Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat, Penyebab dan Solusinya

Telapak tangan dan kaki berkeringat sering di alami oleh orang dewasa. Banyak sekali kasus telapak tangan dan kaki mengalami keringatan yang tidak wajar, hal ini pastinya menjadikan si pengidap timbul berbagai pertanyaan mengapa telapak tangan dan juga kakinya mengeluarkan keringat yang cukup banyak.


kaki tangan

Bahkan ada beberapa orang yang khawatir akan keadaan jantung mereka apakah lemah atau ada beberapa gangguan dari organ lainnya. Keadaan seperti ini juga biasa kita kenal dengan nama Palmar Hyperhidrosis dalam istilah medisnya. Kondisi ini juga tak jarang membuat si penderita menjadi lelah, jengkel dan minder dengan keadaan tersebut.

Telapak Tangan Dan Kaki Berkeringat

Selain pada bagian telapak tangan, keringat berlebih juga biasanya dapat terlihat pada bagian wajah serta telapak kaki yang juga dikenal dengan nama Plantar Hyperhidrosis. Penderita telapak tangan dan kaki berkeringat sejak kecil juga biasanya terbawa hingga dewasa.

Selain menyerang orang dewasa, telapak tangan dan kaki keringat pada bayi juga harus kita waspadai. Kita juga dapat membeli obat telapak tangan berkeringat di apotek terdekat atau mungkin lebih baik konsultasi ke dokter untuk mengetahui cara penanggulangannya.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasinya, namun sebaiknya kita simak dahulu penyebab kenapa telapak tangan dan kaki berkeringat yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Penyebab Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

Penyebab Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat Orang Dewasa

Penyebab Hyperhidrosis/Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat pada Orang Dewasa :

  • Adanya gangguan hormon, contohnya sakit gondok
  • Kemungkinan adanya gangguan pada metabolisme tubuh, seperti merendahnya gula darah dan mengidap kencing manis
  • Ganggunan penyakit saraf
  • Kemungkinan mengidap lemah jantung
  • Adanya penyakit ganas (kanker)
  • Terjadi infeksi, sehingga mengidap penyakit TBC dan juga flek paru-paru
  • Menopause
  • Pecandu minuman keras/alkohol
  • Gemar mengkonsumsi obat-obatan tertentu
baca :  Obat Infeksi Saluran Kencing yang Sering Digunakan oleh Pasien

Penyebab Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat Anak

Penyebab Hyperhidrosis/Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat  pada Anak dan Remaja :

  • Memiliki kelainan pada kelenjar keringat
  • Memiliki kelainan pada saraf
  • Terdapat kelainan pada area pembuluh darah
  • Sering kali stress

Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

  1. Yakni dengan memahami penyebab mengapa tangan dan telapak kaki berkeringat. Hal ini memang hampir semua orang pernah menderita masalah seperti ini yang tentunya sangat mengganggu. Akan tetapi, telapak tangan berkeringat ini di idap hanya pada waktu tertentu saja, seperti gugup, cemas, takut akan suatu hal dan sebagainya.Ada beberapa orang yang mengidap masalah seperti namun tidak dapat mengendalikannya karena sistem saraf yang kurang sadar atau tidak berfungsi seperti biasanya dan sinyal yang ditransfer dari otak ke saraf keringat. Maka dari itu si penderita tidak mampu mengendalikan sehingga keringat yang keluar menjadi banyak atau kurang wajar.
  2. Hindarilah stres atau kebanyakan pikiran. Terlalu banyak pikiran memang sangat memicu adanya pengeluaran keringat pada area telapak tangan dan juga kaki. Maka dari itu jika anda mengidap masalah yang satu ini sebaiknya jangan terlalu banyak pikiran.
  3. Hindarilah mengkonsumsi minum-minuman keras/alkohol. Alkohol sendiri merupakan minuman yang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan yang pastinya dapat membuat kesehatan menjadi berkurang. Alkohol juga dipercaya menjadi salah satu penyebab terjadinya telapak tangan dan telapak kaki mengeluarkan keringat yang berlebihan.
  4. Mulailah untuk hidup sehat. Hidup dengan pola yang sehat dan teratur pastinya dapat menjauhkan kalian dari berbagai resiko penyakit yang berbahaya. Selain dapat menghindarkan tubuh dari penyakit yang berbahaya, kalian juga dapat terhindar dari masalah telapak tangan berkeringat yang cukup mengganggu. Pola hidup sehat tersebut juga meliputi konsumsi makan yang sehat dan juga minuman yang sehat serta jangan lupa untuk melakukan olahraga yang rutin agar kesehatan menjadi tetap terjaga.
baca :  Sering Buang Air Kecil : 10 Penyebab dan Cara Mengatasi

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat. Selain itu kami juga membagikan informasi mengenai penyebab dari masalah yang satu ini. Setelah kalian mengetahui apa penyebab dan juga cara mengatasi keringat berlebihan pada telapak tangan dan kaki ini, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan dan juga olah raga agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai Penyebab Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat serta Cara untuk Mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Cukup sekian dari kami dan terima kasih.

✰ advertisement ✰