyakan pada usia berapa orang tua sang bayi mulai tumbuh gigi karena biasanya akan menurun pada buah hati. Terlebih tekstur makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi dengan yang sudah juga harus dibedakan supaya tidak mengganggu kesehatan pencernaan buah hati.

  1. Kurangnya asupan kalsium

Kurangnya asupan kalsium juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi. Jadi, sebaiknya penuhi asupan kalsium dan nutrisi penting lainnya semenjak mengandung hingga melahirkan sang buah hati. Asupan kalisum dan nutrisi lain dengan takaran yang tepat baik dalam ASI maupun MPASI akan membantu tumbuh kembang buah hati secara optimal termasuk pada pertumbuhan gigi.

  1. Tersusul kemampuan lainnya

Semenjak dilahirkan dan menginjak usia dari bulan ke tahun, buah hati tentu saja memiliki kemampuan yang berkembang setiap waktu. Misalnya saja mulai tengkurap, merangkak, duduk, tumbuh gigi, berbicara hingga berjalan semuanya butuh proses dan fase masing-masing.

πŸ“‹ Recommended  Tips Memilih Kereta Dorong Bayi buat Mahmud (Mamah Muda)

Ternyata satu hal yang dapat membuat bayi lambat tumbuh gigi selanjutnya adalah tersusul kemampuan lainnya. Misalnya di usia 7 bulan seharusnya sudah tumbuh gigi namun bayi masih fokus belajar merangkak atau duduk, maka akan berpengaruh pada lambatnya pertumbuhan gigi dan kemampuan lainnya.

  1. Mengalami kelambatan pertumbuhan

Keterlambatan pertumbuhan gigi juga dapat disebabkan karena sang bayi memang mengalami kelambatan pertumbuhan. Untuk urusan ini, jangan salahkan siapa-siapa apalagi sang buah hati yang belum mengerti apa-apa. Bersabarlah sampai usia 15 hingga 18 bulan. Jika gigi belum juga tumbuh, maka segera konsultasikan kepada dokter.

Bayi 9 bulan belum tumbuh gigi masihlah wajar dan tidak perlu dicemaskan. Lagipula dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan partumbuhan gigi di atas, semoga Anda menjadi orang tua yang semakin bijak dalam mendorong tumbuh kembang anak.

✰ advertisement ✰